Bisnis & Kerja Sampingan

Saran Usaha Kecil yang Menjanjikan Saat New Normal

Beberapa saran usaha kecil berikut ini, bisa dijadikan peluang bisnis menjanjikan pada saat memasuki masa new normal di Indonesia.

Ajaib.co.id – Wabah pandemi Covid-19 telah membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah kondisi sosial ekonomi. Setelah berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Indonesia akan memasuki tahapan Kenormalan baru (new normal), dimana perlahan-lahan aktivitas masyarakan bisa kembali normal namun dengan mengadaptasi beberapa kebiasaan baru.

Tentunya, kabar ini mendapatkan respon yang cukup beragam. Namun banyak yang mengharapkan agar perekonomian dan dunia usaha bisa kembali menggeliat. Bagi kamu yang sempat menjadi korban PHK atau mengalami kemunduran usaha pada saat pandemi. Beberapa ide usaha kecil berikut ini, bisa dijadikan peluang bisnis pada saat memasuki new normal di Indonesia.

Bisnis Masker Modis

Masker sempat menjadi barang mahal dan langka pada saat wabah Covid-19 pertama kali dinyatakan resmi menyebar di Indonesia. Walaupun saat ini, persediaan masker sudah bukan barang langka lagi, bisnis masker modis merupakan ide bisnis yang bisa dijalankan. Baik sebagai produsen maupun penjual.

Pasalnya, dalam aturan bermasyarakat pada masa new normal, setiap orang yang keluar rumah harus menggunakan masker. Ini berarti, kebutuhan masker masih akan sangat tinggi.Bahkan, harga masker saat ini tergolong masih tinggi dibandingkan masa sebelum Corona. Masker pun kian beragam dan modis. Di sinilah setiap pebisnis masker bisa berkreasi agar produk maskernya terdiferensiasi dengan produk masker lainnya.

Usaha Hand Sanitizer dan Cairan Disinfektan

Sama halnya dengan masker, produk hand sanitizer dan cairan disinfektan banyak diburu di masa pandemi Corona ini. Memasuki masa new normal, kebiasaan baru menjaga kebersihan tangan dan pakaian dengan hand sanitizer serta cairan disinfektan masih akan dipertahankan. Saran usaha kecil pada masa memasuki kenormalan baru adalah dengan berbisnis hand sanitizer dan cairan disinfektan.

Di sosial media memang telah banyak beredar tentang cara praktis membuat hand sanitizer dan cairan disinfektan sendiri. Tapi, tidak semua orang mau repot-repot membuatnya. Kebanyakan orang, tetap lebih memilih untuk membeli hand sanitizer dan cairan disinfektan yang lebih praktis.

Oleh karena itu, berjualan produk hand sanitizer dan cairan disinfektan bisa menjadi saran usaha baru yang menjanjikan. Tentunya, kualitas dan kemasan produk harus dijaga sesuai standar. Jangan lupa untuk rajin melakukan promosi di media sosial agar bisnis kamu makin dikenal.

Peralatan Makan Portabel

Kebiasaan pada masa Kenormalan baru juga akan berubah, termasuk dalam hal konsumsi makanan. Dengan kondisi saat ini. Sangat disarankan setiap orang membawa peralatan makannya sendiri dan tidak menggunakan peralatan makan bersama, cocok untuk karyawan kantoran yang mulai bekerja di kantor.

Minimal setiap orang, membawa sendok, garpu atau sumpit sendiri. Selain itu, gelas atau botol minum juga sebaiknya menggunakan milik sendiri.

Hal ini bisa menjadi saran usaha kecil di masa new normal, yakni dengan menjalani bisnis peralatan makan portabel. Kamu bisa menjalani usaha peralatan makan yang sederhana dan mudah dibawa dari plastik atau besi. Produk seperti ini sebelumnya sudah banyak diproduksi.

Akan tetapi, kebutuhannya belum setinggi saat nanti Kenormalan baru mulai dijalankan. Pilihan corak dan warna bisa jadi daya tarik sendiri. Inovasi yang memungkinkan peralatan makan bisa dibongkar pasang hingga tidak membutuhkan banyak tempat juga bisa diterapkan.

Minuman Herbal atau Jamu

Selain pengobatan secara medis, pengobatan tradisional dengan menggunakan herbal juga masih banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Minuman herbal atau jamu, juga dapat menambah stamina dan meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kebiasaan minum jamu sudah berlangsung sejak dulu kala.

Memasuki era new normal, salah satu saran usaha kecil adalah berbisnis jamu atau dikenal dengan empon-empon juga terbilang menjanjikan. Peminat herbal juga semakin tinggi, menarik untuk anak muda hingga orang tua walaupun harga bahan-bahan herbal juga terus meningkat. Bisnis herbal atau jamu masuk ke dalam jenis bisnis yang memiliki modal kecil atau menengah. Kamu juga bisa memasarkan produk ini secara langsung maupun online.

Bukan saja dijajakan secara tradisional, saat ini bisnis jamu juga dapat dikemas secara modern. Bahkan, kafe jamu sudah bisa ditemukan di beberapa tempat. Pastikan selalu aspek kebersihan dan pengemasan yang baik sebelum produk ini dipasarkan. Produk herbal dapat dipasarkan dalam bentuk asli, sudah dikeringkan, berbentuk serbuk/bubuk, ramuan atau sudah tinggal diminum.

Makanan Organik

Kehadiran Corona di tengah masyarakat, telah membuat setiap orang semakin menyadari pentingnya menjaga kebersihan diri dan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan gizi dan memilih jenis makanan sehat, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Saran usaha bisnis selanjutnya di masa new normal adalah untuk berbisnis makanan organik.

Makanan organik adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan pangan bebas pestisida serta bahan-bahan sintetis seperti pengawet, pemanis atau perasa buatan. Beberapa bisnis yang berkaitan dengan makanan organik antara lain bisnis sayuran hidroponik, beras organik, ayam kampung dan telur organik atau berbisnis katering yang menyediakan makanan untuk diet sehat.

Jual Kuota Internet

Saran bisnis dengan modal terbatas di era kenormalan baru selanjutnya adalah bisnis kuota internet. Saat ini hampir semua kegiatan melibatkan internet. Khususnya pada masa PSBB. Mulai dari bekerja dan belajar dari rumah, silaturahmi bahkan perayaan dan pesta pernikahan online.

Pengguna internet juga semakin aktif secara online pada platform-platform online seperti Youtube, Instagram dan TikTok.

Memasuki era kenormalan baru, sepertinya masih banyak aktivitas yang lebih diprioritaskan untuk dilakukan secara online. Oleh karena itu, kebutuhan akan kuota data internet juga pasti tetap tinggi. Bisnis ini bisa dijalankan dengan membutuhkan modal beberapa ratus ribu saja untuk deposit. Menariknya, usaha sampingan ini bisa dijalankan oleh siapapun, termasuk ibu rumah tangga.

Itulah beberapa saran usaha kecil pada saat memasuki kenormalan baru. Selain melakukan bisnis kecil, kamu juga bisa mulai belajar berinvestasi. Keputusan pemerintah untuk memberlakukan kenormalan baru secara bertahap, sempat direspon pasar dengan baik.

Hal ini dapat terlihat dengan kondisi rupiah yang terus menguat. Investor luar negeri juga mulai berbondong-bondong kembali memborong saham.

Maka tidak ada salahnya mulai coba melirik harga saham unggulan yang masih rendah saat ini. Kondisi perekonomian yang membaik akan membuat harga saham menguat juga. Siapa tahu dengan bersabar, investasi yang kamu lakukan sekarang bisa berbuah manis di masa yang akan datang.

Investasi saham kini bukan hal yang tidak mungkin dilakukan anak muda. Salah satu platform investasi saham yang bisa kamu manfaatkan adalah Ajaib. Ajaib membuat kamu bisa melakukan investasi saham dengan biaya yang lebih rendah hingga 50%. Selain itu, tentunya Ajaib aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Artikel Terkait