Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Kerja Bisnis Amway Ini Datangkan Penghasilan Tambahan

bisnis amway

Jika ingin mencari penghasilan tambahan, coba bisnis Multi-Level Marketing (MLM). Sembari memakai produknya, kamu bisa berjualan. Salah satunya, Amway. Bagaimana cara kerja bisnis Amway?

Amway merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran berjenjang atau network marketing atau multi-level marketing dari Michigan, Amerika Serikat. Amway didirikan oleh Rich DeVos dan Jay Van Andel pada 1959.

Produk pertama mereka adalah pembersih cairan serbaguna. Keduanya sepakat mengenai cara kerja bisnis Amway, yaitu menjual langsung sekaligus menawarkan peluang usaha kepada customer untuk mengelola bisnisnya sendiri. Lalu mereka bisa menjual produk Amway secara mandiri kepada pembeli, dimulai dari orang-orang terdekat.

Salah satu produk Amway yang sukses dipasaran adalah Nutrilite. Sistem bisnis Amway menjadi incaran dan produknya semakin meluas. Sebut saja produk kesehatan, kecantikan, kebugaran, peralatan rumah tangga, hingga pertanian. Tak heran Amway telah menancapkan kaki di 100 negara.

Di Indonesia, hak distribusi produk Amway berada di bawah PT Amindoway Jaya mulai pada Juli 1992. Seperti induknya, Amway Indonesia juga memasarkan beragam produk dengan sistem MLM.

Meski demikian mereka mengklaim bahwa cara kerja bisnis Amway adalah Amway Business Owner (ABO) mendapatkan pemasukan dari penjualan produk dan bukan dari rekrutmen dengan skema piramida. Sehingga siapa saja (mahasiswa, karyawan, atau ibu rumah tangga) bisa menjadi ABO dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan.

Memulai Bisnis Amway

Sebelum membicarakan cara kerja bisnis Amway, ketahui dulu cara memulainya. Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi ABO.

  • Minimal usia 18 tahun untuk terjun pada bisnis Amway.
  • Lakukan pendaftaran di situs Amway, di kantor perwakilan atau melalui sponsor, isi semua kolom pada formulir dengan benar dan jelas.
  • Bayar biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu.

Cara Kerja

Setelah pendaftaran selesai, saatnya bekerja dari mana saja dan kapan saja. Buat kamu yang sudah bekerja, bisnis Amway bisa menjadi lahan penghasilan tambahan, loh.

Mempelajari Produk

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari semua produk Amway. Ada baiknya kamu menggunakan dua atau tiga produknya, lalu buktikan hasilnya pada diri sendiri. Sehingga ketika memasarkan produk, kamu menceritakan testimoni suksesmu.

Menjual Produk

Lakukan soft selling dalam menjual produk Amway. Caranya, pasarkan produkmu dengan cerita di blog atau media sosial. Pertama, ceritakan pengalamanmu yang berkaitan dengan keluhan kesehatan atau kebersihan rumah. Misal daya tahan tubuhmu gampang melemah, sering letih, tetapi kamu tidak ingin mengonsumsi obat.

Solusi yang kamu ambil adalah mengonsumsi vitamin, Nutrilite, dalam beberapa minggu. Hasilnya tubuh sehat dan daya tahan meningkat. Sehingga hal itu menunjang produktivitas. Ceritakan kebaikan atau hasil akhir yang memuaskan itu. Bagikan cerita itu ke berbagai platform. Agar teman, kerabat dekat, dan orang lain tahu testimonialmu.

Menjalin Komunikasi

Setelah ceritamu beredar di dunia digital, jawab pertanyaan jika ada orang yang bertanya. Tak ada salahnya menjalin pertemanan dan komunikasi lebih luas. Sehingga kalau ada yang bertanya ‘di mana mendapatkan produk yang dikonsumsi’, kamu bisa menawarkan diri untuk membelikannya.

Kamu juga bisa mengajak si penanya untuk bertemu, lalu kenalkan lah terhadap berbagai macam produk Amway lain yang terkait kesehatan. Jangan lupa untuk memperbarui informasi produk dan memberikan tip menjaga kesehatan di musim pancaroba, kiat memiliki daya tahan tubuh prima, dan masih banyak lagi.

Sponsorisasi

Jika ada pembeli yang ingin berbisnis sepertimu, kamu bisa menjadi sponsor baginya. Hal ini tak sekadar membantu seseorang memulai bisnis, tetapi bisa menambah penjualanmu. Tularkan ilmu dan pengalaman cara kerja bisnis Amway yang berhasil kamu lakukan kepada ABO baru. Dan cetak penghasilan tambahan menjadi sumber pendapatan.

Membangun Jaringan

Bangun jaringan dengan sesama ABO dan sponsor. Dengan demikian, kamu dan jaringan bisa memperbarui informasi atau tren terkini yang bisa mendongkrak penjualan. Bukan tak mungkin pangsa pasar semakin luas. Selain itu, ikuti pelatihan ABO di kantor pusat, seminar marketing, serta belajar dari upline.

Memahami Bisnis

Yang tak kalah penting dari cara kerja bisnis Amway adalah memahami sistem bisnisnya. Meski Amway menerapkan sistem MLM dalam praktik bisnis, tetapi penghasilan ABO berasal dari penjualan produk. Jadi setiap produk yang terjual, ABO mendapatkan bonus atau komisi penjualan sesuai aturan yang berlaku.

Kode Etik

Setiap perusahaan memiliki kode etik. Begitu pula dengan Amway Indonesia.

Tips Sukses Bisnis MLM

Setiap bisnis yang dijalankan pasti ada tantangan dan kesulitan. Meski begitu, jangan sampai hal tersebut menyurutkan langkahmu. Agar kamu memiliki bisnis MLM yang sukses, ada baiknya mempertimbangkan tip di bawah ini.

  • Riset perusahaan. Agar tak terjebak dengan MLM dengan skema piramida atau sistem yang tidak membuatmu nyaman, riset perusahaan MLM lebih dalam. Mulai dari sejarah, pimpinan saat ini, sistem yang berlaku, apa saja produknya, hingga review dari member dan pelanggan.
  • Mendapatkan izin usaha. Perusahaan MLM yang baik akan mendapatkan izin usaha dari pemerintah. Mereka akan memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung) dan tergabung dalam keanggotaan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).
  • Bergabung karena produk. Bergabung ke perusahaan MLM karena kamu cocok dengan produknya. Bukan karena tidak enak terhadap ajakan teman.
  • Jangan memaksa. Mungkin orang-orang di sekitarmu banyak yang menanyakan manfaat produk yang kamu gunakan. Apalagi setelah membaca tulisan di blog atau media sosialmu. Tetapi jangan mudah menganggap mereka tertarik untuk membeli. Jadi usahakan jangan memaksa mereka untuk membeli atau bergabung menjadi anggota.
  • Membidik target pasar. Daripada kamu memaksa seseorang untuk membeli produk, lebih baik membidik target pasar yang sangat tertarik dan membeli produk.
  • Menjalankan bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau meraih banyak pendapatan itu sah-sah saja. Tetapi ingat, cara kerja bisnis Amway tak sekadar menjual produk. Dengarkan calon pelanggan dan berikan solusi kepadanya.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait