Investasi

Ini 4 Investasi Terbaik untuk Milenial, Mana Pilihan Kamu?

investasi terbaik untuk milenial

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang bertanya-tanya perkara investasi terbaik untuk milenial, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, redaksi Ajaib akan membagikan empat investasi terbaik untuk milenial. Disimak ya!

Saat ini, ada banyak generasi milenial yang sudah memiliki penghasilan sendiri baik dari gaji sebagai karyawan maupun dari usaha sampingan. Maka dari itu tidak heran banyak dari milenial yang kini bisa sukses walaupun masih di usia muda.

Tidak hanya itu, walaupun milenial memiliki keuntungan yang berlimpah, disisi lain mereka tidak lantas dengan mudahnya menghambur-hamburkan uang yang mereka peroleh. Beberapa uang mereka gunakan untuk, tapi ada juga yang dipakai untuk modal dan investasi.

Yang menarik adalah, semakin lama semakin banyak generasi milenial yang mulai melakukan investasi dalam bentuk apapun. Mereka melihat ada peluang yang menunjukkan bahwa investasi terbaik untuk milenial akan membawa keuntungan yang berlipat-lipat di masa yang akan datang.

Adapun jenis investasi di Indonesia sendiri ada beragam jenis. Ini tentunya akan memberikan keuntungan di masa depan yang nantinya bisa digunakan untuk hari tua atau keperluan lainnya. Bagi kamu yang masih bingung atau belum mengetahui jenis investasi yang paling baik untuk para generasi milenial, ada beberapa jenis investasi yang bisa kamu lakukan, antara lain :

Investasi Emas

Investasi emas adalah salah satu investasi yang paling banyak diminati oleh semua orang terutama kalangan milenial. Hal ini mengingat emas merupakan sebuah bentuk investasi dengan nilai cenderung stabil dimasa depan dan naik setiap tahunnya.

Investasi emas juga memiliki ada dua macam jenis, ada investasi emas perhiasan dan juga ada investasi emas murni. Adapun yang paling banyak diminati biasanya adalah emas murni yang memiliki jenis dan berat bervariasi dari mulai 1 gram hingga 100 gram.

Apabila kamu tertarik berinvestasi emas, maka kamu bisa langsung membelinya ke kantor antam ataupun lewat agen investasi emas yang kamu percaya. Adapun salah satu penyedia investasi untuk menabung emas adalah pegadaian tabungan emas.

Sementara itu, ada banyak bank-bank di Indonesia yang sudah menyediakan layanan investasi emas dengan cara dicicil ataupun dibayar langsung. Emas juga memiliki banyak keunggulan jika dilihat dari investasinya, seperti likuid atau mudah dicairkan, bebas dari pajak, investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Investasi emas juga memiliki kekurangan antara lain, risiko kehilangan yang cukup tinggi dan

Harga yang cenderung melambat ketika ekonomi stabil

Investasi Properti

Investasi yang merupakan salah satu investasi terbaik untuk milenial adalah investasi properti. investasi properti ini dikatakan sebagai investasi yang terbaik karena investasi ini berhubungan dengan kebutuhan utama setiap orang yaitu kebutuhan papan.

Setiap orang memerlukan rumah untuk tempat berteduh, sebidang tanah untuk dijual atau dibangun kembali bahkan dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan pokok yang menguntungkan. Ini juga sama halnya dengan emas yang mana dengan investasi properti yang kian bertumbuh setiap tahunnya, sangat wajar apabila ada banyak orang yang beralih ke investasi properti.

Apabila kamu tertarik untuk berinvestasi properti, maka ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dari melakukan investasi properti, seperti potensi dalam menghasilakan keuntungan yang besar apalagi jika untuk digunakan dalam waktu jangka panjang. Keuntungan dalam investasu properti juga bisa mencapai dua atau sepuluh kali lipat lebih besar dibandingkan saat kamu membeli.

Risiko kerugian akibat investasi properti juga terbilang kecil. Pasalnya karena pergerakan investasi ini cukup stabil dibanding emas. Selain itu, properti perlu dilakukan mantaince supaya nilainya terus bergerak naik.

Investasi Saham

investasi yang menguntungkan lainnya adalah invvestasi saham dimana milenial umumnya sangat senang berinvestasi saham karena mudah dilakukan dan imbal hasil yang lumayan tinggi. investasi saham juga saat ini tidak seperti dulu yang cukup sulit dengan nominal kecil.

Kini ada banyak perusahaan fintech yang memberikan kemudahan jika kamu ingin melakukan investasi saham , bahkan dengan biaya yang kecil atau start Rp100.000. Meski tidak semua milenial mengenal investasi ini, namun perkembangan digital membuat investasi ini bertumbuh.

Adapun beberapa kelebihan dari investasi saham adalah imbal hasil yang cenderung tinggi atau berada diatas inflasi. Namun dalam melakukan incestasi saham, kamu harus mengetahui track record manager investasi kamu, karena pada banyak kasus ada beberapa investasi yang pada akhirnya hilang karena manager investasi yang tidak terampil atau berbagai hal yang tidak memprioritaskan kebutuhan investor.

Keuntungan lainnya dengan memiliki investasi saham maka kamu berkesempatan memperoleh bonus atau dividen dalam jangka waktu tertentu. investasi saham juga memiliki kekurangan, diantaranya risiko kehilangan jika perusahaan investasi kamu trck recordnya tidak bagus, harga saham fluktuatif sehingga kemungkinan anjlok atau harganya turun terbuka lebar.

Investasi Reksa Dana

Ada juga jenis investasi terbaik untuk para milenial seperti misalkan investasi reksa dana yang mana investasi jenis ini saat ini sudah mulai dilirik oleh para generasi milenial karena keberadaannya yang sudah bisa diakses melalaui sosial media dan market place.

Reksa dana juga memiliki pengertian sebuah wadah yang bisa digunakan oleh masyarakat dalam melakukan investasi di pasar keuangan. Hal ini pasti saja akan sangat bersifat resmi dan legal lantaran tercantum dalam undang-undang pasar modal nomor 8 tahun 1995.

Ada banyak orang yang beralih ke reksa dana saat ini terutama dari orang-orang dari kalangan generasi milenial, dimana investasi yang ditanam bisa disalurkan kedalam beberapa instrument. Ini membuat kamu tidak hanya berinvestasi pada satu perusahaan namun bisa dalam beberapa perusahaan lain.

Itulah beberapa investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh milenial, jika kamu ingin mengetahui jenis investasi terbaik lainnya, kamu bisa mengakses situs Ajaib. Selamat mencoba!

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait