Sepak Terjang Saham INDF Sejak IPO Hingga Saat Ini

Sepak Terjang Saham INDF Sejak IPO Hingga Saat Ini
Sepak Terjang Saham INDF Sejak IPO Hingga Saat Ini

Saham INDF merupakan saham yang dikeluarkan perusahaan Indofood Sukses Makmur Tbk. Saham ini di hari Kamis, 19 September 2019 mencapai level Rp7.875. Harga per saham ini ternyata masih cukup jauh dari yang ditargetkan perusahaan sebesar Rp9.000. Meskipun begitu, saham INDF direkomendasikan dimiliki oleh para analis saham karena perusahaannya yang memiliki kinerja dan keuangan yang bagus.

Saham INDF, salah satu saham yang difavoritkan investor

Tidak mengherankan saham INDF difavoritkan investor karena memiliki nama besar PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Nama besar tersebut tentu saja didapatkan dari usaha yang berjalan dengan sukses. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha pengolahan makanan. Produknya pun bermacam-macam mulai dari bogasari, agribisnis, distribusi, dan pengolahan makanan, dan juga pengolahan sayuran.

Anak perusahaannya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memproduksi berbagai macam makanan olahan seperti makanan ringan, bumbu makanan, makanan cepat saji, susu, biskuit, pasta, dan terigu. Produk-produk tersebut tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tapi juga punya nama sendiri di negara-negara luar Indonesia.

Perusahaan ini berdiri pada tanggal 14 Agustus tahun 1990 dengan nama PT Panganjaya Intikusuma. PT Indofood Sukses Makmur Tbk. memiliki anak perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan Salim Ivomas Pratama Tbk. Sejak pertama kali berdiri sudah berhasil mengambil hati para konsumen dengan produknya bernama indomie goreng, hingga berkembang produk-produk lainnya. Inilah yang membuat saham INDF termasuk ke dalam saham yang sehat dan layak dimiliki.

Saham INDF pertama kali ditawarkan kepada publik pada tahun 1994. Harga nilai per sahamnya Rp1.000 dan ditawarkan dengan harga Rp6.200. Perusahaan ini nyaris pailit ketika krisis moneter di tahun 1998. Namun, kembali bangkit ketika kekuasaan tertinggi perusahaannya diambil alih oleh Anthony Salim. Bisnisnya sukses karena produk-produknya dekat dengan masyarakat, menjadikan saham INDF banyak diincar oleh investor asing maupun investor domestik.

Rajin membagikan dividen kepada para pemegang saham

PT Indofood Sukses Makmur Tbk membagikan dividen kepada para pemegang saham sebanyak Rp236 per lembar. Hal ini dilakukan di pertengahan tahun 2019. Pembagian dividen dinilai begitu sering karena di akhir tahun kemarin, PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga sudah membagikan dividen pada para pemilik sahamnya.

Namun perusahaan ini tidak berpuas diri. Dengan laba bersih dan neraca keuangan yang baik, mereka masih melakukan inovasi untuk terus berkembang menjadi yang terbaik. PT Indofood Sukses Makmur Tbk menargetkan saham INDF bisa mencapai level harga Rp9.000. Sementara itu saham INDF sendiri pernah mencapai harga tertinggi di angka Rp8.050. Meskipun cenderung naik-turun, tapi potensi saham INDF naik tetap ada. 

Itulah beberapa hal penting dan fakta terkait saham Indofood di Indonesia. Sudah siap menjadi bagian pemegang saham ini? Yuk mulai investasi saham di Ajaib sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait