Milenial, Perencanaan Keuangan, Rumah Tangga Masa Kini

Menilik Besaran Budget Modal Nikah Sederhana

Ajaib.co.idPernikahan adalah momen sakral setiap pasangan dalam memulai kehidupan berumah tangga. Namun, dalam melangsungkan pernikahan, tidak hanya membutuhkan restu saja, tetapi juga modal untuk melangsungkan pernikahan, baik itu modal nikah sederhana atau besar-besaran sekalipun.

Untuk melangsungkan pernikahan, biaya yang dibutuhkan sebenarnya tidaklah besar. Biaya nikah yang mahal hanya terjadi ketika kita merasa gengsi dan khawatir pendapat orang-orang bila mengadakan pernikahan secara sederhana. Lalu, bagaimana cara mengadakan pernikahan yang sederhana? Berapa modal untuk mengadakan pernikahan sederhana? Yuk, simak pembahasan tentang modal nikah sederhana berikut ini!

Konsep Pernikahan Sederhana

Dalam mengadakan acara pernikahan, umumnya ada biaya-biaya yang wajib dikeluarkan seperti biaya katering, mas kawin, sewa gedung, cinderamata, biaya dekorasi, dan biaya lainnya. Daftar pengeluaran ini yang biasanya dapat membuat biaya pernikahan menjadi membengkak. 

Besaran pengeluaran yang dikeluarkan mengikuti beberapa faktor seperti jumlah tamu, konsep dekorasi, tempat pernikahan dan lainnya. Nah, agar biaya yang dikeluarkan tidak menjadi overbudget, buatlah acara pernikahan secara sederhana. Ada beberapa tips yang dapat mengurangi pengeluaran, yaitu:

1.  Akad di KUA pada Hari Kerja

Tidak ada biaya untuk melangsungkan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari dan jam kerja, lho.  Melakukan akad nikah diluar hari kerja, maka akan dikenakan biaya sebesar 600 ribu rupiah. Biaya tersebut akan masuk ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian Agama. 

Pendaftaran nikah di KUA sebaiknya dilakukan paling lambat 10 hari sebelum tanggal nikah. Apabila kurang dari 10 hari kerja, maka KUA akan meminta calon mempelai menyertakan surat dispensasi dari kantor kecamatan. 

Nah, melangsungkan akad di KUA belum termasuk biaya penghulu, ya.  Besaran biaya penghulu biasanya diberikan seikhlasnya sebagai tanda terima kasih.

2. Membatasi Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang hadir akan menentukan jumlah makanan dan souvenir yang dipesan. Semakin banyak tamu yang diundang, maka biaya katering dan biaya souvenir akan semakin besar. Oleh karena itu, kamu dapat mengatasinya dengan membatasi jumlah tamu.

Untuk melakukan hal ini, perlu adanya persetujuan dari kedua belah pihak.  Sebab biasanya, orang tua yang paling banyak mengundang koleganya daripada kedua mempelai.

3. Resepsi Sederhana

Bila ingin menikah dengan sederhana, maka kamu dapat menikah tanpa mengadakan acara resepsi. Resepsi bukan suatu kewajiban, tetapi hanya sebatas pelengkap acara sebagai wujud syukur atas kebahagiaan kepada para kolega.

Bila tetap ingin mengadakan acara resepsi, maka kamu dapat memanfaatkan tempat yang sudah ada, seperti rumah dengan acara syukuran yang sederhana bersama keluarga terdekat. Sebab menyewa tempat resepsi akan menambah beban pengeluaran.

Modal Nikah Sederhana

Besar modal nikah yang disiapkan merupakan hasil kesepakatan kedua belah pihak. Menikah bisa saja dilakukan dengan hanya menyiapkan modal untuk mas kawin tanpa mengadakan resepsi dan melangsungkan pernikahan di KUA secara gratis. 

Namun bagi yang ingin mengadakan pernikahan dengan resepsi tetapi modal tipis, berikut referensi acara nikah dengan modal minim, yaitu:

1. Modal Nikah 20 juta

Biasanya kia Menyewa tempat resepsi, memang menambah beban pengeluaran, tetapi dengan modal 20 juta, kamu tetap bisa melangsungkan acara resepsi, lho. Hal yang pertama sekali dilakukan adalah mencari lokasi resepsi dengan biaya sewa maksimal 8 juta rupiah. 

Apakah ini terkesan mustahil? Tentunya tidak. Manfaatkan Balai pemerintah atau aula tempat ibadah untuk melangsungkan resepsi, contohnya Balai Makarti Muktitama Depnakertrans dan Gedung Puslitbang PLN di Jakarta Selatan, Balai Pertemuan Bukit Permai, Aula Al-Muhajirin dan Aula Al-Azhar di Jakarta Timur, Auditorium Gelanggang Remaja di Jakarta Utara, Masjid Manarul Amal Mercubuana dan Aula Masjid Assahara di Jakarta Barat, Masjid Al-Bina dan Gedung Arsip Nasional di Jakarta Pusat.

Setelah mendapatkan lokasi nikah, selanjutnya melakukan penyesuaian sisa modal untuk acara nikahnya. Sisa modal sebesar 12 juta rupiah dapat digunakan untuk biaya mahar, cincin, souvenir dan katering. Kamu dapat menekan biaya dengan melangsungkan akad di KUA dan membatasi jumlah tamu sehingga tidak overbudget. Berikut rincian penggunaan biayanya sebagai referensi, yaitu:

  • Hantaran atau seserahan = Rp1.000.000
  • Cincin pernikahan = Rp2.000.000
  • Mahar sepasang alat sholat = Rp400.000
  • Lokasi Resepsi = Rp8.000.000
  • Dekorasi = Rp800.000
  • Catering = Rp5.000.000
  • Undangan dan Souvenir = Rp800.000
  • Rias dan baju pengantin = Rp2.000.000

Nah, kamu juga bisa memilih untuk memasak sendiri dengan bantuan keluarga atau tetangga dengan konsep menu prasmanan sehingga menjadi lebih variatif. 

Bila modal masih cukup, kamu bisa menyewa pengisi acara sesuai sisa modal. Bila tidak cukup, kamu dapat menggantinya dengan memutar musik dari aplikasi atau meminta bantuan keluarga atau teman sebagai pengisi acara.

Jika ingin menikah dengan lebih mengoptimalkan modal ke acara resepsi, kamu bisa melakukan acara di rumah saja. Dengan begitu, kamu kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya sewa gedung, hanya tidak perlu memikirkan biaya sewa gedung lagi. Cukup dengan meminta izin kepada Pak RT dan tetangga saja.

Kelebihan nikah di rumah, kamu tidak harus menikah pada hari kerja di KUA. Selain itu, beberapa penyewaan tenda juga menyediakan paket acara resepsi lengkap, mulai dari baju pernikahan, tenda, dokumentasi, riasan, dan lainnya dengan harga rata-rata sebesar 15 juta rupiah. Dengan sisa modal 5 juta, maka dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

2. Budget Pandemi 

Sampai saat ini, wabah pandemi masih belum berakhir. Oleh karena itu, pelaksanaan pernikahan tentu harus sesuai protokol kesehatan. Salah satu keuntungannya adalah biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit karena tidak semua undangan dapat hadir untuk menghindari penyebaran virus. 

Jumlah tamu yang boleh berada dalam acara kurang lebih 30 orang. Nah, kamu bisa memanfaatkan media live streaming bagi tamu undangan yang ingin menyaksikan acara berbahagia tersebut.

Dengan begitu, kamu cukup menggunakan modal untuk 30 orang yang hadir dalam acara dengan rincian sebagai berikut:

  • Lokasi Resepsi gratis dengan memanfaatkan rumah
  • Akad Nikah = Rp800.000
  • Catering = Rp1.500.000
  • Baju dan rias = Rp3.000.000
  • Dekorasi = Rp1.000.000
  • Undangan dan Souvenir = Rp300.000
  • Dokumentasi = Rp2.000.000
  • Paket Prokes = Rp500.000
  • Mahar dan mas kawin = Rp3.500.000
  • Hantaran = Rp400.000

Total biaya yang dikeluarkan adalah sebesar 13 juta rupiah. Nah, kamu juga bisa lebih mengirit biaya dengan memotong beberapa pengeluaran, seperti biaya undangan dengan menggunakan undangan online sehingga lebih murah. 

Buat yang berencana menikah, kamu bisa memanfaatkan investasi menggunakan Aplikasi Investasi Ajaib dalam menyiapkan modal nikah, lho. Dana kamu akan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman dan memberikan kamu keuntungan. Nah, tunggu apalagi? Segera miliki akun Ajaib ya.

Artikel Terkait