Tiga Keuntungan Menabung Emas bagi Milenial

Sejak usia dini, orangtua kita selalu mendidik anak-anaknya untuk menyisihkan uang jajannya untuk disimpan dalam tabungan. Akan tetapi, apabila kita menabung di bank atau celengan, uang tersebut mempunyai resiko untuk berkurang karena terjadinya inflasi.

Nilai uang yang kita tabung sebesar Rp1 juta hari ini tentu saja akan berbeda dengan uang Rp1 juta yang kita tabung dua tahun ke depan.

Berbeda dengan emas, merupakan salah satu pilihan investasi lain yang lebih baik daripada cara menabung di bank. Karena yang kita beli empat tahun yang lalu, bisa dua kali lipat berbeda harganya saat kita jual sekarang.

Nah, apabila kita menyisihkan uang kita untuk membeli kopi seharga Rp50.000 tiap hari untuk membeli emas tiap bulan, tentu saja semakin banyak untung yang akan kita dapat.

Maka kita sebagai generasi milenial, lebih baik untuk mulai menanamkan modal. Lakukan secara bertahap dari penghasilan yang kita dapat. Memang apa saja sih keuntungan investasi yang satu ini untuk anak muda seperti kita?

  • Aman/Resiko Kecil

Sering kali kaum milenial mengeluh dan takut untuk memulai investasi karena memiliki resiko yang tinggi. Mereka lebih memilih menabung karena aman dan tidak akan rugi. Akan tetapi, berbeda dengan emas. Karena merupakan salah satu investasi yang sangat aman untuk dilakukan oleh para milenial.

Kita sering mendengar isu inflasi yang banyak melanda negara di dunia. Dan berpengaruh terhadap naiknya harga bahan pokok atau barang lainnya. Namun, hal ini berbeda dengan emas.

Harga akan stabil meskipun terjadi krisis ekonomi, bahkan cenderung akan naik terus walaupun terjadi inflasi. Selain itu, kebijakan pemerintah pun tidak akan mempengaruhi harga sehingga menjadikan logam mulia ini salah satu instrumen investasi yang aman.

  • Sumber Keuangan Darurat di Masa Depan

Masalah finansial sangat dapat terjadi, kapan pun entah itu kepada para milenial ataupun baby boomers. Saat masalah finansial melanda, kita pasti sangat butuh dana tambahan. Banyak orang yang terpaksa meminjam uang demi menutupi masalah finansial yang sedang dihadapinya.

Lantas bagaimana untuk menyiasati masalah finansial yang sangat tidak pasti namun pasti bisa terjadi di masa depan?

Menabung emas merupakan salah satu alternatif bagi para milenial untuk menyimpan dana darurat. Selain dari harganya yang terus naik, emas adalah investasi yang sangat likuid” atau mudah untuk dicairkan.

Pasalnya, saat kita membutuhkan uang tambahan biasanya kebutuhan itu sangat mendesak dan harus kita bayar dengan cepat. Semua itu tidak perlu diresahkan jika kita berinvestasi logam mulia nan menguntungkan ini. Prosesnya dapat dilakukan di pegadaian atau toko emas dan tidak butuh lama untuk menunggu pencairannya.

  • Nilai Emas Tidak Berkurang Meskipun Berubah Bentuk

Seperti yang kita ketahui, bahwa bentuk emas sangatlah beragam. Emas dapat berubah menjadi perhiasan seperti gelang, kalung atau cincin. Akan tetapi selama kadarnya sama, emas tersebut tetap dapat dijual dengan harga yang sama dengan bentuk sebelumnya.

Bahkan harga emas bisa bertambah apabila kita membuat cincin yang digabungkan dengan mutiara. Karena itulah, investasi emas sangatlah cocok untuk milenial.

Jadi kamu tetap akan memilih menyimpan uang dan memiliki tabungan bank, atau menyimpan dengan cara menabung emas?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait