Emas

Perbedaan Emas Antam dan UBS yang Wajib Diketahui Investor

Perbedaan emas Antam dan UBS

Ajaib.co.id – Apa perbedaan emas Antam dan UBS? Emas adalah salah satu komoditas yang banyak diperjual-belikan di masyarakat karena punya beberapa keunggulan di antaranya; punya tingkat likuiditas yang tinggi dan juga diketahui kebal inflasi. 

Walaupun emas sudah menjadi komoditas global yang mendunia, namun di luar sana terdapat beberapa jenis emas yang bisa kamu beli. Mulai dari emas batangan, emas online, emas perhiasan, dan koin emas. Dari empat jenis emas yang sudah disebutkan, jika kamu ingin investasi emas untuk tujuan keuangan jangka panjang, emas batangan adalah pilihan investasi terbaik.

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Bagi kamu yang ingin membeli emas batangan, kamu bisa membeli emas batangan yang diproduksi oleh Antam maupun UBS. Walaupun sama-sama menjual dan memproduksi emas batangan, tentu kamu pasti bertanya-tanya mengapa harga logam mulia Antam di pasaran punya nilai jual yang lebih mahal dibanding emas UBS. Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak perbedaan emas Antam dan UBS berikut ini.

1. Kenapa Emas Antam Lebih Mahal dari UBS

Di Indonesia, penjualan emas batangan saat ini dikuasai oleh Antam dengan persentase mencapai 90% secara nasional. Sedangkan, pangsa pasar emas UBS hanya sekitar 10% saja.

Hal ini adalah faktor yang membuat mengapa harga emas Antam bisa lebih mahal dibanding UBS. Selain itu, perbedaan emas Antam dan UBS dari sisi harga juga dipengaruhi dari sertifikat yang dikantongi oleh kedua perusahaan tersebut.

Sertifikat yang dikantongi oleh emas Antam adalah LBMA, sehingga semua produk logam mulia yang dikeluarkan oleh Antam dijamin keaslian dan kualitasnya secara internasional. Dengan begitu, emas Antam dapat diperdagangkan di dalam negeri maupun luar negeri.

Berbeda halnya dengan emas UBS yang hanya mengantongi sertifikat dari PT UBS saja. Alhasil, ruang lingkup perdagangannya hanya sebatas dalam negeri saja.

Sertifikat dan pangsa pasar adalah kedua faktor yang membuat kenapa harga emas Antam lebih mahal dari UBS.

2. Ukuran Emas

Ukuran emas batangan yang dijual juga menjadi pembeda antara emas Antam dan UBS. Kamu bisa membeli emas Antam dengan beragam ukuran, mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga yang paling berat berukuran 1 kg.

Namun UBS punya ukuran emas yang relatif terbatas, mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Selain itu, dimensi emas Antam dan UBS pun juga berbeda. Emas Antam punya dimensi yang lebih kecil dan terlihat lebih tebal, sedangkan emas UBS punya dimensi lebih besar dan lebih tipis. Walaupun punya dimensi yang berbeda, namun kedua produk emas batangan ini sama-sama punya tingkat kadar emas mencapai 99,99%.

3. Lokasi Pembelian

Perbedaan emas Antam dan UBS yang terakhir adalah lokasi penjualan. Bersyukurlah, bagi kamu yang saat ini hidup di tengah kemajuan zaman. Lantaran, kamu bisa membeli emas Antam dan UBS secara online di sejumlah e-commerce dan platform online lainnya, maupun di toko emas hingga Pegadaian.

Namun kamu juga bisa membeli emas Antam dan UBS langsung di gerai resmi. Mengapa? Karena jika kamu membeli emas Antam dan UBS di toko emas terdekat, biasanya di toko emas tersebut tidak memiliki pilihan ukuran emas yang banyak, sehingga kamu perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. 

Tentu hal ini berbeda jika kamu membelinya di gerai resmi yang memang sudah ditunjuk langsung oleh kedua perusahaan tersebut di mana pembeli bisa memilih beragam ukuran emas yang tersedia dan tanpa khawatir kehabisan stok. 

Untuk memudahkan kamu mencari butik emas yang memang khusus menjual emas Antam dan UBS, kamu bisa mencari tahunya lewat situs resmi Antam maupun UBS. Di halaman situs tersebut, kamu bisa mencari tahu alamat gerai emas yang bisa dikunjungi hingga memantau pergerakan harga jual dan harga beli terkini. 

Itulah perbedaan emas Antam dan UBS yang perlu kamu cermati sebelum memutuskan ingin membeli yang mana. Dari rangkuman yang sudah redaksi Ajaib jabarkan di atas, kita jadi tahu alasan kenapa harga emas Antam lebih mahal dari UBS, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya; sertifikat, market, hingga ukuran.

Mau Investasi Emas? Ketahui Dulu Hal Ini!

Walaupun emas UBS punya harga yang relatif murah dibanding Antam, namun perbedaan harga emas Antam dan UBS tidak terlalu jauh berbeda. Gak percaya? Yuk kita cek harganya.

Berdasarkan pantauan redaksi Ajaib di Pegadaian pada Minggu 1 Mei 2022, harga emas Antam ukuran 0,5 gram dijual Rp559.000 dan harga emas UBS dengan ukuran sejenis dijual Rp529 ribu.

Agar kamu gak menyesal saat membelinya, Kamu bisa memaksimal potensi keuntungan investasi emas yang bisa diperoleh dengan memperhatikan hal-hal berikut.

– Cek Harga

Prinsip investasi adalah membeli aset saat sedang murah dan menjualnya kembali saat harganya sedang mahal. Untuk mendapatkan harga emas yang cocok, kamu perlu secara berkala memantau pergerakan harga emas, serta rajin membaca berita-berita ekonomi yang berkaitan langsung dengan pergerakan harga emas di dunia.

– Ketahui Tujuan Keuangan Kamu

Kamu bisa memilih emas batangan jika memang punya  tujuan keuangan untuk jangka panjang. Lantaran, kenaikan harga emas sangat lambat di mana membutuhkan waktu setidaknya 5 tahun lamanya untuk meraih cuan dari hasil investasi emas. Sehingga, pastikan bahwa tujuan keuangan yang ingin kamu raih sudah sesuai dengan produk investasi yang kamu pilih.

Selain kedua hal tersebut, ada beberapa hal lainya yang perlu menjadi pertimbangan kamu sebelum investasi emas batangan, seperti mempertimbangkan biaya menyewa safety box di bank dan juga mempertimbangkan adanya risiko berkurangnya nilai emas karena mengalami kerusakan.

Jangan taruh seluruh dana investasi kamu di satu jenis instrumen investasi saja, melainkan investor bisa melakukan diversifikasi investasi ke produk investasi lainnya, misalnya reksa dana atau saham yang bisa kamu beli di aplikasi Ajaib 100% secara online.

Artikel Terkait