Pentingnya Memiliki Tabungan Bagi Generasi Milenial

Ajaib: Pentingnya Memiliki Tabungan Bagi Generasi Milenial

Rupanya lahir di zaman yang serba canggih membuat sulit memiliki tabungan bagi generasi milenial. Hasil survey menunjukkan makin banyak generasi milenial yang sama sekali tidak memiliki tabungan, padahal sangat penting untuk kehidupan yang akan datang.

Sulitnya generasi yang lahir dari tahun 90-an untuk menabung ini,tak lepas dari kebiasaan atau sikap konsumtif mereka. Alasan gaya hidup jadi masalah utama generasi milenial sulit mengatur keuangannya. Kalau tidak nongkrong di cafe dianggap tidak gaul, belum lagi mereka seringkali berlebihan dalam belanja barang-barang yang branded.

Tidak hanya itu, mereka lebih senang menghabiskan uang untuk jalan-jalan ketimbang harus menabung. Bahkan tak sedikit dari para generasi ini yang sampai berhutang demi eksis di media sosial. Jadi tak heran jika menabung seolah jadi hal yang tabu di kalangan generasi milenial.

Padahal kebutuhan dalam jangka waktu 5-10 tahun yang akan datang semakin banyak, seperti pernikahan, membeli rumah, dan lain sebagainya. Maka dari itu tabungan sangat penting untuk mempersiapkan masa depan dan juga di masa pensiun nanti. beberapa cara bisa dilakukan agar memiliki tabungan, seperti tip sederhana ini:

  • Sempatkan menyisihkan minimal 30% dari penghasilan atau uang saku ke dalam tabungan. Bentuknya bisa bermacam-macam seperti reksadana, saham maupun tabungan.
  • Pengeluaran dihemat setidaknya 30% untuk makan, belanja, hangout, dan kebutuhan transportasi.
  • Daripada dihabiskan untuk jajan, tidak ada salahnya mencoba beramal minimal 2%. Tidak ada salahnya kok, kalau berbagi kepada yang membutuhkan.
  • Lalu sisanya bisa disisihkan untuk dana darurat.

Cara di atas bisa diterapkan generasi milenial agar bisa memiliki tabungan untuk masa tuanya nanti. Dengan memiliki tabungan masa depan, tentu tidak akan terganggu dari masalah finansial di kemudian hari. Selain itu masih ada lagi tip mengelola keuangan yang baik buat milenial yang baru mau memulai menabung, yaitu:

Menabung Emas

Salah satu alternatif mudah bagi kamu para milenial yang mau menabung. Jika ada uang lebih, tidak ada salahnya untuk dibelikan emas, bisa dengan tunai ataupun dicicil. Namun, dalam menabung emas, pastikan memilih institus yang namanya sudah dikenal sehingga bisa dipercaya.

Peer to Peer Lending

Buat milenial yang mengikuti perkembangan fintech pasti kenal dengan istilah Peer-to-Peer (P2P) lending. Mekanisme ini merupakan jenis investasi yang dianggap nyaman bagi generasi milenial. Para investor bisa berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu dan resikonya terbilang masih bisa diatasi para investor pemula. Lalu soal keuntungan, diketahui investor bisa mendapatkan bunga per tahunnya mulai dari 18%. Apalagi investasi yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah lewat smartphone kapan saja dan dimanapun.

Cari Pemasukan Tambahan

Daripada menghabiskan uang untuk gaya hidup, kenapa tidak mencari pemasukan tambahan dan nanti hasilnya bisa kamu pakai untuk membuka tabungan. Banyak cara untuk mencari pemasukan tambahan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial sebagai platform bisnis.

Banyak cara dan bentuknya dalam menabung, namun yang terpenting adalah menghilangkan gengsi. Menabung tidaklah sulit asal dilakukan dengan sabar jika tidak ingin menyesal di kemudian hari. Jadilah generasi milenial yang sukses, tidak hanya dalam karir tapi juga dalam finansial. Dengan memiliki tabungan, kamu bisa meraih tujuan-tujuan yang diinginkan dan memasuki masa pensiun tanpa masalah. Ingat, hidup boros hanya akan mempersulit keuangan kamu. Jadi bijaklah dalam mengelola keuangan dan mulailah menabung.

Share to :
Tags: , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Terkait