Saham

Panduan Beli Saham BBCA dan Saham-saham Lainnya

beli saham bbca

Ajaib.co.id – Dalam pasar saham, terdapat banyak saham-saham dari perusahaan yang diperdagangkan yang bisa kamu beli atau menjualnya. Salah satu saham yang cukup ternama dari perusahaan perbankan adalah BCA atau BBCA. lantas bagaimana cara beli saham BBCA?

BBCA adalah kode saham dari Bank BCA. Hampir semua orang pasti tidak asing lagi dengan Bank BCA, bahkan sudah banyak yang menjadi nasabah Bank tersebut. Saat ini kamu memiliki kesempatan untuk membeli saham dari perusahaan perbankan sekelas BCA.

Banyak yang ingin membeli saham Bank BCA namun terkendala pengetahuan yang masih kurang. Beli saham BBCA secara online saat ini sudah bisa dilakukan. Dengan online, transaksi yang kamu lakukan akan lebih mudah dan lebih praktis pastinya.

Dalam membeli saham, kamu harus bisa memilih yang sekiranya menguntungkan dan hal ini tidak bisa dilakukan asal-asalan dan penuh spekulasi. Semuanya dilakukan dengan perhitungan yang matang dan melakukan analisa.

Dengan melakukan analisa menyeluruh, kamu akan tahu mana perusahaan yang sedang baik atau sedang sakit. Oleh karena itu sebelum membeli saham kamu harus menguasai teknik analisa saham untuk menghindari kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Melakukan Analisis Saham

Umumnya terdapat dua metode yang sering digunakan oleh para investor sebelum membeli saham, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Kedua analisis ini harus diterapkan saat hendak membeli saham. Jadi tidak bisa asal beli karena bisa menyebabkan kerugian.

Dengan melakukan analisis mendalam, itu bisa memberikan kepastian bahwa kamu tidak berinvestasi pada perusahaan yang kurang tepat. Salah satu saham perusahaan yang banyak diminati adalah saham dari perusahaan perbankan seperti BCA, BRI dan lain sebagainya.

Berikut cara membeli saham perusahaan dalam pasar modal:

Melakukan Pendaftaran

Saat kamu hendak membeli saham, pastinya kamu harus mendaftar dulu untuk membuka rekening efek. Untuk melakukan pendaftaran, terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni dengan online atau offline. Keduanya hanya memiliki sedikit saja perbedaan.

Dalam proses dan persyaratan pendaftaran saham secara online kamu bisa melakukannya dimanapun asal terkoneksi dengan internet. Jika secara offline, kamu harus datang ke kantor broker saham atau ke perusahaan sekuritas.

Mengunjungi Website Sekuritas atau Mendatangi Kantor

Untuk beli saham BBCA atau saham perusahaan lain. Kamu bisa mengunjungi websitenya atau datang langsung ke kantor perusahaan sekuritas. Keduanya merupakan cara yang bisa kamu tempuh, namun dengan online akan jauh lebih praktis.

Perusahaan sekuritas atau broker bisa juga disebut dengan pialang. Itu adalah sebutan untuk perantara transaksi jual beli saham atau surat berharga. Jadi antara investor dengan penjual saham tidak bisa langsung, harus ada perantara yang menghubungkannya.

Di indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan sekuritas. Seperti Bahana Sekuritas, BNI Sekuritas, MNC Sekuritas, Phillip Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan lain sebagainya. Dalam memilih perusahaan sekuritas, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK.

Sekuritas dan OJK adalah bagian penunjang dalam pasar modal. Namun masih ada pihak-pihak lain yang terlibat dan kamu harus mengetahuinya untuk mengerti perannya. Karena kedepannya kamu tetap akan berhubungan dengan pihak tersebut.

Melengkapi Syarat Administrasi

Saat melakukan pendaftaran, kamu diharuskan melengkapi administrasi dengan mengisi form yang tersedia pada website sekuritas. Setelah semuanya terisi, kamu bisa mengirimkannya lagi ke email yang sudah disediakan.

Melakukan Deposit

Setelah kamu selesai melakukan administrasi dan berhasil membuka akun rekening efek. Selanjutnya kamu diharuskan mentransfer sejumlah uang untuk melakukan transaksi saham. Setiap perusahaan sekuritas memiliki nominal yang berbeda-beda. Ada yang Rp 100 ribu bahkan Rp 1 juta atau lebih.

Setelah transfer selesai, kamu akan mendapatkan email jika rekening telah aktif dan kamu akan mendapatkan PIN serta ID untuk login pada akun rekening efek.

Download Aplikasi

Setelah kamu mendapatkan PIN dan ID, kamu tinggal mendownload aplikasi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas. Kamu bisa mendownloadnya di App Store, Google Play Store atau website resminya.

Transaksi Saham Perusahaan Menggunakan Aplikasi

Membeli saham perusahaan menggunakan aplikasi memang lebih praktis. Tiap perusahaan sekuritas biasanya memiliki aplikasi sendiri. Namun tidak banyak perbedaan, hanya tampilan dan tata letak saja.

Langkah pertama adalah login dalam aplikasi untuk mengakses semua fitur dan layanan yang diberikan. Login menggunakan ID dan PIN yang kamu dapat dari perusahaan sekuritas. Untuk membeli saham klik Buy Order lalu masukkan PIN.

Untuk memilih perusahaan yang kamu ingin beli sahamnya. Jika kamu ingin beli saham BBCA atau Bank BCA, masukkan kode sahamnya yaitu BBCA. Setiap perusahaan memiliki kode saham yang berbeda-beda untuk meringkas nama perusahaan.

Setelah kamu memilih saham perusahaan, kamu bisa melihat Price atau harga saham perlembarnya. Setelah itu pada bagian Quantity yaitu ukuran saham dalam satuan lot. Jadi kalau 1 Quantity berarti 100 lembar saham.

Jika sudah sesuai, langkah terakhir adalah klik Confirm. Sedangkan untuk menjual saham, caranya hampir sama yaitu melalui Buy Order. Dalam menu tersebut terdapat sub menu Sell, Buy, Withdraw dan Amend. Pilih Sell untuk menjual saham. Masukkan PIN dan pilih saham dari perusahaan mana yang ingin dijual. Masukkan harga jual dan kuantitasnya lalu klik Confirm. Cukup mudah bukan.

Itulah beberapa panduan untuk membuat rekening efek dan melakukan transaksi jual beli saham. Saat ingin membeli saham, lakukan analisis untuk meminimalisir kerugian. Kamu juga harus menunggu waktu yang tepat saat akan menjual ataupun membeli saham suatu perusahaan.

Bacaan menarik lainnya:

Giles et. al. (2003). Managing Collective Investment Funds. England : John Wiley & Sons Ltd


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait