Peluang Binsis Franchise Menjanjikan & Cara Memilihnya!

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan, Selain Makanan dan Minuman

Memulai bisnis itu penuh risiko, begitu pun bisnis franchise. Namun, keuntungan dari bisnis jenis ini kamu tidak perlu susah-susah membangun dari nol dan memperoleh suksesnya pun tergolong lebih mudah. Namun, buat kamu yang ingin memulai bisnis franchise, usahakan kamu memilih bidang yang harganya tidak terlalu mahal. Franchise dengan harga murah memang lebih banyak pada makanan dan minuman. Akan tetapi, masih ada peluang bisnis franchise di luar makanan dan minuman yang menjanjikan dengan modal di bawah Rp10 jutaan.

7 Alasan Memilih Peluang Bisnis Franchise

#1 Memulai Bisnis Lebih Cepat

Dengan memilih bisnis franchise, kamu bisa menjalankan bisnis lebih cepat dan mudah, tanpa perlu memikirkan hal-hal lainnya seperti, strategi marketing, produksi barang, manajemen keuangan, dan sebagainya. Karena biasanya, bisnis franchise sudah memiliki model bisnis, sedangkan kamu sebagai pembeli franchise akan mendapatkan panduan dan persyaratan untuk menjalankan bisnis tersebut dengan baik.

#2 Mendapat Pelatihan dan Dukungan

Dengan memilih bisnis franchise yang tepat, kamu juga akan mendapatkan training dan dukungan yang sesuai demi meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai standar yang telah ditentukan.

#3 Panduan Memilih Lokasi

Menentukan lokasi bisnis yang strategis adalah salah satu faktor penting yang bisa memengaruhi keberhasilan suatu bisnis. Ini juga menjadi salah satu tantangan yang paling sulit bagi pengusaha. Namun, dengan membeli franchise, maka kamu tidak perlu lagi bingung mencari lokasi yang strategis karena kamu akan mendapat panduan dari pemilik franchise untuk menentukan lokasi bisnis yang tepat dan sesuai dengan produk dan target market yang ingin disasar.

#4 Merek yang Terkenal

Memperkenalkan merek dagang yang dibangun dari nol kepada masyarakat bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan bisnis membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi dari merek dagang mereka dan memperoleh pelanggan setia.

Dengan membuka bisnis franchise, kamu tidak perlu kesulitan membangun reputasi tersebut, karena merek dagang dari usaha franchise pasti sudah dikenal masyarakat, begitu pula dengan reputasinya. Tugas kamu adalah memasarkannya dan menjaga reputsinya agar tetap baik.

#5 Mudah Memperoleh Keuntungan

Kebanyakan pengusaha membangun usaha mereka dari nol akan mengalami kerugian di awal. Hal ini karena produk yang ditawarkan masih belum dikenal banyak orang, sehingga konsumen yang dimiliki pun masih sedikit. Namun, dengan usaha franchise, kamu tidak akan kesulitan mendapatkan keuntungan, karena bisnis yang kamu miliki sudah memiliki banyak pelanggan, dan kamu hanya bertugas untuk menambahnya dan juga membuat mereka menjadi lebih loyal.  

#6 Tidak Memerlukan Biaya Pemasaran yang Besar

Selain tidak perlu memikirkan strategi pemasaran, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk menyiapkan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis tersebut. Karena biasanya, kamu akan dibantu oleh pemilik franchise untuk memasarkan produk yang kamu jual secara gratis melalui media promosi yang mereka miliki. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi kamu bukan?

#7 Dukungan Sesama Rekan

Kesuksesan dari satu bisnis franchise akan membantu kesuksesan dari bisnis atau cabang franchise lainnya. Sehingga para pemegang usaha franchise akan saling membantu dan mendukung kesuksesan dari merek dagang bisnis tersebut demi bisa mengembangkan bisnis tersebut. Biaya awal dan royalti yang kamu keluarkan akan membantu mendanai biaya kantor pusat, perekrutan, dan pelatihan karyawan baru serta pemasaran dalam skala besar.

Daftar Peluang Bisnsi Franchies yang Menjanjikan di Indonesia

Modal sebesar itu masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan franchise besar, tapi keuntungan yang didapat lumayan besar. Apalagi kamu tidak perlu repot menentukan segmen pasar dan promosinya. Kira-kira peluang bisnis franchise apa sajakah itu? Simak langsung ulasannya di bawah ini.

#1 The Quick Clean

The Quick Clean ini merupakan jenis usaha franchise jasa cuci tas dan sepatu yang asalnya dari kota Solo. Sekarang ini bisnis ini sudah banyak hadir di kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, hingga Bekasi. Dengan jargon “membersihkan tas dan sepatu pelanggan 25-30 menit saja” mereka terbukti berhasil diterima masyarakat.

Buat kamu yang ingin mengambil paket kemitraan bisa membayar sebesar Rp15 juta. Paket tersebut sudah termasuk booth dan peralatan, tapi sayangnya tidak disebutkan peralatan apa saja yang dimaksud. Apabila tertarik, kamu bisa mengunjungi situsnya di theclean-bar.com.

#2 Kumon

Punya model bisnis yang sudah teruji lebih dari 50 tahun membuat Kumon layak kamu pilih sebagai bisnis franchise. Materi-materi yang disediakan pun terus ditingkatkan secara berkelanjutan guna memaksimalkan perkembangan siswa dalam hal belajar. Saat ini Kumon sudah tersebar secara luas di Indonesia maupun luar negeri dengan lebih dari 4,2 juta siswa yang ada di 50 negara.

#3 JNE

Salah satu bisnis ekspedisi ini berkembang dengan pesat dan bisa jadi pilihan kamu untuk berbisnis franchise. Saat ini agen resmi milik JNE sendiri sudah ada ratusan di seluruh Indonesia. Bila tertarik untuk bergabung, kamu harus menyiapkan modal Rp5,5 juta untuk dana promosi dan mengurus perjanjiannya.

Setelah itu kamu juga harus menyediakan tambahan Rp10 juta kepada pihak JNE sebagai bentuk jaminan. Akan tetapi, dana ini nantinya bisa kembali ke kamu setelah masa kontrak yang sudah disepakati sebelumnya berakhir.

#4 Bimba Rainbow Kids

Mungkin dari kamu ada yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan, khususnya belajar mengajar dan suka dengan anak kecil. Jika memang demikian, kenapa tidak menjadi mitra Bimba Rainbow Kids? Bimbingan belajar ini ada di bawah naungan Yayasan Bintang Solusi Mandiri. Untuk program belajarnya disediakan empat kategori, yaitu bimbingan membaca, menulis, dan berhitung, lalu bimbingan pembentukan kreativitas, pembinaan karakter, dan bimbingan bahasa Inggris.

Untuk bisa bermitra dengan Bimba Rainbow Kids, kamu hanya perlu modal awal mulai dari Rp8 juta. Dibandingkan dengan bimbel lainnya, harga tersebut tergolong murah bahkan ada yang sampai ratusan juta.

#5 Auto Clean Waterless Indonesia

Bisnis franchise dari Bogor ini bergerak di bidang jasa cuci mobil, namun tidak menggunakan air, melainkan cairan pembersih khusus. Untuk modal awalnya memang agak memberatkan yaitu Rp30 juta, tetapi hasilnya sebanding dengan yang kamu keluarkan. Potensinya pun cukup tinggi. Apalagi saat ini banyak orang yang menginginkan segalanya serba instan dan cepat. Ini bisa jadi salah satu peluang usaha buat kamu.

#6 Indomaret

Siapa yang tidak mengenal Indomaret? Mini market yang satu ini ternyata juga merupakan salah satu bisnis franchise yang cukup menjamur di Indonesia. Setiap beberapa meter, pasti kamu akan menemukan Indomaret di pinggir jalan.

Ini adalah hal wajar, di mana, Indomaret sendiri menjual kebutuhan sehari-hari yang memang dibutuhkan banyak orang. Nah, jika kamu berniat untuk membeli bisnis yang satu ini, kamu akan diminta untuk menyiapkan dana investasi minimal Rp394 juta.

Selain itu, kamu juga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti KTP atau identitas diri yang menjelaskan kamu sebagai Warga Negara Indonesia dan memiliki perizinan lokasi yang hendak dijadikan tempat usaha. Kelebihan dari franchise ini adalah promosi yang berskala nasional serta memiliki brand yang cukup kuat di mata para pelanggan. Namun, kekurangannya adalah jumlah toko yang terlalu banyak sehingga kompetisi yang terjadi antar toko semakin sulit.

#7 Air Minum Isi Ulang Biru

Air minum isi ulang merupakan alternatif yang lebih murah dibanding harus membeli air kemasan galon secara berkala. Salah satu gerai yang menyediakan jasa ini adalah Depo Air Minum Isi Ulang Biru. Jenis franchise ini menggunakan teknologi canggih dan menyediakan air isi ulang berkualitas prima untuk para pelanggannya.

Gerai Depo Air Minum ini juga berfungsi ganda, yaitu sebagai tempat diprosesnya air isi ulang itu sendiri sekaligus sebagai tempat penjualan. Bahan baku air isi ulang ini berasal dari air pegunungan yang diangkut menggunakan mobil tangki. Lokasinya yang dekat dengan perumahan warga bisa menjadi salah satu strategi Depo Air Minum Isi Ulang Biru untuk mempermudah pelanggan melakukan isi ulang.

Usaha ini pertama kali berdiri di tahun 2002 di Surabaya dan merupakan milik pribadi. Setahun setelahnya, gerai kedua lahir dan dioperasikan di Jakarta. Jika kamu tertarik untuk membuka usaha ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di mana, kamu harus menyiapkan modal sebagai investasi sesbesari Rp443 jutaan dengan kontrak franchise yang berlaku selama 10 tahun.

Franchise ini juga memberikan kesempatan baik untuk perorangan maupun badan usaha yang memiliki berkomitmen untuk menyediakan air minum bersih sekaligus terjangkau untuk masyarakat. Jadi, jika kamu tertarik, kamu harus memiliki lokasi dengan lahan parkir yang minimal dapat membuat tiga mobil

#8 Apotek K-24

Obat-obatan menjadi salah satu kebutuhan yang paling banyak dicari oelah masyarakat ketika sakit. Tantangannya, banyak orang yang sulit mendpatkan akses obat-obatan yang memadai hingga 24 jam. Atas dasar kebutuhan tersebut, dr. Gideon Hartono pada akhirnya menjadikan Apotek K-24 miliknya menjadi sebuah franchise di tahun 2005.

K-24 sendiri merupakan kepanjangan dari “komplit 24 jam” yang menjadi solusi bagi setiap masyarakat yang mencari obat di tengah malam tidak akan kesulitan. Kini, apotek K-24 telah berhasil membuka 370 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ke Timor Leste. Dalam satu toko, dr. Gideon menyarankan untuk mempekerjakan minimal 9 karyawan yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari pusat.

Nah, jika kamu tertarik untuk memilih usaha waralaba ini, kamu perlu menyiapkan modal yang cukup besar. Di mana, jika kamu berada di Pulau Jawa, kamu harus memiliki gerai dengan luas tanah 60m2 dengan modal sebesar Rp970 juta.

Modal sebesar itu sudah termasuk biaya franchise fee, stok obat-obatan, renovasi bangunan, sewa bangunan selama 1 tahun, interior, modal kerja selama 3 bulan, sistem IT, perizinan operasional, pelatihan karyawan, dan beragam inventaris gerai seperti sepeda motor, AC, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan biaya awal franchise yang lebih murah, yaitu sebesar Rp110 juta untuk masa franchise selama enam bulan. Di mana, setiap bulannya kamu akan dikenakan franchise fee sebesar 1,5% dari omzet per bulannya. Secara umum, balik modal akan terjadi dalam waktu sekitar 3 tahun, tetapi bukan berarti balik modal terjadi lebih cepat jika kamu dapat melebihi target penjualan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

#9 KFC

Siapa yang tidak mengetahui KFC? Kamu juga pasti sering bukan makan dan mengajak orang terdekat ke restoran fast food yang satu ini. Rasa ayam goreng yang renyah dan lezat selalu berhasil membuat pelanggan kembali lagi dan lagi. Tidak heran KFC menjadi salah satu comfort food bagi banyak masyarakat di Indonesia, bahkan ketika bepergian ke luar negeri.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu pemilik restoran ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat yang dibedakan berdasarkan luas lokasi yang dimiliki. Pertama, KFC Ruko dengan dengan luas sebesar 300 m2, dan yang kedua adalah KFC Freestanding dengan luas lokasi sebesar 1.500 sampai 2.500 m2. Kedua lokasi ini harus memiliki lokasi yang strategis, seperti di pinggir jalan raya yang ramai sehingga berpotensi menarik pelanggan lebih banyak. Selain itu, tanah harus lah milik sendiri, bukan menyewa.

Selain itu, kamu juga harus memiliki modal mulai dari Rp4,5 miliar hingga Rp9 miliar. Sedangkan, untuk pembangunan KFC Box bisa mencapai Rp1,5 miliar. Sehingga dapat kamu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki.

Itu dia beberapa peluang bisnis franchise yang bisa kamu coba di 2019. Dengan memulai bisnis, kamu bisa mendapatkan uang tambahan. Namun, bagi kamu yang masih belum siap memiliki bisnis karena keterbatasan modal, kamu masih bisa menjadi salah satu pemilik bisnis lewat investasi saham. Mulai dari Rp100.000, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan berinvestasi di dunia saham. Tunggu apalagi? Investasi saham sekarang juga di Ajaib.co.id.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait