Investor Pemula

Strategi Tanam Saham untuk Investor Pemula

Tanam Saham

Ajaib.co.id – Saat ini mulai banyak orang-orang yang tertarik dengan dunia investasi terutama saham. Hal ini karena banyaknya layanan berbasis online yang menawarkan jasa dalam memfasilitasi siapapun untuk berinvestasi di instrumen saham termasuk kamu.

Dengan modal hanya Rp100 ribu, kamu bisa membuat rekening saham secara online dan mulai tanam saham di beberapa emiten yang direkomendasikan.

Selain itu, ketertarikan para calon investor pemula ini biasanya karena mendengar atau membaca kisah-kisah inspiratif seseorang yang berhasil dan sukses di dunia saham.

Akan tetapi, satu hal yang harus diingat, kesuksesan seseorang yang berhasil di dunia investasi saham hingga menjadikan dirinya masuk ke dalam deretan orang terkaya, tidak terlepas dari kegagalan.

Oleh karena itu, kamu sebagai investor pemula yang hanya bermodalkan uang Rp100 ribu harus rajin dan fokus untuk mempelajari langkah-langkah awal dalam berinvestasi saham hingga bisa menghasilkan keuntungan.

Nah, agar tanam saham yang kamu lakukan bisa sukses dan menghasilkan keuntungan, sebaiknya kamu mempelajari beberapa hal sebelum mulai berinvestasi atau tanam saham di beberapa emiten.

Berikut cara-cara yang bisa kamu pelajari sebelum memulai tanam saham.

Memulai Tanam Saham dengan Modal Kecil

Pernah dengar istilah “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”? Istilah ini berlaku di dunia investasi khususnya saham.

Kamu bisa memulai investasi saham dengan modal kecil di awal. Pasalnya, jika kamu memiliki modal besar dan ingin menginvestasikannya langsung di saham, bisa-bisa kamu mengalami kerugian bahkan modal tersebut bisa hilang.

Hal ini karena kamu tidak memiliki pengetahuan lebih akan investasi saham. Selain menyiapkan modal yang dimiliki, kamu juga harus belajar tentang saham itu sendiri.

Kamu bisa belajar istilah-istilah yang digunakan, strategi seperti apa yang digunakan, dan masalah-masalah yang sering terjadi pada saat berinvestasi, serta hal-hal penting lainnya terkait investasi saham.

Mengamati Kondisi Ekonomi dan Politik

Selain analisis fundamental seperti pendapatan dan catatan keuangan perusahaan yang mempengaruhi harga saham, kondisi ekonomi dan politik yang tengah terjadi di suatu negara ternyata juga merupakan salah satu faktor penyebab pergerakan suatu saham.

Kamu harus rajin-rajin membaca berita yang sedang hangat-hangatnya tentang kondisi politik dan ekonomi.

Pada beberapa sektor saham, harganya dapat naik dan turun secara tajam ketika kondisi politik tengah memanas. Ditambah pertumbuhan ekonomi di negara tersebut sedang melemah, maka harga saham bisa ikut melemah.

Hal ini yang menjadi tugas kamu dalam menganalisa setiap kondisi yang dapat menyebabkan pergerakan saham di pasar modal naik dan turun.

Dengan begitu kamu bisa mengambil keputusan untuk membeli atau menjual suatu saham berdasarkan analisa tersebut.

Tanam Saham di Sektor yang Disukai

Salah satu tokoh investasi saham yang paling terkenal di dunia, Warren Buffett, memegang kepemilikan saham perusahaan Coca-Cola. Dengan kepemilikan saham tersebut, ia mengonsumsi minuman soda tersebut dan menjadi minuman yang digemari. Menurutnya, hal itu salah satu bentuk kecintaan akan saham yang ia miliki.

Oleh karena itu, dalam memilih saham suatu perusahaan, ada baiknya kamu memilih saham yang kamu sukai atau paling tidak produk barang dan jasanya kamu gunakan sehingga secara tidak langsung kamu mendukung berjalannya bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut.

Akan tetapi, kamu juga harus mempertimbangkan prospek dari perusahaan tersebut di masa mendatang.

Tanam Saham di Perusahaan yang Memiliki Kapitalisasi Pasar Cukup besar

Perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar besar akan sejalan dengan harga saham yang dimiliki sehingga kamu bisa memilih saham perusahaan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menghindari manipulasi pasar yang digunakan untuk menggoreng saham agar dapat menarik minat investor dalam membeli sahamnya. Padahal, saham perusahaan tersebut belum tentu memiliki prospek yang baik di masa mendatang dari segi bisnis.

Memilih Saham yang Rasio PE-nya Rendah

Istilah PE dalam investasi saham merupakan istilah rasio harga pada lembar saham yang dibagi dengan pemasukan bersih per lembar saham. Pada dasarnya, tidak ada batasan tertentu dalam memilih nilai PE, baik besar atau kecil.

Hal ini karena kamu harus membandingkannya dengan PE pada produk serupa. Oleh karena itu, penting dalam menambah wawasan tentang produk serupa pada saham yang kamu pilih.

Mengamati Sentimen Pasar akan Suatu Saham

Sentimen pasar akan suatu saham memiliki pengaruh yang cukup besar. Walaupun nilai PE rendah, harga kapitalisasi pasar tinggi, namun sentimen pasarnya rendah, maka nilainya jelas akan turun.

Hal ini karena saham tersebut dianggap tidak terlalu bernilai. Sentimen pasar dapat dilihat berdasarkan harga komoditas, suku bunga, tingkat inflasi, angka pengangguran, dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan saham yang tepat, kamu juga harus menyesuaikan saham tersebut dengan sentimen pasar sehingga proses tanah saham yang kamu lakukan akan tepat.

Nah, strategi tersebut dapat kamu sesuaikan dengan karakter yang dimiliki saat berinvestasi. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menghasilkan keuntungan serta meminimalisir setiap risiko yang akan terjadi nantinya.

Oleh karena itu, kamu harus terus belajar dan menerapkan strategi tepat agar dapat sukses saat berinvestasi saham.

Mengingat, investasi saham mengenal istilah high risk high return yaitu setiap keuntungan besar yang kamu dapatkan saat berinvestasi saham juga diiringi dengan risiko kerugian yang besar pula.

Hal ini mengapa kamu perlu belajar terus agar mendapatkan pengalaman yang bisa digunakan saat mengambil keputusan atas hal-hal yang terjadi pada saham di masa mendatang.

Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi saham, kamu bisa mencobanya untuk berinvestasi saham melalui beberapa perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Kamu bisa menemukan informasi mengenai investasi saham melalui tempat tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa layanan investasi online melalui smartphone yang dimiliki yaitu dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib Saham merupakan cara termudah bagi kamu untuk mulai berinvestasi saham. Dengan menggunakan Ajaib Saham kamu bisa mendapatkan rekening saham yang bisa dibuat langsung melalui aplikasi Ajaib.

Kamu bisa melihat pergerakan saham-saham perusahaan di bursa saham untuk dipilih sebagai emiten yang dapat menghasilkan keuntungan saat kamu berinvestasi saham.

Melalui aplikasi Ajaib, kamu dapat menemukan bahasa saham yang dapat memudahkan aktivitas investasi saham. Transaksi yang meliputi jual dan beli saham bisa kamu lakukan secara online di mana saja dan kapan saja.

Kini kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan berinvestasi di Ajaib Saham.

Jadi, tunggu apalagi. Segera investasikan dana yang kamu miliki untuk menghasilkan keuntungan besar dengan Ajaib Saham. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait