3 Keuntungan Menabung Emas bagi Milenial

Ajaib.co.id. Menabung merupakan salah satu pendidikan keuangan yang ditanamkan pada semua orang sejak kecil. Sejumlah uang dikumpulkan sampai jumlah tertentu sampai bisa dibelikan sesuatu. Namun tak banyak yang sadar jika menabung emas adalah cara yang lebih efektif dan jitu untuk menyimpan uang yang kita miliki.

Sejak usia dini, orangtua kita selalu mendidik anak-anaknya untuk menyisihkan uang jajannya untuk disimpan dalam tabungan. Akan tetapi, apabila kita menabung di bank atau celengan, uang tersebut mempunyai resiko untuk berkurang karena terjadinya inflasi.

Nilai uang yang kita tabung sebesar Rp 1juta hari ini tentu saja akan berbeda dengan uang Rp1 juta yang kita tabung dalam jangka waktu dua tahun ke depan. Belum lagi misalnya ada biaya administrasi yang harus dipenuhi ketika menyimpang uang tunai kita di rekening. Sementara jika menyimpan dalam bentuk tabungan berjangka maka kita akan kesulitan mencairkannya ketika membutuhkan uang tunai.

Berbeda dengan emas yang merupakan salah satu pilihan investasi lain yang lebih baik daripada cara menabung di bank. Karena yang kita beli empat tahun yang lalu, bisa dua kali lipat berbeda harganya saat kita jual sekarang. Pasalnya harga emas selalu naik dan tidak pernah turun.

Nah, apabila kita menyisihkan uang kita untuk membeli kopi seharga Rp50.000 tiap hari untuk membeli emas tiap bulan, tentu saja semakin banyak untung yang akan kita dapat. Maka kita sebagai generasi milenial, lebih baik untuk mulai menanamkan modal. Lakukan secara bertahap dari penghasilan yang kita dapat.

Gimana sih caranya menabung emas itu? Apakah sama seperti kita menabung uang tunai ke bank atau lewat ATM setor tunai?

Menabung Emas, Cara Menyimpan Uang Bebas Inflasi

Investasi emas adalah pilihan terbaik untuk menjaga nilai uang yang kita miliki. Kenaikan harga emas paling stabil jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Artinya harganya terus naik meskipun perlahan.

Belum lagi jika ada lonjakan harga yang tak terduga seperti awal tahun ini. Kamu bisa mendapatkan angin segar jika emas yang kamu miliki dijual kembali. Terlebih lagi, membeli emas sekarang sangat mudah. Kamu bahkan bisa membeli emas secara online lewat banyak aplikasi maupun butik logam mulia terpercaya.

Cara investasi emas lainnya yang wajib kamu ketahui juga adalah dengan menabung emas. Memang apa saja sih keuntungan investasi yang satu ini untuk anak muda seperti kita? Alternatif ini cocok buatmu yang ingin berinvestasi namun sulit mengumpulkan dananya atau baru bisa menyisihkan dana sedikit demi sedikit untuk berinvestasi.

Meskipun dianggap terjangkau, namun tetap saja kamu membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli emas. Misalnya di harga emas hari ini di angka Rp780.000 maka paling tidak kamu butuh uang sebesar Rp2,4 juta untuk berinvestasi dengan berat emas batangan 3 gram.

Cara ini tentunya sulit dilakukan apalagi jika kamu punya kebiasaan berbelanja impulsif. Atau bisa saja muncul kebutuhan tak terelakaan sehingga simpanan yang awalnya untuk beli emas ini terpakai. Akhirnya niatan investas emas pasti akan terus tertunda.

Menabung emas sebenarnya hampir sama dengan menabung uang di bank. Hanya saja uang yang kamu setorkan kemudian dikonversikan menjadi gram emas. Kamu bisa melakukan pembukaan rekening tabungan emas di sejumlah lembaga keuangan termasuk pegadaian dan bank. Pegadaian sendiri merupakan salah satu pionir dalam inovasi tabungan emas bagi masyarakat.

#Menabung Emas di Pegadaian

Salah satu lembaga terpercaya untuk membuka tabungan emas adalah pegadaian yang merupakan salah BUMN. Untuk membuka rekening di sini, kamu diharuskan mengisi formulir pembukaan rekening sesuai dengan kartu identitas, membayar biaya administrasi sebesar Rp30 ribu sebagai biaya fasilitas titipan selama 12 Bulan dan pembelian saldo awal sebesar Rp70.000.

Biaya pembukaan dan saldo awal ini harus dibayar sebelum tabungan emas bisa dibuka. Untuk menabung tabungan emas di pegadaian, kamu bisa melakukan pembukaan rekening tabungan emas mulai dari 0,01 gram, 0,1 gram dan maksimal 100 gram per CIF (Customer Information File) per hari. Untuk membuka rekening, kamu bisa langsung datang ke outlet pegadaian atau membuka tabungan emas yang dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian.

Pegadaian menyediakan pula fitur cetak emas bagi nasabahnya setelah jumlahnya sesuai. Setelah jumlahnya sesuai, kamu bisa melakukan order cetak dengan pilihan keping yang berbeda. Kepingan yang dipilih disediakan beragam mulai dari 1 gram sampai 100 gram.

Pilihannya tersedia baik itu emas batangan Antam maupun UBS. Kemudian kamu harus membayar biaya cetak sesuai dengan ketentuan dari Pegadaian. Namun jika belum mau mencetak emas yang kamu miliki juga tidak masalah.

Kamu juga bisa membuka tabungan emas secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital. Biayanya juga lebih murah serta bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja lewat ponselmu. Jika suatu saat kamu ingin menjual emas tabunganmu kembali, kamu bisa melakukannya pula.

Saldomu bisa dijual minimal 1 gram dan maksimal 100 gram per hari. Meski demikian, harganya tentu saja mengikuti harga jual beli emas yang ditetapkan oleh Pegadaian hari itu. Banyak bank terpercaya kini juga menyediakan tabungan emas bagi para nasabahnya.

Bahkan sejumlah e-commerce besar juga menyediakan fitur yang sama dengan ketentuannya masing-masing. Kamu bisa memilih mana satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu.

Satu hal yang pasti adalah menabung emas bisa menjadi solusi buatmu yang ingin mencicil investasi sedini mungkin dan sekecil apapun dana yang bisa dialokasikan. Untuk menambah keyakinanmu, berikut ini adalah 3 kelebihan utama menabung emas untuk milenial sepertimu.

  • Aman/Resiko Kecil

Sering kali kaum milenial mengeluh dan takut untuk memulai investasi karena memiliki resiko yang tinggi. Mereka lebih memilih menabung karena aman dan tidak akan rugi. Akan tetapi, berbeda dengan emas. Karena merupakan salah satu investasi yang sangat aman untuk dilakukan oleh para milenial.

Kita sering mendengar isu inflasi yang banyak melanda negara di dunia. Dan berpengaruh terhadap naiknya harga bahan pokok atau barang lainnya. Namun, hal ini berbeda dengan emas. Harga akan stabil meskipun terjadi krisis ekonomi, bahkan cenderung akan naik terus walaupun terjadi inflasi.

Selain itu, kebijakan pemerintah pun tidak akan mempengaruhi harga sehingga menjadikan logam mulia ini salah satu instrumen investasi yang aman.

  • Sumber Keuangan Darurat di Masa Depan

Masalah finansial sangat dapat terjadi, kapan pun entah itu kepada para milenial ataupun baby boomers. Saat masalah finansial melanda, kita pasti sangat butuh dana tambahan. Banyak orang yang terpaksa meminjam uang demi menutupi masalah finansial yang sedang dihadapinya.

Lantas bagaimana untuk menyiasati masalah finansial yang sangat tidak pasti namun pasti bisa terjadi di masa depan?

Menabung emas merupakan salah satu alternatif bagi para milenial untuk menyimpan dana darurat. Selain dari harganya yang terus naik, emas adalah investasi yang sangat likuid” atau mudah untuk dicairkan. Pasalnya, saat kita membutuhkan uang tambahan biasanya kebutuhan itu sangat mendesak dan harus kita bayar dengan cepat.

Semua itu tidak perlu diresahkan jika kita berinvestasi logam mulia nan menguntungkan ini. Prosesnya dapat dilakukan di pegadaian atau toko emas dan tidak butuh lama untuk menunggu pencairannya.

  • Nilai Emas Tidak Berkurang Meskipun Berubah Bentuk

Seperti yang kita ketahui, bahwa bentuk emas sangatlah beragam. Emas dapat berubah menjadi perhiasan seperti gelang, kalung atau cincin. Akan tetapi selama kadarnya sama, emas tersebut tetap dapat dijual dengan harga yang sama dengan bentuk sebelumnya.

Bahkan harga emas bisa bertambah apabila kita membuat cincin yang digabungkan dengan mutiara. Karena itulah, investasi emas sangatlah cocok untuk milenial. Jadi kamu tetap akan memilih menyimpan uang dan memiliki tabungan bank, atau menyimpan dengan cara menabung emas?

Menabung emas bisa menjadi langkah awal bagimu untuk berinvestasi. Setelah itu, kamu bisa mulai mengembangkan sayap investasimu pada instrumen yang lebih progresif menghasilkan keuntungan. Beberapa diantaranya seperti saham, obligasi maupun reksa dana.

Investasi emas adalah pilihan yang baik namun fungsinya hanya sebatas menjaga nilai uangmu. Sedangkan jika kamu ingin meningkatkan nilai uangmu dengan signfikan maka bisa mempertimbangkan pilihan lainnya. Namun yang pasti, segera mulai investasimu saat ini juga ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait