Asuransi & BPJS

Rahasia Asuransi Avrist Sukses Naik Laba 199%

Ajaib.co.id – Gugur 1 tumbuh 1.000, perusahaan asuransi terus menyemarakkan industri keuangan Indonesia dengan rangkaian produk terbaik mereka. Meski diwarnai rentetan kasus gagal bayar di tahun-tahun terakhir, tak sedikit asuransi yang justru punya rekam jejak mengagumkan.

Asuransi Avrist adalah salah satunya. Sedikit lebih muda dari brand asuransi legend Indonesia lainnya, Avrist lahir di zamannya Gen X tahun 70-an. Apakah hal itulah yang mempengaruhi gaya kinerjanya?

Jika kamu sedang mencari produk asuransi yang handal di tengah kondisi penuh tantangan saat ini, ikuti terus artikel Ajaib ini, agar kamu tahu, apakah Asuransi Avrist adalah jawabannya.

Asuransi Avrist Target Masuk 15 Besar Asuransi Jiwa

Seperti dilansir oleh swa.co.id pada April 2020 lalu, peringkat Avrist Assurance dalam Annual Premiun Equivalent (APE) meningkat dari posisi 25 ke 21 secara industri. Annualized Premium Equivalent (APE) Avrist Assurance pada 2019 mencapai Rp752 miliar, yang berarti meningkat 107% dari APE di 2018 yang senilai Rp363 miliar.

Bayangkan tingkat kepuasan pemegang polis terhadap perusahaan asuransi ini. Jalur distribusi keagenan (agency) sebesar 23%, Bancassurance 30% dan Employee Benefits Division (EBD) sebesar 36% adalah komponen-komponen yang berkontribusi pada pertumbuhan ini.

Jika ditelusuri lagi prestasinya ke 1 tahun sebelumnya, berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) tentang indikator penjualan APE 2019, Employee Benefit Division (EBD) Avrist Assurance menempati posisi ke-6 di industri asuransi Indonesia dengan nilai Rp270 miliar. Artinya mengalami peningkatan 79% year-on-year dari nilai Rp151 miliar pada 2018.

Berdasarkan pencapaian tersebutlah, maka Avrist Assurance percaya diri menargetkan diri menjadi 15 perusahaan suransi terbaik di Indonesia pada 2021 mendatang, dengan berfokus pada perluasan kemitraan jalur distribusi EBD yang ekspert menangani asuransi kumpulan.

Avrist menyadari betapa pentingnya arti karyawan bagi perusahaan, sehingga perlindungan bagi mereka pun menjadi prioritas. Peluang bisnis itu mendorong inovasi Program EBD Avrist Assurance, yang keunggulannya adalah fleksibel di-customize dengan kebutuhan tiap perusahaan.

Head of Employee Benefit Division PT Avrist Assurance – J. Alvin Panjaitan memaparkan bahwa ada 5 kategori produk pada jalur distribusi EBD, yaitu:

1.  Asuransi kesehatan kelompok (Group Health Service)

Kategori ini meliputi rawat jalan, rawat inap dan pembedahan, perawatan kehamilan dan persalinan, perawatan gigi, hingga kacamata, yang dapat diberikan untuk karyawan maupun keluarganya yang meliputi suami atau isteri dan anak, sesuai kebutuhan tiap perusahaan.

2.  Asuransi Jiwa (Group Term Life)

Kategori ini mencakup pertanggungan jiwa jika peserta yang terdaftar meninggal dunia karena sakit, maupun kecelakaan. Program ini diberikan kepada karyawan sebagai aset utama perusahaan, disertai jaminan perlindungan bagi ahli warisnya.

3.  Asuransi kecelakaan (Personal Accident)

Kategori ini mencakup pertanggungan yang disebabkan karena kecelakaan dan cidera, yang diberikan kepada karyawan untuk melindungi dirinya dari risiko cidera maupun kecelakaan.

4.  Asuransi cacat total tetap (Total Permanent Disability)

Kategori ini mencakup pertanggungan jika karyawan mengalami cacat total tetap, yang berakibat ketidakmampuan melakukan pekerjaan atau keahlian, atau memegang suatu jabatan untuk memperoleh penghasilan, gaji, upah atau kompensasi.

5.  Asuransi penyakit kritis (Critical Illness)

Kategori ini mencakup 36 penyakit kritis yang dideteksi pertama kali atau terdeteksi di awal.

Semua kategori asuransi di atas memberikan perlindungan 24 jam, saat bekerja maupun di luar jam kerja.

900 rumah sakit rekanan Avrist Assurance di seluruh Indonesia, begitu juga di Sime Darby Medical Hospital, Malaysia dan SMG International Partners di Singapura menjadi tempat di mana manfaat perlindungan tersebut bisa diperoleh, baik dengan sistem pembayaran tunai maupun cashless.

Perawatan di rumah sakit luar negeri selain dari kedua rumah sakit tersebut di atas, bisa dilakukan melalui sitem reimbursement.

Sejarah Asuransi Avrist

Dikutip dari avrist.com, PT Avrist Assurance (Avrist) adalah perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia yang berafiliasi dengan perusahaan asing, yang telah berdiri sejak tahun 1975.

Sejak saat itu Avrist Assurance terus berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, yang mampu bersaing di industri asuransi jiwa Indonesia, melalui cara mengembangkan beberapa kanal distribusi, terdiri dari:

1.  (Asuransi Jiwa) Avrist Life Insurance dengan deretan produk:

Avrist Investment Link

Avrist Investment Plus (AIP)

Avrist Link Prioritas 

Avrist Prime 88

Avrist Prime Protection

Avrist PrimeGen

Avrist term 10

Avrist Total Care

Avrist Xtra

2.  (Asuransi kecelakaan) Avrist Kecelakaan Diri

3.  (Kesehatan)

Avrist Basic Guard.

Avrist Critical Guard.

Avrist Income Guard.

Avrist Prime Hospital & Surgery.

4.  (Asuransi berbasis syariah).

Avrist Asya Link Syariah.

Avrist I-Link Syariah.

Avrist Investment Link Syariah.

5.  Asuransi jiwa kredit.

6.  Asuransi pensiun perorangan maupun korporasi.

Dukungan 3000 agen bersertifikasi dan ≥ 500 karyawan yang tersebar di 36 kantor pemasaran Avrist tak dapat dilepaskan dari pesatnya perkembangan bisnis Avrist. Meiji Yasuda Life yang merupakan salah satu pemimpin industri asuransi jiwa di Jepang dengan pengalaman ≥ 130 tahun menjadi pihak yang diajak Insurance Company Avrist untuk menjalin kemitraan pada 2010.

Seiring laju perkembangannya, kini Avrist telah memiliki 3 anak perusahaan yaitu: Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Avrist, PT Avrist General Insurance, dan PT Avrist Asset Management.

Asuransi Avrist Siap Gaet Milenial

Hingga kuartal III-2019, PT Avrist Assurance melaporkan pendapatan premi perusahaan meroket 199% dibandingkan posisi 1tahun sebelumnya. Dan jika ditelusuri lebih ke belakang lagi, dari Rp915 miliar pada kuartal III-2018, pendapatan premi konvensional tumbuh menjadi Rp2,7 triliun di akhir September 2019.

Seperti dilansir dream.co.id pada 28 Januari 2020 lalu, dinilai dari sisi premi tahunan ekuivalen (Annual Premium Equivalent/APE), kinerja signifikan tersebut membuat Asuransi Avrist semakin nyata membuktikan kondisi keuangan dan permodalan yang sangat baik dan kuat.

Strategi marketing perusahaan di 2019 untuk menyediakan 1 polis asuransi tradisional bagi setiap rumah tangga di Indonesia dan meningkatkan riders, terbukti berhasil memacu kinerja perusahaan.

Avrist juga telah mencanangkan sederet program untuk merealisasikan target menjadi 15 asuransi terbesar di Indonesia di 2021. Program apa sajakah itu?

Generasi Milenial akan menjadi fokus rekrutmen Avrist Assurance guna memperluas jangkauan kalangan muda, disertai peningkatan kualitas dan kuantitas agen asuransi aktif.

Setelah sukses merekrut ≥ 1500 agen muda yang berkontribusi besar terhadap penjualan produk asuransinya, di tahun ini Avrist meluncurkan Saving Legacy dan Term 5, yang merupakan 2 produk andalan utamanya. Semoga kiat sukses ini tetap tegar menghadapi badai ekonomi pandemi ya.

Bagaimana? Apakah Asuransi Avrist rasanya bisa menjadi jawaban tepat bagi pencaharianmu akan asuransi handal?

Selain asuransi, kembangkan juga portofolio investasimu dengan memilih platform investasi yang efisien, efektif serta berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Artikel Terkait