Saham

Pengertian Bursa Efek, Satu Tujuan Meraih Kemakmuran

Ajaib.co.id – Seringkah kamu wara-wiri ke IDX? IDX itu adalah Indonesia Stock Exchange, yang sama dengan pengertian Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jika ya, berarti kamu adalah salah satu investor saham milenial yang aktif, atau malah trader saham, atau broker saham, yang pasti sudah hafal luar kepala tentang aktivitas trading beserta ketentuan dan peraturan transaksi di pasar bursa. Tentunya pasti sudah paham betul tentang pengertian bursa efek itu sendiri.

Bursa efek lebih sering tampil di televisi atau scene film layar lebar dengan kegaduhan, ketegangan dan keseruan kerumunan para trader melakukan jual-beli di pasar saham. Melengkapi gambaran itu, pasti ditampilkan pula gaya hidup para pelaku pasar yang super ekstravaganza berkat kesuksesan finansial mereka yang mencengangkan.

Tapi hal-hal stereotype itu ternyata cuma merupakan sebagian kecil saja dari serba-serbi seputar dunia bursa. Bursa efek bisa dibilang merupakan sebuah landmark atau vocal point perdagangan modal, yang beroperasi menuruti seperangkat aturan main universal yang wajib dipatuhi semua anggota resminya, guna menghasilkan keuntungan yang optimal bagi semua pihak.

Pengertian baku dari bursa efek adalah kelompok yang mengatur dan menyiapkan sistem atau infrastruktur untuk mempertemukan penawaran dan permintaan saham/efek dari pihak lain, yang tujuan utamanya adalah saling memperdagangkan saham/efek di antara mereka. Bursa menjadi sumber utama modal eksternal bagi perusahaan penerbitnya (emiten) serta pemerintah.

Pengertian awam lainnya tentang bursa efek di antaranya:

· Bursa/pasar yang berkaitan dengan aktivitas jual-beli saham perusahaan yang telah resmi terdaftar di situ.

· Suatu pasar dimana para trader melakukan transaksi jual beli saham dan surat berharga sesuai ketetapan peraturan di situ.

· Meeting point antara pencari modal dan investor pendana.

Sementara pengertian bursa efek menurut para ahli adalah:

Perusahaan yang layanan utamanya melakukan kegiatan perdagangan sekuritas di pasar sekunder. (Husnan,1998).

Bursa Efek adalah tempat di mana broker dan dealer bertemu untuk membeli dan menjual sekuritas (saham dan obligasi). (Marzuki Usman, 1994:10)

Fungsi dan Tugas Bursa Efek

E. Tandelilin (1991:81) mendeskripsikan fungsi bursa efek sebagai:

·   Bursa yang berupaya menciptakan pasar secara terus menerus bagi efek yang telah ditawarkan kepada masyarakat.

·   Melalui mekanisme pasar, menciptakan harga yang wajar bagi efek yang terdaftar resmi.

·   Mendukung pembelanjaan dunia usaha para anggota bursa.

Tjiptono Darmadji (2001: 95) mendeskripsikan fungsi bursa efek sebagai:

· Fasilitator perdagangan efek Mendorong aliran dana cepat pada efek yang dijual demi likuiditas instrumen.

· Mempublikasikan informasi bursa ke semua lapisan masyarakat.

· Menyosialisasikan pasar modal demi menarik calon investor dan perusahaan go public.

· Menciptakan inovasi instrumen dan layanan.

Sebagai Self Regulatory Organization (SRO), bursa efek memiliki tugas:

· Menyusun dan menetapkan peraturan tentang kegiatan bursa.

· Menerapkan fungsi pengawasan untuk mencegah praktek transaksi ilegal.

· Peraturan bursa efek berkekuatan hukum mengikat bagi pelaku pasar modal.

Investor perorangan maupun perusahaan harus mendaftar terlebih dulu menjadi anggota bursa, agar bisa melakukan perdagangan efek/saham. Ada tiga jenis kategori utama keanggotaan, yaitu:

1. Melaksanakan transaksi untuk klien

· Comission broker (pialang komisi): kontribusi 52%, tugasnya melakukan transaksi jual beli saham dan obligasi sesuai permintaan klien pemilik modal.

· Bond broker (pialang obligasi): kontribusi 2%, tugasnya hanya melakukan transaksi obligasi untuk klien pemilik modal.     

2. Melaksanakan transaksi untuk anggota lain

· Independent broker (pialang independen): kontribusi 10%, tugasnya mengerjakan pesanan untuk broker lain yang tidak dapat bekerja karena aktivitas pasar terlampau tinggi.

· Specialist (spesialis): kontribusi 29%, tugasnya menemukan cara survive di pasar, sehingga dapat terus berlanjut dan melakukan transaksi ganjil-banyak.

3. Bertransaksi untuk investasi pribadi

· Registered trader (pedagang terdaftar): kontribusi 4%, jual-beli saham dan obligasi untuk mengembangkan portfolio investasi pribadi mereka sendiri, sambil tetap wajib mematuhi peraturan untuk melindungi masyarakat.

Di lantai perdagangan, semua transaksi dilakukan berdasarkan proses lelang, agar bisa mengisi semua pesanan pembelian dengan harga termurah, serta untuk mengisi semua pesanan penjualan dengan harga termahal, sehingga pembeli ataupun penjual bisa mendapatkan keuntungan optimal.

Produk-Produk Bursa Efek

1. Sekuritas diterbitkan oleh perusahaan dalam bentuk perseroan terbatas atau disebut juga dengan emiten.

2. Obligasi – merupakan surat utang jangka menengah dan panjang yang dapat ditransfer. Komitmen dari pihak pemberi kompensasi yang tertuang dalam bentuk bunga untuk jangka waktu tertentu, dan melunasi utang pokok pada waktu tertentu kepada pembeli obligasi, merupakan rincian isi surat utang ini.

3Surat berharga lain – Beberapa jenis sekuritas lain selain saham dan obligasi yang digunakan sebagai media utang dan juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, adalah option, warrant, dan right.

Nah, gimana? Apakah kamu sekarang sudah lebih menjiwai pengertian bursa? Semoga ya. Semakin kamu meresapi betapa serunya lalu-lintas perdagangan modal di bursa, pasti akan semakin meningkat pula passion kamu untuk menekuni jenis investasi ini.

Sambil terus meningkatkan literasi keuangan kamu, khususnya yang berkaitan dengan investasi, mulai saja dulu dengan membeli saham dengan modal terkecil.

Tapi, selanjutnya jangan lupa untuk terus meminimalkan risikonya dengan jenis instrumen investasi berisiko moderat seperti reksa dana Ajaib, yang dengan aplikasi mudah, menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait