Milenial

Staycation artinya Liburan Tanpa Bepergian, Kok Bisa?

staycation

Ajaib.co.id – Pernah mendengar istilah staycation? Jika belum, kamu harus tahu jenis liburan ini dan seberapa asyik dalam melakukannya. Agar lebih jelas, yuk simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Beristirahat dan menjernihkan pikiran sejenak adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai kamu larut dalam pekerjaan atau pendidikanmu sampai-sampai lupa beristirahat dan malah menjadi stres ya! Ingat, kamu butuh refreshing setelah melakukan pekerjaan yang berat.

Setiap orang menjernihkan pikirannya melalui aktivitas yang berbeda-beda. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula pilihan refreshing yang ada.

Kaum milenial seperti kamu memiliki caranya tersendiri dalam menjernihkan pikiran. Ada yang dengan berolahraga, bermain game online, membaca novel, hingga travelling. Apakah kamu adalah salah satu orang suka travelling?

Travelling menjadi kegiatan yang paling digemari, terlebih oleh generasi milenial. Selain karena banyaknya pilihan destinasi wisata yang tersedia, pengalaman yang diberikan setiap travelling pun akan menjadi cerita unik tersendiri.

Seseorang yang menyukai travelling pertamanya kemungkinan akan kembali travelling lagi pada kesempatan lain. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara lain dari travelling dari yang selama ini kita ketahui?

Travelling yang lazimnya dilakukan adalah dengan mengunjungi suatu wilayah lalu mulai melakukan eksplorasi pada daerah tersebut. Namun, ada juga travelling yang dilakukan tanpa melakukan eksplorasi. Lho, jadi untuk apa travelling?

Travelling seperti ini biasa disebut dengan staycation. Kegiatan yang dilakukan pada staycation artinya adalah dengan berdiam pada tempat tinggal di suatu wilayah tertentu, bisa hotel, villa, maupun apartemen. Jadi staycation artinya hanya berdiam pada tempat singgah saja? Ya!

Staycation artinya berasal dari dua kata, yakni “Stay” dan “Vacation”. Stay berarti tinggal dan vacation berarti liburan. Staycation artinya liburan yang dilakukan dengan menetap di suatu tempat. Staycation artinya biasanya dilakukan oleh orang-orang yang bosan dengan travelling atau liburan yang begitu saja.

Orang-orang yang memiliki waktu terbatas tetapi membutuhkan suasana baru juga biasanya lebih cenderung melakukan staycation. Perencanaan yang jauh lebih mudah dan harga yang lebih terjangkau juga bisa menjadi alasan lainnya.

Fenomena ini mulai populer di Amerika pada kisaran 2003. Di Indonesia sendiri, Staycation baru menjadi tren pada awal 2010-an. Dengan konsep seperti itu, maka hal utama yang menjadi pertimbangan adalah layanan atau akomodasi yang paling nyaman serta lengkap.

Bisa jadi hotel dengan pelayanan maksimal, villa dengan tingkat kenyamanan yang tinggi, atau apartemen yang strategis dari tempat perbelanjaan. Meskipun dilakukan hanya berdiam diri seperti di rumah saja tetapi staycation dengan suasana lingkungan yang baru seperti ini dianggap mampu untuk menjernihkan pikiran daripada berdiam diri di rumah.

Staycation artinya biasa dilakukan sendiri, karena memang bertujuan untuk menjernihkan pikiran. Namun tidak jarang pula ada orang yang melakukan staycation bersama teman atau bahkan keluarga hanya demi untuk mendapatkan suasana baru.

Selain untuk liburan, staycation artinya juga biasa dilakukan untuk merayakan sesuatu seperti merayakan ulang tahun atau anniversary pernikahan. Staycation artinya menjadi sebuah kesempatan untuk menjernihkan pikiran bersama-sama.

Di Indonesia, tren staycation ini cenderung terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Apakah kamu berencana untuk melakukan staycation pada kota-kota besar ini? Berikut beberapa rekomendasi hotel untuk kamu coba jika berkunjung ke tiga kota ini!

Jakarta – Hotel Gran Mahakam

Hotel berbintang lima yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta ini menawarkan suasana staycation dengan interior mewah yang didesain dengan mewah.

Walaupun terletak di tengah keramaian, fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan Hotel Gran Mahakam cukup mampu memberikan suasana yang baru dan mampu membuat kamu melupakan kesemrawutan ibukota. Mulai dari kolam renang indoor, spa, hingga fitness center disediakan lengkap oleh hotel yang satu ini.

Meskipun konsep staycation membuat kamu untuk tidak pergi ke mana-mana tetapi jika kamu suntuk dan ingin berjalan santai, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar hotel karena daerah Kebayoran Baru dan Blok M memiliki banyak akan pusat keramaian. Kamu juga bisa melakukan wisata kuliner karena cukup banyak tempat makan yang tersedia di area ini.

Jakarta – Best Western Premier The Hive

Hotel yang satu ini berlokasi di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Sama seperti Gran Mahakam, Best Western Premier The Hive juga menawarkan fasilitas spa dan fitness center. Hotel ini juga terkenal dengan pelayanan restoran dan barnya yang sangat lengkap dan memuaskan.

Bandung – Cottonwood Bed & Breakfast

Cottonwood Bed & Breakfast menawarkan interiornya yang unik. Desain yang instagramable cocok sekali untuk kaum milenial seperti kamu. Mulai dari mural luar, lorong, hingga detail kamar yang unik dan terlihat sangat chic menjadi daya tarik hotel ini di kalangan anak muda.

Bandung – Summerbird Bed and Brasserie

Hotel yang satu ini berada di kawasan Pasir Kaliki, Bandung. Hotel ini dihiasi oleh ornamen kayu dan tanaman. Hotel ini juga terkenal dengan tema kamarnya yang berbeda dengan hotel yang lain.

Tema ‘Rustic’, ‘French’, ‘Vintage’, dan ‘Scandinavian’ dipilih oleh Summerbird Bed and Brasserie untuk menjadi tema besarnya. Area café dari hotel ini juga sangat terkenal dengan aroma kopi khas yang mengisi satu ruangan.

Surabaya – Hotel Majapahit

Hotel ini memiliki bangunan yang unik! Gedung Hotel Majapahit ini sendiri memang merupakan bangunan kolonial peninggalan Belanda. Bentuk bangunan terlihat sangat klasik dan memberikan kesan yang elegan.

Pengalaman staycation kamu di sini dijamin mewah dan asri karena hotel ini juga menawarkan halaman hijau luas yang bisa menjernihkan pikiran dengan maksimal.

Setiap kamar yang ada pun didesain dengan sangat terperinci dan dilengkapi dengan dekorasi yang juga bertema vintage sesuai dengan bentuk gedungnya. Hotel Majapahit juga menawarkan fasilitas seperti fitness center, spa, dan kolam renang outdoor.

Apakah kamu semakin tertarik untuk staycation? Jangan lupa untuk memilih tempat penginapan yang paling nyaman menurutmu

Artikel Terkait