Saham

Mengenal Sleeping Investor, Cuan dengan Usaha Minim

Sleeping Investor

Ajaib.co.id – Pernahkah kamu mendengar tentang sleeping investor? Jenis investor ini lebih mengedepankan investasi secara jangka panjang dan tidak menuntut untuk menghasilkan keuntungan secara cepat. Nah, kalau kamu jenis investor yang tidak memiliki cukup waktu untuk senantiasa memantau pasar, jenis sleeping investor bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Sleeping investor hanya menaruh sejumlah dana pada instrumen yang dianggap memiliki potensi untuk naik, lalu didiamkan secara jangka panjang sambil menunggu hasil keuntungannya.

Jika kamu tertarik untuk jadi sleeping investor, ada baiknya kamu simak sejumlah hal mengenai sleeping investor secara lebih detail melalui penjelasan berikut ini.

Pengertian Sleeping Investor

Sederhananya, sleeping investor adalah jenis investor yang bisa menghasilkan keuntungan tanpa harus melakukan banyak hal. Mereka berinvestasi secara jangka panjang dan tidak terpengaruh atau memanfaatkan pergerakan harga seperti saham setiap harinya.

Jenis sleeping investor tentu tidak cocok bagi mereka dengan menginginkan hasil secara cepat. Namun, jenis ini sangat cocok bagi kamu yang ingin hasil keuntungan investasi dinikmati di masa mendatang atau mereka yang memang memiliki pekerjaan tetap. Di mana, instrumen investasi memang dijadikan cadangan atau bukan difokuskan untuk menghasilkan keuntungan setiap bulan.

Baca Juga: Profil Risiko Investasi yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai

Kelebihan Menjadi Sleeping Investor

Sleeping investor dipilih oleh sejumlah orang tentu karena kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan saat berinvestasi. Adapun sejumlah kelebihan pada sleeping investor, di antaranya seperti berikut:

  1. Modal yang digunakan untuk berinvestasi tidak harus besar karena bisa disesuaikan dengan kemampuan modal maupun profil risiko setiap investor. Misalnya, investor dengan modal rendah dengan profil risiko juga rendah, maka dapat memilih reksa dana.
  2. Peluang untuk mendapatkan pendapatan pasif karena nilai dari instrumen yang diinvestasikan bisa meningkat seperti pada saham terjadi capital gain dan pembagian dividen bagi pemegang sahamnya.
  3. Kesempatan untuk bisa bebas finansial sehingga investor cukup duduk manis atau melakukan kegiatan yang disukai karena uang yang bakal menghampiri.

Contoh Sleeping Investor

Untuk memudahkan kamu memahami konsep ini, kamu dapat melihat sejumlah investor yang jadi sleeping investor. Salah satu sleeping investor asal Indonesia yaitu Lo Kheng Hong yang cukup dikenal karena memilih investasi saham sebagai penghasilannya. Lo Kheng Hong menyebut dirinya sebagai sleeping investor yang asetnya pernah menyentuh Rp2,5 triliun pada tahun 2012. 

Selain mendapatkan banyak uang, Lo mengaku bahwa ia juga mendapatkan banyak waktu karena tidak bekerja untuk orang lain. Hal ini yang disebut dengan investor tidak mencari uang, melainkan uang yang menghampiri. Di mana, ia membiarkan aset investasi yang dimiliki agar terus berkembang secara jangka panjang sehingga mampu menghasilkan keuntungan menggiurkan.

Cara Menjadi Sleeping Investor

Setelah memahami apa itu sleeping investor, tentunya kamu tertarik untuk menerapkannya pada investasi yang dilakukan. Apalagi jika kamu tidak memiliki waktu untuk terus melihat pergerakan pasar karena fokus pekerjaan utama. Oleh karena itu, sleeping investor adalah pilihan untuk tetap bisa menghasilkan keuntungan dengan sedikit usaha melalui cara berikut:

1. Mengumpulkan Modal

Untuk bisa berinvestasi, tentunya kamu membutuhkan modal yang akan ditanam di sejumlah instrumen investasi. Karenanya, modal adalah langkah yang harus kamu perhatikan di awal saat ingin memutuskan menjadi sleeping investor. Dengan memiliki modal yang cukup, kamu bisa memilih jenis investasi apa yang cocok jika menginginkan keuntungan secara jangka panjang dalam jumlah besar.

Salah satu contohnya memilih instrumen saham dalam berinvestasi, maka fokus dan konsisten untuk berinvestasi saham dalam jangka waktu lama. Kumpulkan modal sebanyak mungkin jika memungkinkan karena semakin besar modal yang diinvestasikan, maka semakin besar pula profit yang dihasilkan.

2. Memahami Istilah dan Jenis Investasi

Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan investasi juga bisa dikatakan sebagai modal. Hal ini yang memungkinkan kamu untuk mengelola modal berupa uang untuk diinvestasikan secara tepat. Kamu bisa mulai dengan mempelajari istilah-istilah di dalam investasi dan juga jenis-jenis investasi. Hal ini membuat kamu bisa memilih instrumen mana yang sekiranya cocok dengan gaya investasi

Jenis-jenis investasi sendiri meliputi investasi emas, obligasi, properti, tabungan berjangka, reksa dana, dan saham. Kamu bisa mempelajari profit dan risiko yang berbeda-beda dari setiap instrumen. Selain itu, dengan memahami jenis-jenis investasi, kamu juga dapat memilih instrumen mana untuk diversifikasi

3. Memiliki Sumber Penghasilan Utama

Pada dasarnya, sleeping investor memang menjanjikan keuntungan besar dengan sedikit usaha, bahkan bisa dijadikan penghasilan utama. Akan tetapi, untuk bisa berada di titik tersebut, tidaklah mudah. Di mana, kamu tidak dapat mengandalkan return dari investasi saja, namun juga harus memiliki penghasilan utama. Hal ini dilakukan demi bisa menerapkan apa itu sleeping investor.

Setelah memahami apa itu sleeping investor dan cara jadi sleeping investor, kamu bisa mulai langkah awalnya. Jangan minder dengan modal rendah yang kamu miliki karena lebih baik memulainya secara bertahap sehingga saat terjadi hal yang tidak sesuai ekspektasi, kamu dapat belajar dan mengevaluasi cara berinvestasi lebih baik lagi.

Baca Juga: Strategi Investasi Aman Saat Ada Kenaikan Suku Bunga

Pada intinya, kamu harus mulai berinvestasi berapapun jumlah modal yang dimiliki. Jangan terlalu lama menunda investasi karena semakin sedikit hasil keuntungan yang didapat nantinya.

Membiasakan diri untuk berinvestasi sejak dini adalah hal bijak yang harus kamu lakukan. Di mana, hal tersebut sebagai bentuk perencanaan kamu untuk menyambut hari tua yang pastinya ingin menikmati hasil dari masa produktif. Apalagi investasi di instrumen saham dan reksa dana, kini bisa dilakukan secara mudah menggunakan smartphone melalui aplikasi Ajaib.

Aplikasi investasi online yang satu ini dapat membantu kamu berinvestasi secara aman dan mudah. Kamu dapat membuat rekening saham secara online dan deposit langsung melalui aplikasi Ajaib. Dengan berinvestasi di Ajaib Sekuritas, kamu bisa mulai merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone untuk mulai investasi pertama kamu, sekarang.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait