Perencanaan Keuangan

Ketahui Pentingnya Dana Darurat dan Jumlah Dana Darurat Ideal

Dana Darurat Ideal

Ajaib.co.id – Dana darurat merupakan salah satu indikator dalam financial check up. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya dana darurat bagi kesehatan keuangan. Sehingga sebaiknya kita mengupayakan untuk memiliki dana darurat ideal.

Seperti diketahui bahwa besar atau kecilnya pendapatan tidak selalu menjadi penentu kesehatan keuangan individu. Berapapun pendapatan saat ini, setiap orang sebaiknya menyiapkan dana darurat atau emergency fund.

Apalagi di masa perekonomian yang tidak menentu, setiap orang menjadi rentan kehilangan pekerjaan dan mengalami penurunan pendapatan. Kondisi tersebut bisa membuat kondisi keuangan berantakan jika tidak disiasati jauh-jauh hari dengan menyiapkan emergency fund.

Berdasarkan penelusuran di laman resmi Kementerian Keuangan RI, berikut ini pembahasan tentang pengertian dana darurat, pentingnya, serta jumlah ideal berapa kali gaji. 

Pengertian Dana Darurat

Apa itu dana darurat? Dana darurat adalah dana yang secara khusus disiapkan dan disimpan sebagai bentuk antisipasi yang dapat digunakan ketika terjadi kondisi darurat di masa depan.

Emergency fund berbeda dengan tabungan biasa dan investasi. Emergency fund ini memiliki kriteria tersendiri terkait jumlah idealnya dan bentuk simpanannya. Simpanan dengan risiko tinggi tidak cocok untuk emergency fund.

Penempatan emergency fund sebaiknya pada instrumen keuangan yang relatif aman. Mengingat kondisi darurat sulit untuk diprediksi kapan datangnya, emergency fund juga sebaiknya mudah untuk dicairkan kapan saja. Di sisi lain, emergency fund tidak boleh digunakan untuk kepentingan yang bukan benar-benar darurat.

Pentingnya Dana Darurat

Apa pentingnya dana darurat? Emergency fund bermanfaat sebagai dana cadangan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan ketika terjadi keadaan yang tidak diharapkan, misalnya kecelakaan, kehilangan pekerjaan, dan lain-lain.

Dalam kondisi darurat, misalnya ada anggota keluarga yang sakit, diperlukan biaya yang besar. Walaupun biaya rumah sakit telah dilindungi asuransi kesehatan, ada banyak biaya lainnya yang juga harus dikeluarkan.

Jika tidak tersedia emergency fund, maka akan menambah beban pikiran dan meningkatkan kecemasan. Padahal kita butuh pikiran yang tenang dan rasa aman agar bisa merawat anggota keluarga yang sakit sampai memperoleh kesembuhan.

Tersedianya emergency fund akan memberikan rasa aman. Kondisi keuangan individu maupun keluarga tidak mudah goyah menghadapi berbagai macam krisis yang terjadi. Sehingga konsentrasi bisa lebih fokus dalam mencari solusi.

Contoh lainnya adalah ketika kepala keluarga kehilangan mata pencarian. Kondisi ini rentan menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga. Sehingga akan sulit berpikir jernih untuk mencari jalan keluar. Adanya emergency fund dapat digunakan untuk biaya hidup sambil mencari peluang mata pencarian lain tanpa rasa panik berlebihan. 

Berapa Jumlah Dana Darurat Ideal?

Besaran nominal emergency fund ideal menjadi pertanyaan banyak orang. Sebenarnya dana darurat ideal berapa kali gaji? Tidak ada angka pasti untuk jumlah emergency fund yang ideal untuk dimiliki.

Perbedaan kebutuhan emergency fund berbeda-beda setiap individu. Faktor yang memengaruhinya antara lain kebutuhan pokok, gaya hidup, besaran pendapatan, jumlah anggota keluarga yang mejadi tanggungan, dan lain-lain.

Pada umumnya, jumlah emergency fund ideal berkisar antara enam sampai dua belas kali lipat dari pengeluaran bulanan dengan tetap mempertimbangkan kondisi masing-masing. Misalnya untuk individu yang belum menikah besarnya emergency fund adalah enam kali lipat pengeluaran per bulan. Sedangkan yang sudah menikah dan memiliki anak sebaiknya memiliki emergency fund sejumlah 12 kali lipat pengeluaran perbulan.

Penentuan emergency fund berapa kali gaji tersebut dibuat dengan pertimbangan jangka waktu yang paling sesuai untuk memulihkan kondisi keuangan setelah mengalami kondisi darurat. Misalnya setelah kehilangan pekerjaan, setidaknya kita punya waktu enam bulan untuk bisa mendapatkan pekerjaan baru.

Cara Mengumpulkan Dana Darurat Ideal

Mengingat jumlah emergency fund ideal yang cukup besar, tentu dibutuhkan waktu untuk bisa mengumpulkannya. Oleh karena itu disarankan untuk mulai mempersiapkan emergency fund sesegera mungkin ketika kita sudah memiliki penghasilan.

Berikut ini cara mengumpulkan dana darurat ideal yang dapat diikuti.

1. Analisis Kondisi Keuangan

Sebelum mulai mengumpulkan emergency fund, disarankan untuk melakukan analisis terlebih dahulu terkait kondisi keuangan kita. Lakukan pemetaan untuk mengetahui berapa besarnya penghasilan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Kemudian tentukan total emergency fund ideal yang harus disiapkan serta berapa nominal yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mengumpulkan emergency fund tersebut.

2. Buat Rekening Khusus

Sangat disarankan untuk memiliki rekening khusus guna mengumpulkan emergency fund. Dengan memisahkan rekening tersebut akan mencegah dana tercampur alokasi lain sehingga riskan digunakan untuk keperluan lainnya. 

Adanya rekening khusus emergency fund juga bermanfaat untuk memudahkan melihat berapa jumlah yang telah terkumpul serta kurang berapa lagi. Sehingga kita bisa lebih jelas menentukan target kapan emergency fund akan terkumpul.

3. Disiplin

Tidak perlu memaksakan diri ingin memilik emergency fund ideal dalam waktu singkat. Tidak mengapa jika kamu mengumpulkan emergency fund secara perlahan sedikit demi sedikit setiap bulannya. Yang penting adalah kedisiplinan dalam menyisihkan sebagian dana secara konsisten untuk menyiapkan emergency fund.

Disiplin keuangan bukan saja tentang konsisten mengumpulkan emergency fund setiap bulannya. Namun juga diperlukan kedisiplinan untuk tidak menggunakan emergency fund untuk kebutuhan yang tidak sesuai peruntukkannya.

Tidak semua keperluan yang mendesak dapat menggunakan emergency fund. Kondisi yang memperbolehkan penggunaan emergency fund antara lain sakit berat, kehilangan sumber penghasilan, bencana alam, kecelakaan, dan lain-lain.

Dana darurat yang telah digunakan sebaiknya segera dipenuhi kembali ketika kondisi keuangan sudah mulai membaik. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi darurat berikutnya yang tidak diketahui kapan datangnya. Kita harus bersiap.

4. Investasi

Berinvestasi juga bisa menjadi cara menyiapkan dana darurat yang ideal. Ada berbagai instrumen investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari saham, reksa dana, emas, properti, hingga deposito. Berbagai investasi ini dapat kamu sesuaikan dengan tingkat risiko, preferensi, dan juga budget.

Bila kamu seorang pemula, mungkin kamu kerap maju mundur untuk memulai investasi, entah itu karena terkendala biaya, maupun ragu karena tingkat risiko yang berbeda-beda.

Walau begitu, kekhawatiran tersebut seharusnya tidak menjadi alasan bagi kamu untuk tidak berinvestasi. Mengapa? Karena kini kamu bisa berinvestasi dengan modal hanya 1 rupiah saja di Ajaib! Baik itu reksa dana maupun saham, kamu bisa memulai investasi kamu dengan modal seminim mungkin.

Tidak hanya itu, Ajaib juga secara rutin menghadirkan konten edukasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasan seputar investasi. Ajaib juga telah terdaftar di OJK, sehingga sangat terjamin keamanan dan kredibilitasnya.

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Yuk, mulai siapkan dana darurat ideal untukmu dan keluarga dengan memulai investasi di Ajaib, dengan klik banner di bawah ini!

Artikel Terkait