7 Franchise Murah Ini Cocok Jadi Usaha Sampingan Kamu

Franchise Murah

Ajaib.co.id. Memulai usaha memang sesuatu yang sulit dan menyeramkan bagi sebagian orang. Namun kini ada cara cepat yang tersedia bagi orang yang ingin berbisnis dengan cara mudah yakni dengan bisnis franchise. Untuk yang modalnya terbatas pun, kini banyak franchise murah yang potensial untuk dijadikan usaha.

Cermat memilih peluang usaha, memutuskan ide bisnis yang tepat, sampai dengan riset untuk mendirikan suatu usaha bukan hal yang gampang dilakukan. Khususnya bagi pemula yang masih sangat minim pengalaman. Belum lagi jika harus mengeluarkan modal selama persiapan itu dan pelaksanaan awal bisnis.

Jika beruntung maka bisa mendapatkan untung jutaan rupiah. Sayangnya tidak banyak percobaan pertama dalam dunia usaha yang langsung sukses dan membuahkan hasil manis. Banyak kisah menceritakan jika pengusaha harus berjibaku dengan kesulitan baru bisa balik modal dan mendapatkan untung.

Niatan untuk menghilangkan kesulitan inilah yang menjadi salah satu alasan kehadiran bisnis franchise. Usaha waralaba bisa dilakukan dengan membeli franchise tertentu beserta dengan hak merk, bahan baku dan sistemnya. Hal ini tentu memudahkan kalangan yang ingin langsung berbisnis tanpa repot mempersiapkannya sejak awal.

Usaha franchise sendiri bisa dikatakan lebih murah dibandingkan merintis usaha sendiri. Namun untuk mendapatkan produk dengan brand yang sudah ternama tentu saja harus mengeluarkan modal besar pula. Misalnya kamu ingin terjun dalam bisnis kuliner dengan membuka franchise ayam goreng KFC maka paling tidak harus punya modal sebesar Rp10 miliar.

Angka ini tentu saja tidak sedikit bagi sebagian orang apalagi bagi wirausaha muda. Maka kemudian muncul produk franchise murah yang lebih terjangkau bagi pengusaha kecil dan menengah. Keberadaan franchise murah ini juga menjadi bukti bahwa iklim usaha di Indonesia yang sudah lebih berkembang.

Berbagai merk lokal dan kecil berhasil mendapat tempat di masyarakat dan laku di pasaran. Usaha kecil ini yang kemudian dikembangkan dengan sistem waralaba yang banyak diedarkan di berbagai daerah. Hal ini juga sekaligus menunjukkan jika franchise murah tetap potensial untuk dikembangkan.

Franchise Murah, Modal Kecil dengan Untung Melimpah

Franchise bila terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai waralaba. Di Indonesia, bisnis waralaba ini sangat menjamur di seluruh penjuru kota maupun kampung-kampung. Dari franchise mahal, seperti minimarket, dan resto, sampai franchise murah yang bisa terjangkau masyarakat dari ekonomi biasa.

Jenis franchise di Indonesia cukup beragam, mulai dari franchise makanan sampai jasa pengiriman. Bukan hanya waralaba asing, banyak franchise lokal yang sudah memiliki jaringan yang luas bahkan hingga ke luar negeri. Beberapa diantaranya seperti Jco dan Kebab Baba Rafi yang awalnya hanya usaha kecil berbasis UMKM.

Dengan tren dunia usaha kecil dan menengah yang makin berkembang pesat, francise murah kini juga ikut berkembang. Umumnya usaha seperi ini bergerak di sektor makanan ringan atau minuman berbahan dasar kopi atau susu. Biasanya franchise murah berupa makanan dan minuman banyak diambil masyarakat sebagai usaha sampingan.

Kalau kamu saat ini sedang berniat muwujudkan keinginan berbisnis maka ada sejumlah bisnis franchise murah yang bisa kamu coba. Redaksi Ajaib bakal memaparkan beberapa franchise murah di Indonesia yang bisa menjadi usaha sampingan kamu. Apa saja itu?

1. Es Pasco

Waralaba es coklat ini sangat potensial sebagai bisnis sampingan. Karena Es Pasco sangat laris manis di konsumen. Kondisi Indonesia sebagai negara tropis yang panas membuat bisnis minuman segar sagat potensial. Apalagi jika dijual di bulan puasa, berbuka dengan Es Pasco sangat segar.

Jika tidak ada saingan kamu bisa menjual sampai dengan 120 bungkus minuman ini setiap harinya. Modal awal untuk mengambil paket waralaba ini cukup murah, Rp6.300.000 saja. Dengan modal tersebut, kamu akan mendapatkan bahan bakunya dan dibimbing untuk menjalankan bisnis ini.

2. Martabak Mini Afrika Waka-Waka

Bisnis yang bisa kamu mulai dengan modal minimal Rp7.500.000 ini terbilang unik. Jika orang lain menyukai model yang putih, martabak ini malah dikesankan dengan benua Afrika yang warna-warni bak lagu Waka-Waka milik penyanyi Shakira ini. Karena itu, martabak yang dijual ini sangat menarik karena terdiri dari berbagai warna cerah.

Dengan modal tersebut, kamu bisa menjalankan waralaba bisnis yang berdiri sejak tahun 2011 ini. Saat pertama kali, kamu akan mendapatkan perlengkapan komplit termasuk untuk membuat booth usaha lengkap dengan bahan baku dan alat masaknya sekaligus.

3. FortyEight Iceblend

Bisnis minuman memang tidak ada matinya karena memang minuman segar selalu diminati kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa terjun dalam peluang usaha ini dengan membeli franchise murah 48 IceBlend. Minuman blend dengan citarasa utama coklat ini memiliki keunikannya tersendiri termasuk dengan salah satu produknya yang dikatakan mirip dengan es krim Cornetto.

Membeli franchise ini juga memberikan kesempatan bagi kita untuk jalan-jalan ke Singapura dengan undian yang diberlakukannya. Harga franchise-nya sangat terjangkau, dimulai dari Rp6.000.000. Dengan dana tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan booth beserta desain uniknya, bahan baku, mesin kemasan serta konsep bisnis secara menyeluruh.

4. Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Minuman capucino cincau meski terkesan aneh namun sempat booming beberapa waktu lalu. Meskipun hype-nya sudah mereda namun peminatnya masih terus ada dan bisa menjadi peluang bisnis yang baik lho. Kalau kamu tertarik mencobanya, ada franchise murah dari Cappucino Cincau Tempo Doeloe.

Waralaba asal Gresik, Jawa Timur ini biaya franchise-nya benar-benar murah lho, yaitu mulai dari Rp2.000.000 saja. Sangat amat terjangkau untuk wirausaha pemula atau bisnis sampingan ibu rumah tangga. Hanya saja paket waralaba ini tidak memberikan gerobak untuk berjualan, hanya spanduk saja sehingga kamu harus mengeluarkan dana sendiri jika ingin memiliki gerobak.

Seperti yang kamu duga, minuman Cappucino Cincau atau Capcin merupakan campuran kopi cappucino dengan cincau. Resepnya juga sangat mudah kok alias gak ribet. Ditambah lagi, kamu akan mendapatkan bahan baku yang prima sesuai dengan cita rasa brand ini.

Meski berasal dari Gresik, franchise ini bisa dibuka di mana saja bahkan Jakarta pun bisa. Nanti mereka akan mengatur pengiriman perlengkapan franchise-nya. 

5. Bubble Boom

Tren minuman Boba alias bubble saat ini sedang berada di puncak popularitasnya. Jangan mau ketinggalan hype ini dengan membuka usaha serupa. Kalau kamu tak mau repot merintis usahanya bisa dengan memberi franchise murah dari Bubble Boom.

Minuman ini ternyata dikelola oleh manajemen yang sudah sukses dengan banyak produk waralaba lainnya. Adapun, Bubble Boom punya sembilan varian rasa yang enak. Lima rasa andalannya adalah Bubblegum, Cappucino, Cokelat, Green Tea, dan melon. Bubble-nya pun lembut dan kenyal sehingga tak kalah dengan merk lainnya yang sudah besar.

Dengan membeli paket hemat seharga Rp2.200.000 perlengkapan yang kamu dapat cukup banyak lho. Misalnya saja seperti banner, blender, cool bucket, tempat gula, tempat susu, teko air, hingga bahan baku (gula, creamer, 9 varian bubuk dan bubble). Kamu akan dipandu untuk menjalankan bisnis ini sampai mandiri dan bisa mendapatkan omzet yang menguntungkan.

6. Shizuka Takoyaki

Dari tadi kebanyakan ngomongin waralaba minuman melulu, sekarang giliran waralaba makanan nih. Yang pertama adalah dari Shizuka Takoyaki. Tapi walaupun namanya Shizuka, ini bukan berasal dari perfektur Shizuka Jepang ya, melainkan dari Bekasi. Tapi apa yang mereka jual adalah camilan asal Jepang yaitu Takoyaki.

Takoyaki merupakan makanan asal Kansai, berbentuk bola-bola kecil terbuat dari adonan tepung berisi gurita. Di negeri Sakura sana, makanan ini adalah camilan dan sering dijual di pinggir jalan. Namun takoyaki juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda sehingga pas untuk dijadikan usaha.

Modal untuk mengambil franchise ini Rp2,2 juta, sangat terjangkau bukan?. Dengan dana sebesar itu, kamu akan mendapat perlengkapan yang sesuai dengan SOP mereka. Kamu juga akan mendapatkan resep rahasia dan dipandu untuk belajar membuatnya. Dengan demikian, tak perlu repot membuat resep sendiri untuk takoyaki yang enak dan laku dijual.

7. Nyoklat Kress

Nyoklat Kress adalah minuman cokelat dengan beragam rasa dan varian krispi di dalamnya. Pokoknya bisa memberikan sensasi menikmati cokelat yang berbeda buat para pelanggan. Cita rasanya tak kalah dengan banyak minuman coklat lainnya.

Minuman ini hadir dengan sembilan rasa, yaitu Original Chocolate, Chocolate Banana, Chocolate Hazzlenut, Chocolate Tiramisu, Chocolate Milk, Chocolate Oreo, Chocolate Cake, Chocolate Cappucino, dan Chocolate Mocha. Waralaba ini berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Waralaba ini punya banyak paket, tapi yang termurah adalah Paket Bubuk, Rp2,9 juta saja.

Daftar franchise murah di atas bisa kamu coba jika tertarik memulai bisnis waralaba. Dengan model bisnis ini, kamu bisa belajar lebih dulu cara mengelola suatu usaha. Jika sudah mahir bukan mustahil jika di masa mendatang bisa merintis waralaba milikmu sendiri.

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait