Emas

Ini Alasan Harga Emas Putih Lebih Mahal dari Emas Biasa

harga emas putih

Ajaib.co.id – Ada banyak orang yang percaya bahwa emas putih memiliki nilai estetika yang lebih dibanding dengan emas biasa. Maka dari itu, jenis logam mulia ini menjadi salah satu primadona bagi kaum hawa. Lalu, apa ini alasan mengapa harga emas putih lebih mahal ketimbang emas biasa? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini.

Meskipun harganya lebih tinggi dari harga emas kuning, namun banyak wanita merasa lebih puas kalau menggunakan emas putih . Walau secara kasar mata emas putih mirip dengan platinum dan silver, namun tidak sedikit orang yang sulit membedakan jenis perhiasan ini dengan perhiasan berbahan baku platinum.

Perbedaan Emas Putih & Platinum

Lalu, apa yang membedakan antara emas putih dengan platinum? Emas putih adalah perpaduan logam emas dan logam lainnya yang berwarna putih seperti perak dan palladium. Sementara kandungan emas yang berada didalamnya tidak dapat dipastikan bisa 18 karat bisa juga 14 karat.

Misalkan saja, ada emas putih  yang menggunakan 75 persen emas dan dicampur dengan 25 persen perak dan palladium. Saat Kamu baru saja membeli emas putih , mungkin Kamu melihatnya sangat berkilau. Ini karena lapisan emas bernama rodium yang masih kuat.

Tanpa adanya lapisan rodium pada emas putih , maka warna emas putih akan terlihat lebih kusam, sementara emas putih  yang sudah dipoles oleh rodium ketika baru dibeli akan sangat mirip atau bahkan malah lebih cemerlang dibanding platinum.

Di sisi lain, platinum merupakan logam berwarna putih yang bila digunakan untuk perhiasan maka tidak membutuhkan campuran lainnya. Ini tentunya akan sangat berbeda dengan logam emas yang lunak karena lebih padat dan saat dipakai perhiasan dari platinum akan terasa lebih berat.

Perhiasan platinum memang sudah cukup berkilau dengan sendirinya jadi tidak perlu dipoles rodium. Ini jelas akan membuat harga platinum jauh lebih mahal, misalkan saja cincin platinum yang bisa memiliki harga dua kali lipat dari emas putih  18 karat.

Predikat harga emas putih  yang dikatakan selalu lebih mahal dibanding emas biasa, nyatanya bukanlah sebuah hal yang mutlak. Namun demikian, perlu Kamu ketahui bahwa rodium ini masuk dalam golongan logam mulia yang sangat mahal.

Tidak tanggung, harga rodium dalah sepuluh kali lipat lebih tinggi daripada emas biasa dan volatilitasnya juga lebih tinggi.

Di sisi lain, rodium juga sulit diolah sehingga jarang sekali bisa digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan secara sendirian. Meski memberikan kekilauan yang sangat tinggi, jenis logam ini adalah pilihan favorit dalam melapisi emas putih .

Alasan Berinvestasi Emas Putih

Adapun alasan untuk berinvestasi emas putih adalah karena emas dipercaya merupakan salah satu investasi yang aman, dimana harga emas cenderung stabil dalam jangka pendek, tak tergerus inflasi dan jika disimpan untuk jangka panjang harganya akan terus naik.

Tentu, emas lebih terasa keuntungannya jika dijadikan investasi jangka panjang. Selain itu emas juga setara dengan aset lancar yang sangat mudah dicairkan menjadi uang tunai atau likuid.

Apabila kamu ingin melakukan investasi emas, maka kamu bisa memilih emas berdasarkan kebutuhan. Ada emas berbentuk batangan dan ada juga emas berbentuk perhiasan. Lalu mana yang paling menguntungkan?

Faktor yang Memengaruhi Jenis Emas yang Menguntungkan

Untuk mengetahui mana jenis emas yang lebih menguntungkan saat berinvestasi, Kamu bisa memperhatikan faktor berikut ini :

1. Harga Jual dan Harga Beli

Harga beli emas putih  dan emas batangan tidak berbeda jauh. Harga beli emas putih  per gram bergantung dari kandungan logam, model, dan jumlah berlian. Tetapi untuk harga jual kembali emas putih  akan lebih rendah.

Mengapa harga jual kembali emas putih  menjadi rendah? Karena saat pembuatannya penilaian harga perhiasan emas putih  tidak hanya didasarkan dari kandungan emas dan campuran logam lainnya, tetapi ada biaya desain yang tentunya tidak murah.

Pemakaian perhiasan emas putih  sehari-hari mengakibatkan goresan pada emas dan memudarnya lapisan rhodium pada emas, sehingga perhiasan tidak sebaik waktu pembelian awal.

Berbeda dengan emas putih , emas batangan merupakan emas murni, tidak ada biaya desain saat pembelian emas. Hal ini mengakibatkan harga jual kembali emas batangan akan lebih tinggi dari emas putih .

Sebagai informasi tambahan, sebelum membeli emas batangan, Kamu perlu kembali melakukan perhitungan, karena per 2 Oktober 2017 pemerintah menerapkan pajak atas pembelian emas batangan.

Pajak ini tentunya menjadi penambah biaya pembelian emas. Setiap transaksi pembelian logam mulia di PT Aneka Tambang, akan dikenakan PPh 22.

Bagi kamu yang telah memiliki NPWP, pajak yang dikenakan adalah 0,45%, sedangkan jika kamu belum memiliki NPWP, pajak yang harus kamu bayarkan lebih mahal yaitu 0,9%.

2. Pemakaian dan Penyimpanan Emas

Investasi pada emas putih, selain harganya stabil, keuntungan lainnya adalah emas putih  yang umumnya berbentuk perhiasan dapat juga digunakan untuk aksesoris sehari-hari bergantung dari modelnya.

Untuk model yang lebih mewah dengan mata berlian yang banyak dan berkilau, bisa digunakan sebagai perhiasan saat menghadiri pesta atau acara penting lainnya.

Karena warnanya putih, emas putih  tidak terlalu mencolok. Ada banyak perhiasan dengan bahan dasar logam lainnya yang memiliki warna hampir mirip dengan emas putih  namun harganya tidak setinggi emas putih .

Berbeda dengan emas putih , emas batangan hanya dapat disimpan di tempat khusus, tidak untuk dibawa-bawa. Kelebihannya emas batangan tidak memerlukan perawatan khusus seperti pelapisan ulang pada emas putih .

Itulah beberapa perbedaan emas putih  dan emas biasa. Yang mana yang menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi ? Nah, untuk lebih banyak mengetahui artikel ekonomi menarik, Kamu bisa mengakses Ajaib. Selamat mencoba!

Artikel Terkait