Pengertian Likuiditas dalam Dunia Finansial

pengertian likuiditas

Pengertian Likuiditas adalah salah satu kata yang dekat dengan dunia finansial, dan juga investasi. Memahami apa itu likuiditas secara garis besar bisa membantu kamu untuk lebih memahami dinamika dunia finansial dan menghadapinya, juga meningkatkan nilai kamu di mata investor lain.

Nah, jika kamu masuk kategori terakhir, maka kamu bisa mulai bisa menggali lebih dalam pengertian likuiditas.

Pengertian Likuiditas

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Salah satu yang dimaksud dengan jangka pendek adalah kemampuan untuk memenuhi kemungkinan ditariknya deposito/simpanan oleh nasabah atau penitip.

Likuiditas penting untuk sebuah bank karena akan menentukan reputasi bank tersebut di mana calon nabasah atau nasabah setia. Pengertian lainnya dari likuiditas, adalah kemampuan seseorang untuk memenuhi atau melunasi utang dengan harta lancarnya, seperti pendapatan bulanan, dll.

Rasio dalam Likuiditas

Likuiditas ditentukan oleh rasio, yang dikenal juga dengan nama rasio aktiva. Cara perhitungannya pun relatif sederhana, yaitu aktiva lancar atau sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat di kemudian hari dibagi kewajiban lancar. Rasio likuiditas sendiri dibagi menjadi dua, yaitu:

Current Ratio

Merupakan perbandingan antara total aktiva lancar dengan kewajiban lancar yang bisa disebut juga dengan current assets dan current liabilities. Kategori current assets adalah pos-pos yang berumur satu tahun atau lebih sementara current liabilities merupakan kewajiban pembayaran dalam satu tahun.

Quick Ratio

Tipe yang kedua adalah quick ratio. Kategori ini sendiri mengacu kepada perbandingan antara aktiva lancar dikurangi persediaan dengan kewajiban lancar. Persediaan sendiri mengacu kepada alat-alat kanto, bahan baku, persediaan barang dan persediaan barang jadi. Sebuah perusahaan yang memiliki quick ratio kurang dari 1:1 atau 100% dianggap kurang baik tingkat likuiditasnya.

Sumber Likuiditas

Setiap aktiva lancar atau alat yang likuid beragam, namun dalam dunia perbankan. Aktiva lancar terdiri dari beberapa hal, yaitu:

  • Kas atau uang tunai
  • saldo dana milik bank tersebut yang terdaftar di Bank Sentral
  • Tagihan atau deposito pada bank lain
  • Cek yang diterima

Dunia finansial dan investasi tentunya akan terus bergerak maju, terutama karena disokong oleh teknologi yang terus berkembang. Namun layaknya disiplin ilmu lainnya, dunia finansial masih memiliki pedoman yang terus dijaga, salah satunya adalah likuiditas.

Memahami likuiditas tentunya adalah langkah kecil namun signifikan yang bisa kamu ambil, selain tentunya memperkaya pengetahuan tentang dunia finansial, terutama jika kamu ingin memulai berinvestasi dalam bentuk apapun.

Nah, untuk terus menambah pengetahuan kamu yang bisa mengubah posisi kamu di dunia investasi, jika kamu sering terlibat dan berinteraksi dengan investor, adalah dengan menggali informasi di manapun dan dari siapapun. Tentunya, kamu bisa memulainya dengan membaca artikel di Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait