Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

Peluang Bisnis Franchise 2020, Menjawab Modal & Risiko

Di tahun 2020 ini, peluang bisnis franchise masih akan berkembang dengan pesat dan menjadi pilihan. Prediksi ini dibuat berdasarkan pengamatan atas pertumbuhan keuntungan jenis usaha franchise yang jelas terlihat di tahun 2019 kemarin.

Dengan keuntungan yang pesat dan besar, tentu semakin banyak pebisnis yang tertarik untuk terjun mengembangkan bisnis franchise. Terlebih ketika mengetahui bahwa dalam memulai bisnis jenis ini, tidak diperlukan usaha ekstra keras ataupun kesulitan berlebihan pada saat memulainya.

Definisi Bisnis Franchise

Bisnis franchise, sering disebut usaha waralaba, adalah salah satu cabang bisnis yang cara pengembangannya melakukan pemasaran menggunakan suatu brand bisnis produk/jasa lain yang sudah ada dan cukup populer sebelumnya.

Jadi, pemilik bisnis baru tidak perlu menanggung beban berat komunikasi marketing demi memperkenalkan produk/jasanya kepada pasar. Karena brand franchise yang dipakainya otomatis membuat konsumen merasa sudah akrab dengan produk/ jasanya tersebut, dan menyukainya.

Tiap bisnis franchise memberikan penawaran sistem bisnis dan aturan yang berbeda-beda. Secara garis besar, bisnis franchise memiliki dua bentuk yang berbeda, yaitu:

1. Pemilik bisnis franchise akan menjual hak produk serta merek dagang mereka untuk digunakan oleh pebisnis lain.

2. Pemilik bisnis franchise menyediakan support dan layanan kepada para pemegang franchise.

Di Indonesia, bisnis franchise lebih sering menggabungkan kedua bentuk tersebut.

Faktor Penyebab Peluang Bisnis Franchise Tetap Besar

Tentu menjadi pertanyaan, mengapa franchise tetap memiliki peluang usaha yang besar dan menguntungkan? Alasannya ada di bawah ini.

1. Bisa tumbuh lebih cepat

Karena pemilik bisnis baru sudah bisa terlebih dahulu mengetahui model, strategi marketing, dan panduan yang diberikan oleh pemegang franchise, bisnis franchise dapat dimulai lebih cepat. Tak perlu repot membuat menu ataupun model bisnis, tinggal running alias menjalankannya saja.

2. Memperoleh pelatihan dan support

Para pebisnis franchise baru akan mendapat pelatihan dan bantuan support dari pihak pemegang franchise beserta karyawannya. Tujuannya adalah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk, berikut kualitas dari bisnis franchise itu sendiri.

Dalam proses pelatihan, pebisnis baru bisa mendiskusikan berbagai hal terkait pengembangan bisnis franchise.

3. Panduan pemilihan lokasi bisnis

Pemegang franchise akan memberikan panduan dan saran untuk menentukan lokasi yang strategis atau potensial untuk menjalankan dan mengoptimalkan pertumbuhan peluang bisnis franchise tersebut.

Umumnya pemilik franchise menyarankan pebisnis baru memiliki lokasi atau daerah yang ramai, namun tidak terdapat banyak bisnis yang menjual produk/jasa atau membuka usaha serupa.

4. Brand sudah populer

Keunggulan utama bisnis franchise adalah pebisnis baru tidak perlu repot mengenalkan produk/jasanya kepada target konsumen/pasar. Konsumen pelanggan ataupun lepasan akan langsung merasa sudah akrab dengan produk/jasa yang ditawarkan, sehingga berpeluang lebih besar untuk segera membelinya.

5. Ringannya biaya pemasaran

Karena tugas branding (membangun kepopuleran brand) pada bisnis franchise tidak menjadi beban pebisnis baru, maka tidak perlu ada pengalokasian dana khusus untuk itu. Akhirnya modal dan risiko pun bisa jadi lebih ringan. Pengembangan bisnis akan disupport oleh pemegang franchise, menggunakan dana pemasaran koperatif.

Demikianlah deretan keuntungan yang didapatkan jika membangun sebuah bisnis franchise. Dengan begitu, tentunya bisnis franchise lebih mudah berkembang dibanding membuat bisnis personal.

Dengan semakin menjamurnya bisnis franchise di Indonesia pada tahun kemarin, bisa dipastikan tipe bisnis iniakan semakin potensial pada tahun 2020. Untuk mempercepat kesuksesan finansial dan meminimalisasi risiko kegagalan bisnis, peluang bisnis franchise patut diraih.

Daftar Peluang Bisnis Franchise Potensial di 2020

Untuk mengetahui pilihan peluang bisnis franchise yang kira-kira potensial pada tahun 2020, ada baiknya mengamati beberapa jenis franchise bermodal ringan yang sukses di 2019, seperti berikut ini:

1. Aice Ice Cream

Perusahaan: Aice Ice Cream

Tipe usaha: Distributor, Agen, Reseller/Toko/Gerai Es Krim

Deskripsi: Peluang untuk Agen, Distributor, Reseller/Toko Es krim produksi AICE Ice Cream.

Tahun berdiri: 2016

Franchise fee: –

Modal awal: Modal sebesar Rp500.000

Alamat: Golf Lake Residence, Ruko Blok Paris A No. 82-83, Jl Kamal Outer Ring Road RT. 14 RW. 11 Cengkareng Timur, Jakarta Barat 1730.

Telp: +62 21 2952 6366

Fax : +62 21 2952 6368

2. Kini Cheese Tea

Perusahaan: Kini Cheese Tea

Tipe usaha: Booth minuman Cheese Tea dan Thai Tea

Tahun berdiri: 2017

Franchise fee: –

Modal awal: Rp5,9 juta

Perkiraan BEP: –

Alamat: Surakarta, Jawa Tengah

Call/WhatsApp: 0822 4709 6094, 0823 1321 6982

3. Kingkong Sosis

Tipe usaha: Booth sosis bakar ala street food

Tahun berdiri: 2013

Franchise fee: Sistem paket investasi

Modal awal: Rp5,6 juta

Perkiraan BEP: 2 bulan

Alamat: Jl. Mawar 212 A, Badran, Laweyan, Surakarta 57142 

Telp: 0812 2722 7033

4. Chicken Popop

Perusahaan: Chicken Popop

Tipe usaha: Paket franchise booth produk cemilan ayam goreng tepung/chicken pop ala Korea

Tahun berdiri: 2013

Franchise fee: Sistem paket investasi

Modal awal: Rp6,2 juta

Perkiraan BEP: 3 bulan

Alamat: Jl. Mawar 212 A, Laweyan, Solo, Jawa Tengah

Telp: 0821 3637 1117

5. Cetroo Coffee 

Perusahaan: Cetroo Coffee

Tipe usaha: Minuman kopi dengan varian rasa berkonsep booth dan mini cafe

Tahun berdiri: 2009

Franchise fee: Sistem paket investasi

Modal awal: Mulai Rp9,5 juta

Perkiraan BEP: 3 bulan

Alamat: Kendal, Jawa Tengah 

Hp: 0877 0017 4488

6. Muchomania Minuman Coklat

Perusahaan: PT Sandi Group

Tipe usaha: Minuman coklat cepat saji berbagai varian rasa

Tahun berdiri: 2013

Franchise fee: sistem paket investasi

Modal awal: Rp7 juta

Perkiraan BEP: 3 bulan

Alamat: Kendal, Jawa Tengah 

Hp: 0813 9009 7792


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait