Coba Intip Peluang Bisnis Makanan Olahan Dari Ubi Kayu Ini

bisnis makanan olahan
bisnis makanan olahan

Bisnis makanan olahan kini jadi salah satu peluang usaha yang banyak dilirik, terutama oleh kaum muda. Banyak bahan-bahan makanan yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis menjanjikan, termasuk ubi kayu atau singkong. Bisnis makanan olahan dari singkong ini juga tak perlu modal besar, tapi bisa menjadi bisnis dengan untung melimpah.

Bicara soal ubi kayu, sudah pasti jenis tanaman yang satu ini banyak ditemui di lingkungan sekitar. Biasanya harga jual dari singkong ini juga terjangkau, dan memasaknya pun mudah. Kebanyakan orang mengkonsumsi singkong dengan cara direbus, digoreng, ataupun dijadikan sebagai campuran kolak.

Dengan ide-ide yang kreatif dan inovatif, ubi kayu ini bisa kamu olah jadi makanan lain dengan cita rasa berbeda, sehingga bisa memulai bisnis makanan dari ubi kayu. Ada beberapa macam olahan makanan dari singkong yang dapat dijadikan usaha, salah satunya menjadi cemilan yang sehat dan lezat.

Selain bisa dijadikan bisnis makanan olahan yang menguntungkan, apa saja sih potensi dan pemanfaatan dari ubi kayu ini? Cari tahu ulasannya berikut ini.

Potensi dan Pemanfaatan Ubi Kayu

Ubi kayu atau singkong ini punya manfaat yang besar untuk kehidupan manusia. terlebih kebutuhan akan bahan pangan dari ubi kayu seperti tepung yang mampu membuat berbagai kudapan ini makin tinggi.

Sementara pemanfaatan ubi kayu sendiri bermacam-macam, bisa diolah menjadi makanan pokok untuk kebutuhan pangan dan pakan ternak, biothanol, serta kebutuhan industri lainnya.

Selain itu, hampir semua bagian ubi kayu bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun, daging, kulit, hingga batangnya bermanfaat bagi manusia. Bahkan tanaman ubi mampu bertahan terhadap kekeringan. Meski begitu banyak masyarakat yang masih beranggapan jika singkong merupakan makanan orang kampung atau rendahan. Padahal, singkong bisa diolah menjadi makanan berkualitas dengan memanfaatkan citarasanya yang khas.

Ada beberapa peluang usaha yang menjanjikan dan layak kamu lirik dari olahan makanan berbahan dasar ubi kayu.

Ide Peluang Bisnis Makanan dari Ubi Kayu

Buat kamu yang punya kreativitas tinggi dan ingin membuka bisnis makanan yang beda, ubi kayu atau singkong ini bisa kamu jadikan bahan utama untuk diolah. Berikut ini ada 5 ide peluang usaha yang mengandalkan singkong sebagai bahan dasarnya:

Comro

Kalau kamu orang Bandung pasti tahu nama makanan yang satu ini. Ya, comro adalah makanan cemilan yang asalnya dari bahasa Sunda yang artinya oncom dijero atau oncom yang ada di dalam. Tentu rasanya enak dan agak pedas dengan berbahan olahan dari tape singkong. Biasanya comro dijual di banyak tukang gorengan seharga Rp 500 perak.

Meski diolah dari tape, namun rasa tapenya sendiri tidak terlalu berasa. Hal ini karena ada campuran dari bahan lain, sehingga memunculkan rasa manis, asin, atau pedas yang bercampur jadi satu kenikmatan. Makanan comro ini sebagian besar hanya bisa ditemukan di Bandung saja. Apabila kamu tertarik, bisa menjualnya ke daerah lain yang belum banyak menjual.

kamu bisa kreasikan comro dengan berbagai campuran bahan lain yang belum pernah terpikirkan. Namun, comro terbaik tetap yang original!

Kroket Singkong

Jika kroket pada umumnya terbuat dari kentang yang dihaluskan, kamu bisa mencoba mengolahnya dari bahan dasar ubi kayu atau singkong. Jangan lupakan isiannya berupa ayam cincang atau daging sapi, karena isiannya itu yang menjadikannya menarik dan lebih enak.

Atau kamu juga bisa membuat kroket singkong dengan isian rasa yang manis, seperti coklat atau keju. Sedikit berinovasi dari makanan yang sudah ada supaya lebih menarik untuk dijual.

Donat Singkong

Bahan olahan donat biasanya terbuat dari tepung atau kentang. Kali ini kamu bisa membuat donat jadi lebih sehat, yaitu menggunakan bahan dasar singkong. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat singkong ini pun sangat sederhana, seperti gula, telur, mentega, tepung terigu, dan singkong pastinya. Lalu untuk takarannya sama seperti membuat donat pada umumnya.

Supaya tampilan donat terlihat lebih menarik, kamu bisa bermain dengan tambahan aneka topping yang mengundang selera. kamu bisa memberikan topping coklat, strawberry, blueberry, hingga green tea. Atau lebih seru lagi, kamu bisa membuat donat singkong berbentuk bulat utuh yang didalamnya terdapat isian yang mengejutkan.

Bolu Singkong Kukus

Pernah kamu mencicipi bolu yang terbuat dari ubi kayu? Ini salah satu olahan menarik untuk coba kamu jual. Bolu kukus ini banyak digemari oleh semua kalangan karena kelembutannya. Maka dari itu, akan jadi ide yang bagus untuk membuka bisnis bolu kukus singkong.

Membuatnya juga tidak terlalu sulit dan terbilang sederhana. kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti telur, tepung, terigu, serta tambahan singkong. Mungkin yang sulit adalah teknik mengolah bolunya supaya mengembang dan tidak bantet. kamu juga bisa menambahkan varian rasa di atas bolu kukusnya agar lebih menggugah dan menarik.

Sentiling

Sentiling ini punya warna-warni yang menarik, ada hijau, kuning, dan merah. Apalagi rasanya yang nikmat, cocok untuk dijadikan peluang usaha. Bentuk dari sentiling ini berupa persegi empat dengan ukuran yang agak besar. Bagian atasnya terdapat taburan kelapa parut yang membuat rasanya gurih.

Bagaimana? tertarik untuk mencoba bisnis makanan olahan dari bahan ubi kayu? kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi di atas. kamu juga perlu memikirkan untuk pengemasan produk makanannya yang bagus.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait