milenial

Wisata Alam Bandung, Yuk Berakhir Pekan Bersama Keluarga

Ajaib.co.id – Penerapan New Normal agaknya memberikan harapan akan adanya kesempatan untuk kembali bisa berwisata. Namun sebaiknya memang membatasi diri berkunjung ke tempat yang tidak terlalu jauh dan minim kasus Corona. Wisata alam Bandung bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati waktu bersama keluarga nanti.

Sejumlah objek wisata di Jawa Barat, khususnya kota kembang, Bandung bersiap untuk kembali buka setelah penerapan New Normal. Pembukaan ini tentu saja dianggap positif baik dari kalangan pekerja pariwisata yang selama ini terpaksa menganggur dan penghidupannya tersendat. Kabar ini juga disambut baik bagi masyarakat yang selama ini sudah bosan terkungkung di rumah saja.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuadayaan Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengatakan, ada beberapa objek wisata yang membutuhkan kajian mendalam sebelum dibuka. Hanya saja memang akan bertahap dilakukan dan dipilih mana objek wisata yang memungkinkan untuk kembali beroperasi

Salah satu yang dimungkinkan masih tidak akan diberi izin operasional adalah objek wisata air, seperti kolam renang, air terjun dan water boom. Menurut Yosep, objek wisata air ini memerlukan kajian mendalam dari sisi medis sebelum dibuka. Sedangkan wisata alam yang didominasi perkebunan teh dan destinasi alam lainnya akan dipertimbangkan untuk kembali dibuka karena memungkinkan adanya penerapan social distancing.

6 Destinasi Wisata Alama Bandung yang Bisa Dikunjung Pasca New Normal Nanti

Setelah berbulan-bulan berdiam di rumah, tentu saja kamu pasti sudah merasa bosan dan ingin keluar rumah. Kenapa tidak mempertimbangkan untuk berwisata saja? Tentunya aktivitas ini baru bisa dilakukan setelah nanti pemerintah menyatakan jika kebijakan New Normal bisa segera diberlakukan.

Tak ada salahnya sekarang kamu mulai memilih kota tujuan wisata dan membuat persiapannya. Hitung-hitung sembari mengisi waktu selama masih berdiam di rumah seperti saat ini. Salah satu lokasi yang layak dipertimbangkan adalah Paris Van Java, Bandung.

Wisata ke Bandung tak melulus harus berkunjung ke Dago kok. Ada banyak pilihan lokasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Selain itu, Bandung juga punya banyak wisata alam yang jauh lebih aman dikunjungi saat New Normal nanti.

Kota Bandung sendiri dikenal dengan keindahan alamnya. Tak heran, banyak tempat di Bandung dijadikan destinasi wisata alam. Salah satunya adalah tempat wisata alam. Bandung menawarkan wisata alam yang indah. Banyak wisatawan yang menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata favorit.

Kalau kamu ingin pergi atau berlibur ke Bandung, wajib mengunjungi beberapa tempat wisata alam ini antara lain:

1. Floating Market Lembang

Floating Market merupakan pasar terapung yang berada di atas danau. Kamu bisa berbelanja di atas perahu terapung dengan nuansa danau yang indah. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan wisata kulinernya.

Anak-anak pun bisa bermain di berbagai permainan anak yang tersedia, seperti perahu, kereta air, taman miniatur kereta api, dan outbond. Harga tiket masuknya juga tergolong terjangkau dengan segara fasilitas yang bisa kamu nikmati.

2. Taman Hutan Raya Ir H Juanda

Taman ini memiliki hutan yang cukup luas, yaitu mencapai 600 hektare. Membentang mulai dari Dago Pakar hingga Maribaya Lembang. Untuk masuk ke taman ini, kamu bisa melewati gerbang masuk yang mudah diakses, yaitu gerbang dari arah Dago Pakar.

Selain ada penangkaran rusa tutul, Taman Hutan Raya Ir H Juanda juga memiliki objek wisata lain, seperti Gua Jepang dan Gua Belanda. Dua gua tersebut adalah peninggalan dari masa penjajahan zaman dahulu. Gua Jepang dibangun pada 1942 dan Gua Belanda dibangun pada 1918.

3. Tebing Keraton

Tempat wisata alam ini sudah tidak asing lagi didengar oleh wisatawan. Tebing Keraton merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tebing ini memiliki tinggi sekitar 1.200 meter, sangat fantastis.

Ketika naik ke Tebing Keraton, kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dan luar biasa. Pemadangan ini jelas tidak bisa kamu dapati di lokasi lainya sehingga wisata alam Bandung ini sangat layak untuk didatangi nanti.

Tebing Keraton mulai dikenal oleh masyarakat pada 2014 lalu. Letak tebing ini berhadapan dengan Taman Hutan Raya Ir H Juanda dengan berlatarkan Gunung Tangkuban Perahu.

4. Hutan Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi atau yang biasa disebut dengan baksil ini adalah sebuah taman kota yang bisa menjadi alternatif hiburan alam di Bandung. Hutan Babakan Siliwangi yang memiliki luas sekitar 3,8 hektare ini, merupakan bentukan alam murni dari Sungai Cikapundung.

Pada 27 September 2011, PBB menyatakan Hutan Babakan Siliwangi adalah salah satu hutan kota dunia. Dua tahun kemudian, hutan ini resmi dinaungi oleh Pemerintah Bandung. Jika datang ke sini, kamu bisa melihat berbagai satwa dan tumbuhan ekosistem.

Hutan ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai kegiatan alam. Hutan ini juga memiliki fasilitas forest walk, yaitu sebuah jalur yang dirancang khusus untuk para pengunjung agar bisa menjelajahi hutan dengan mudah.

Masyarakat juga bebas mengunjungi tempat ini. Masyarakat Bandung sendiri memilih tempat ini sebagai tempat berolahraga, karena pemandangannya sangat asri.

5. Kampung Batu

Saat datang ke Kampung Batu, kamu bisa menemukan berbagai wisata. Seperti wisata bermain yang memicu adrenalin. Ada sekitar 30 ekor rusa totol dan hewan lainnya di Kampung Batu, seperti kelinci dan marmut. Kamu juga bisa melakukan aktivitas outbond, seperti flying fox dan loop bridge.

Salah satu wahana yang paling diminati di sini adalah Tektona Waterpark, yakni sebuah wahana air yang bisa dinikmati oleh pengunjung, terutama anak-anak. Tektona Waterpark dilengkapi dengan fasilitas wahana yang modern, di antaranya Kolam Ombak, Kolam Arus, Semi Olympic, dan lainnya.

6. Kawah Putih

Jika kamu ingin merasakan tempat wisata alam yang sejuk, bisa mengunjungi Kawah Putih. Tempat wisata alam ini terletak di Ciwidey, Bandung Selatan. Berbagai fasilitas yang tersedia di Kawah Putih adalah musala, toilet, warung makan, transportasi, hingga area parkir yang luas.

Kawah putih ini berwarna kehijauan dan dipenuhi dengan kabut bekas aktivitas dari vulkanik Gunung Patuha. Kawah Putih mulai buka pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Wisata alam Bandung ini sudah sejak lama populer sebagai kawasan turis dan sampai sekarang tetap diminati dan menjadi lokasi yang wajib didatangi.

Protokal Baru Untuk Pariwisata Selama Penerapan New Normal

Pariwisata Indonesia akan segera dibuka saat memasuki masa new normal pandemi corona (Covid-19). Presiden Joko Widodo meminta pembukaan tidak tergesa-gesa. Oleh karena itu, hingga kini belum ada kepastian waktu pariwisata Indonesia akan dibuka. Jokowi memberi syarat, sektor pariwisata dapat beroperasi di suatu daerah jika R0 (basic reproductive number, R-naugt) atau potensi penularan Covid-19 tercatat di bawah 1.

Rt yang dimaksud adalah angka reproduksi setelah adanya kebijakan pemerintah seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Selain itu, akan diterapkan protokal ketat agar jangan sampai terjadi kasus penyebaran Corona. Diakui oleh pemerintah jika protokalnya tidak siap maka citra pariwisata akan tercoreng dan membuatnya sulit bangkit kembali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandiomenyatakan protokol New Normal pariwisata telah disusun. Nantinya, protokol itu diterapkan oleh destinasi wisata setelah dinyatakan siap. Protokol ini akan melalui beberapa tahapan, mulai dari melakukan simulasi, lalu sosialisasi dan publikasi kepada publik, dan yang terakhir melakukan uji coba.

Pelaksanaan tahapan-tahapan ini harus diawasi dengan ketat dan disiplin serta mempertimbangkan kesiapan daerah. Protokol ini salah satunya menekankan pada konsep kebersihan, kesehatan, dan keselamatan (Cleanliness, Health, and Safety/ CHS). Konsep CHS merupakan strategi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar masyarakat nantinya dapat tetap produktif dan aman di tengah pandemi Covid-19.

Penerapan dan pengawasan program CHS sebagai tatanan kenormalan baru di destinasi wisata juga dikoordinasikan dengan Gugus Tugas dan Kepala Daerah masing-masing wilayah. Kesiapan daerah dan pelaku industri dan ekonomi kreatif menjadi salah satu faktor utama dalam pelaksanaan protokol kenormalan baru ini.

Salah satu daerah pariwisata yang sudah siap membuka kembali adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Provinsi ini akan kembali membuka destinasi wisata unggulannya pada 15 Juni 2020 dengan protokol kesehatan.

Fokus pariwisata ini nantinya juga akan ditargetkan bagi wisatawan domestik. Hal ini untuk meminimalisir masuknya kasus Covid-19 dari luar negeri. Akan dimunculkan program khusus untuk mendorong minat wisatawan domestik. Program tersebut harus fokus untuk mempromosikan produk-produk lokal dan aman di tengah pandemi virus corona.

Diprediksi, tren pariwisata di masa New Normal nantinya akan menjurus pada solo traveling dan staycation. Jika sudah demikian, mengunjungi wisata alam Bandung bisa jadi salah satu pertimbangan untuk menghilangkan penat karena penyebaran Corona ini.

Artikel Terkait