Bisnis & Kerja Sampingan

Membedah Apa Itu Red Ocean Strategy Biar Gak Jiper Lawan Kompetitor

red-ocean-strategy

Berbicara soal bisnis bukan hanya modal saja yang diutamakan, melainkan ada hal yang jauh lebih penting yakni akses pasar. Inilah alasan mengapa kamu sebagai pemilik bisnis wajib memelajari berbagai strategi bisnis yang ada, salah satunya adalah red ocean strategy yang bisa kamu gunakan saat memasarkan produk ke pasar.

Dalam dunia bisnis, strategi bisnis dibagi menjadi beberapa jenis yakni red ocean strategy, blue ocean strategy, white ocean strategy dan green ocean strategy. Keempat jenis strategi bisnis ini memiliki karakteristiknya masing-masing yang bisa kita analisa dari kondisi pasar.

Pada artikel ini redaksi Ajaib tidak akan membahas semua strategi bisnis yang ada saat ini. Melainkan, hanya akan membedah satu strategi bisnis yakni red ocean strategy yang dikenal punya tingkat persaingan bisnis yang sangat ketat.

Berikut adalah penjelasan apa itu red ocean strategy, kelebihan dan kekurangannya, dan contoh red ocean strategy yang bisa diimplementasikan pada suatu bisnis.

Apa Itu Red Ocean Strategy?

Red ocean strategy adalah sebuah istilah dalam dunia bisnis yang terdiri dari tiga kata yang berasal dari bahasa Inggris. Masing-masing kata memiliki makna sebagai berikut:

Red

Dalam bahasa Inggris, red adalah merah yang memiliki arti tingkat persaingan yang sangat ketat sehingga ditandai dengan warna merah.

Ocean

Sementara ocean bisa diartikan sebagai samudera atau lautan yang luas. Perumpamaan ini bisa diartikan sebagai suatu pasar yang sangat besar seperti halnya samudera yang memiliki lautan yang sangat luas.

Strategy

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, strategy memiliki arti strategi atau teknik bisnis yang digunakan untuk bisa bersaing dan masuk ke pasar.

Berdasarkan tiga makna kata di atas, kita dapat mengartikan bahwa red ocean strategy adalah sebuah strategi atau teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengakses pasar yang memiliki karakteristik banyak kompetitor dan juga banyak calon pelanggan.

Tantangan bisnis untuk pasar yang memiliki tingkat persaingan yang ketat adalah bagaimana cara kita bisa terlihat berbeda dengan kompetitor lain guna menarik calon pelanggan potensial.

Melakukan pemasaran produk di pasar yang punya banyak kompetitor tentu tidaklah mudah. Oleh karenanya, setiap pemilik bisnis perlu memutar otak sangat keras untuk menemukan strategi dan cara pemasaran terbaik agar dapat memaksimalkan peluang cuan dari banyaknya pelanggan potensial di pasar.

Apa Bedanya Red Ocean dan Blue Ocean?

Perbedaan utama dari red ocean dan blue ocean adalah kondisi pasar. Red ocean adalah sebuah pasar yang memiliki banyak kompetitor dan banyak pelanggan, sedangkan blue ocean adalah pasar yang belum banyak pesaing bahkan dapat dikategorikan tanpa pesaing karena merupakan pasar yang baru.

Jadi, jika kita analisa red ocean menawarkan produk-produk yang sudah eksis atau dikenal oleh banyak orang. Sementara blue ocean menawarkan produk-produk baru yang masih belum banyak dikenal oleh banyak orang.

Kerangka Red Ocean Strategy yang Perlu Diketahui

Pemahaman yang dalam tentang red ocean strategy adalah kunci sukses bagi kamu yang ingin menjalankan strategi bisnis ini. Perlu kamu ingat bahwa red ocean strategy adalah strategi bisnis yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Red ocean strategy adalah semua hal tentang kompetisi, di mana di pasar red ocean semua perusahaan akan saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan di saat permintaan produk terbatas sekalipun.
  • Red ocean mempresentasikan seluruh industri yang ada saat ini.

Dengan demikian, perusahaan harus mencoba mengungguli pesaing lain untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar dari permintaan yang ada. Karena di saat pasar semakin penuh sesak gegara banyaknya kompetitor, prospek dan keuntungan bisnis kamu akan berkurang.

Dalam hal ini, produk akan menjadi komoditas yang banyak dicari orang dan menciptakan pasar yang berdarah-darah. Oleh karenanya, kondisi pasar seperti ini disebut red ocean yang punya framework utama sebagai berikut:

Langkah-Langkah Red Ocean Strategy

1. Existing

Bersaing di suatu pasar yang sudah eksis dan mencari tahu apa yang menjadi minat di pasar.

2. Beat

Perusahaan harus mengalahkan dan mengungguli kompetitor lain untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar dari permintaan yang ada.

3. Make

Buatlah produk yang dapat memberikan solusi kepada pelanggan. Sehingga, bisnis bukan menjual sebuah produk kepada calon pelanggan melainkan menjual solusi untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh calon pelanggan.

4. Align the System

Lakukan analisa dari teknik pemasaran yang dilakukan untuk menemukan pilihan strategi bisnis terbaik yang menawarkan biaya yang rendah.

Apa Kelebihan dari Red Ocean Strategy?

Penerapan red ocean strategy memberikan sejumlah keuntungan bisnis antara lain:

  • Rendah risiko.
  • Pasar mudah untuk dianalisa karena sudah eksis.
  • Bisa dijalankan dengan sumber terbatas.

Apa Kekurangan dari Red Ocean Strategy?

  • Sulit mengungguli kompetitor yang sudah eksis.
  • Perusahaan harus menghadapi tingkat persaingan yang ketat.

Contoh Red Ocean Strategy

Kita bisa belajar bagaimana cara mengimplementasikan red ocean strategy yang efektif dengan melihat contoh-contoh perusahaan di bawah ini:

1. Samsung

Dalam persaingan bisnis ponsel pintar, Samsung adalah market leader untuk penjualan ponsel pintar berbasis Android di dunia. Namun tidak dengan produk elektronik lainnya seperti TV.

Pada produk TV, Samsung bisa dikatakan adalah pemain baru. Untuk bisa bersaing dengan Panasonic, LG, dan Sony, Samsung menawarkan solusi dari permasalahan yang dialami oleh pengguna TV di luar sana lewat beberapa fitur seperti 4K UHD dan desain flat.

Bahkan, fitur-fitur canggih yang ada di Samsung TV juga terjangkau dari segi harga sehingga bisa bersaing dengan kompetitor TV lain yang sudah eksis terlebih dahulu.

2. Burger King

Soal rasa burger mungkin Burger King adalah juaranya dibanding KFC, A&W, dan fast food lainnya. Burger King kini menjadi salah satu restoran cepat saji dengan ritel terbanyak di dunia.

Rahasia keberhasilan Burger King bisa bersaing dengan KFC dkk adalah penerapan red ocean strategy yang tepat. Di mana, Burger King menawarkan hal yang berbeda dibanding kompetitor lain dengan menawarkan burger yang menjadi menu andalan di restoran cepat saji ini.

Demikianlah pengertian apa itu red ocean strategy dan bedanya dengan blue ocean strategy. Walaupun berada di pasar dengan persaingan ketat sekalipun, kamu masih bisa menemukan strategi bisnis terbaik untuk membuat bisnismu terlihat berbeda dengan kompetitor lain, yakni memaksimalkan red ocean strategy yang tepat seperti yang diterapkan oleh perusahaan Samsung dan Burger King.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait