Milenial

Contoh Undangan Pernikahan Beserta Tips Membuatnya

5 Situs untuk Melihat Contoh Undangan Pernikahan

Ajaib.co.id – Contoh undangan pernikahan merupakan salah satu yang disiapkan calon pengantin menghadapi hari besarnya. Biasanya dicari model yang cocok untuk tema yang dipilih namun sekaligus unik dan menarik. Tak heran kedua mempelai benar-benar mempersiapkan kartu undangan pernikahannya agar berkesan.

Acara pernikahan di Indonesia umumnya dirayakan dengan besar-besaran. Jumlah undangannya bisa mencapai ratusan orang. Karena itulah undangan pernikahan merupakan hal yang esensial. Bukan hanya sekedar surat undangan pernikahan yang berisi kata-kata undangan pernikahan namun juga soal desain yang menarik.

Banyak pula yang menyesuaikan desain undangan pernikahan dengan tema pesta yang diangkat. Bukan hanya sekedar untuk membuat orang-orang terkesan namun juga agar tamu undangan berkenan hadir memberikan doa restu dengan undangan yang dibuat sebagus mungkin.

Contoh Undangan Pernikahan Simple

1. Desain Rustic

https://shopee.co.id/Undangan-Pernikahan-Rustic-i.38224375.855416294

Jika kamu menginginkan undangan pernikahan yang berbentuk simple, maka kamu bisa memilih desain simpel satu ini. Dengan bertemakan rustic ini, kamu juga bisa menulis sendiri undangan kamu dengan menggunakan tulisan tangan.

2. Undangan Akrilik

https://shopee.co.id/Kartu-undangan-akrilik-undangan-akrilik-murah-acrylic-invitation-card-kartu-undangan-akrilik-unik-i.16929098.4201822432

Bahan akrilik juga bisa dipilih untuk undangan pernikahan. Agar lebih formal, kamu bisa menambahkan amplop untuk memasukkan undangan pernikahanmu. Namun, undangan dengan desain ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Jadi, pastikan kamu memiliki budget yang cukup jika ingin menggunakan desain satu ini.

3. Undangan Biru Tua

amazon.co.uk

Meski terlihat sederhana, undangan berwarna biru tua dan potongan bermotif di bagian kiri dan kanannya bisa menarik dan tampak elegan. Di mana, potongan di kanan dan kirinya pun bisa menambah kesan seni dan mempercantik bentuk undangan.

4. Perpaduan Black and Gold

Warna hitam dan gold menjadi salah satu perpaduan yang cantik untuk undangan pernikahan. Warna tersebut bisa memberikan kesan elegan dalam undangan. Meski simple, undangan pernikahan ini tetap terlihat mewah karena perpaduan dua warna tersebut.

Itulah beberapa contoh desain undangan pernikahan dengan desain yang simpel dan minimalis. Kira-kira desain seperti apa yang kamu sukai?

Dulunya, para calon mempelai biasanya mengumpulkan undangan pernikahan yang diterima untuk dijadikan inspirasi. Namun di era serba digital ini kamu tidak perlu repot lagi. Kamu bahkan bisa mendapatkan contoh undangan pernikahan jauh lebih banyak via internet. Ada sejumlah situs yang secara khusus menyediakan inspirasi bagi para calon pengantin untuk mendesai kartu undangannya.

Cari Contoh Surat Undangan Pernikahan Untuk Inspirasi? Coba Cek 5 Situs Berikut

Sejak jauh hari, banyak calon pengantin yang meluangkan waktunya untuk menyusun konsep pernikahan. Tujuannya agar semua aspek dalam pernikahannya seiring dan seirama. Biasanya diambil satu tema tertentu untuk dijadikan panduan.

Salah satu bentuknya biasanya berupa desain undangan pernikahan. Jika dulu undangan pernikahan hanya sekedar mementingkan informasinya saja maka sekaranga tidak demikian. Bukan hanya sekedar informasi belaka namun juga tampilan, desain dan keunikan. Bahkan tak jarang orang berusaha tampil seunik mungkin agar pernikahannya termasuk pula undangannya berkesan bagi banyak orang.

Karena itu, orang berlomba-lomba mencari desain undangan yang paling menarik. Dalam usahanya inilah kemudian banyak yang mencari contoh undangan pernikahan untuk dijadikan model, pembanding atau sekedar inspirasi. Untuk alasan ini pulalah banyak yang menyimpan undangan pernikahan yang pernah diterimanya.

Terlebih lagi jika undangan itu dianggap unik dan menarik sehingga berharap bisa ditiru di waktu mendatang. Hanya saja cara ini memang terbatas karena model yang bisa kamu ikuti hanya sebatas undangan milik kenalanmu saja. Namun kini tersedia banyak contoh undangan pernikahan yang bisa didapatkan dengan cara googling.

Bahkan jumlah, varian dan modelnya bisa jauh lebih banyak. Kamu juga bisa mencari inspirasi undangan pernikahan dari negara lain untuk tampilan yang berbeda. Asalkan tahu situs yang tepat, dijamin undangan milikmu bakal lain daripada yang lain.

Contoh undangan pernikahan sekarang sudah banyak tersebar di internet. Undangan pernikahan termasuk salah satu keperluan yang harus kamu persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. Undangan pernikahan sekarang sudah banyak bentuknya, tidak harus dalam bentuk cetak yang terkadang sebenarnya cukup menguras uang karena undangan tersebut tentunya akan dibiarkan begitu saja sehabis dibuat.

Contoh undangan pernikahan saat ini bisa dibuat dalam bentuk lain seperti gambar dan video. Cara ini bisa dibilang lebih murah dan juga tidak buang-buang kertas. Mungkin kamu akan bingung ketika pertama kali membuat undangan seperti itu. Namun, cobalah mengunjungi website-website di bawah ini untuk melihat contoh undangan pernikahan yang keren.

1. Nikah.co.id

Situs ini sangat menarik karena menyediakan jasa pembuatan undangan pernikahan secara online dalam bentuk website. Di mana, website ini berlaku dalam 3 bulan sejak undangan dibuat. Cara ini tentu bisa cukup menghemat pengeluaran karena membuat undangan pernikahan website di sini adalah gratis.

Kamu tinggal memilih desain dari contoh desain pernikahan yang mereka tawarkan. Cara menyebarkan undangan, kamu tinggal menyebarkan link website undangan pernikahan yang kamu buat. Alternatif ini cocok dipilih jika tamu yang kamu undang kebanyakan dari generasi milenial atau yang internet savvy.

Namun jika sebagian besar undanganmu berasal dari kalangan yang berumur misalnya saja teman dan rekan orang tua atau calon mertuamu, mungkin ini bukan pilihan tepat. Meski demikian, contoh undangan pernikahan dari situs ini bisa kamu jadikan rujukan.

2. Nikahnya.com

Situs unik satu ini menyediakan layanan pembuatan undangan pernikahan dalam bentuk website, gambar, dan video. Bermacam-macam contoh undangan pernikahan yang bisa kamu lihat di sini dan tentunya desainnya sangat cantik-cantik. Selain itu, masa berlaku website undangan pernikahan yang kamu buat adalah selamanya.

Kamu diharuskan membayar minimal Rp59.000 untuk menggunakan jasa mereka. Namun harga itu pas dengan jasa yang ditawarkan. Contoh undanga pernikahan dengan format digital ini memang masih jarang digunakan. Dijamin undangan pernikahanmu pasti akan dikenang banyak orang.

Jenis undangan seperti ini juga bermanfaat jika suatu saat nanti kamu ingin mengenang hari bahagiamu. Cukup dengan membuka website undangan pernikahan sendiri atau videonya maka kamu bisa mengingatnya sepuasnya. Anak dan cucu nantinya juga bisa menyaksikan langsung undangan hari bahagiamu itu.

3. Mengundang.co

Situs ini juga menyediakan contoh undangan pernikahan yang ciamik dalam bentuk website. Sepertinya undangan pernikahan dalam bentuk website sekarang sudah cukup populer dan banyak peminatnya. Sudah berdiri sejak tahun 2015 dan memiliki banyak pelanggan.

Ada fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan ketika memesan undangan pernikahan, antara lain desain website dibuat langsung oleh ahlinya. Di website itu terdiri dari video, gambar, undangan, maps, dan fitur-fitur lain yang begitu khas.

Harga yang ditawarkan untuk paket pembuatan website ini adalah Rp599.000. Harga yang cukup pas dengan berbagai macam item yang ditawarkan. Contoh undangan pernikahan yang ditawarkan juga bervariasi sehingga kamu bisa leluasa memilihnya.

4. Wedew.id

Situs yang punya contoh undangan pernikahan ini menyediakan fitur yang menarik. Sama seperti situs di atas, wedew.id menyediakan fitur undangan nikah versi website dengan desain yang menarik. Yang membedakannya dari yang lain adalah di website yang kamu buat bisa ada fitur RSVP.

Fitur ini membuat kamu bisa mengetahui siapa saja para undangan yang ingin datang dan tidak bisa datang di pernikahanmu. Sistem reservasi mungkin memang belum familiar di Indonesia namun sudah banyak diterapkan di luar negeri. Aspek positifnya adalah kamu tak perlu khawatir kateringmu kurang karena jumlah tamunya yang datang sudah pasti.

5. Sebarundangan.id

Situs ini menyediakan undangan pernikahan secara online secara gratis. Untukmu yang memiliki budget seadanya, bisa menggunakan contoh undangan pernikahan di website ini karena punya desain dan fitur yang oke punya.

Mungkin memang desain undangan yang kamu pakai tidak orisinil namun tidak akan mengurangi keindahannya. Ada banyak contoh undangan pernikahan menarik yang juga bisa disesuaikan dengan tema pernikahanmu kok di situs ini.

Itulah beberapa website yang memudahkan kamu untuk membuat undangan, Dengan membuat undangan dengan beberapa situs di atas, kamu bisa membuat undangan unik dengan desain undangan pernikahan yang cocok sesuai dengan tema undangan serta resepsi pernikahan.

Tips Membuat Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan merupakan surat tidak resmi yang bisa kamu buat sekreatif mungkin. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membuat surat undangan pernikahan.

1. Informasi yang harus ada dalam undangan

Informasi paling penting yang harus ada dalam undangan adalah kedua nama mempelai yang akan menikah. Apalagi jika kamu tidak memberikan undangan langsung atau menitipkannya, maka ini sangat penting. Setelah itu, jangan lupa menuliskan salam dan maksud untuk mengundang mereka ke pernikahanmu.

Nama kedua orangtua juga wajib dituliskan, karena biasanya orangtua juga akan mengundang kolega dan saudara jauh, yang mungkin tidak familiar dengan namamu. Bagian terpenting dari undangan adalah hari, tanggal, waktu, dan tentunya lokasi. Kamu juga bisa memberikan petunjuk arah tempat melaksanakan pernikahan.

2. Menulis nama orang yang diundang

Pada pembuatan surat undangan pernikahan, nama orang yang akan kamu undang juga perlu dipersiapkan. Pastikan juga ejaan nama dan jabatannya benar. Kamu bisa menggunakan panggilan Bapak/Ibu sebagai salah satu penulisan undangan yang formal. Hal ini akan menunjukkan kamu menghormati tamu yang diundang ke pernikahan tersebut.

3. Sesuaikan konsep undangan dengan tema pernikahan

Pemilihan konsep dan desain undangan juga bisa disesuaikan dengan tema pesta pernikahan. Kamu bisa menggunakan tema minimalis, glamor, vintage, tradisional, atau berbagai tema lainnya. Di mana, tema ini nantinya bisa kamu sesuaikan dengan warna undangan yang akan digunakan, pemilihan font, dan juga ornamen yang akan ada di dalam undangan. Jika tema pernikahan kamu adalah minimalis, maka kamu bisa menggunakan warna putih.

Itukah beberapa tips membuat undangan pernikahan. Untuk membuat undangan pernikahan tentu kamu membutuhkan dana yang lumayan besar jika kamu akan mengundang banyak orang.

Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya pernikahan, di mana untuk mencetak undangan sendiri biasanya bisa mengeluarkan anggaran minimal Rp5.000 per undangan. Biar bagaimana pun, penting sekali memastikan jika pesta pernikahanmu tetap on budget.

Jika pandai memilih contoh undangan pernikahan yang unik dan murah tentu saja akan jadi keuntungan tersendiri. Kelebihan dananya bisa kamu manfaatkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat misalnya saja berinvestasi reksa dana.

Artikel Terkait