Milenial

23 Obat Stres yang Membantu Pikiranmu Selama menjalani PSBB

obat stress

Ajaib.co.id – Obat stres yang timbul akibat pemberlakuan PSBB adalah melakukan aktivitas stress-reliever yang agak nyeleneh, dan tidak mainstream agar kamu cepat kembali fresh dan bahagia!

Jari-jari tangan dan kakimu mungkin sudah hampir habis menghitung hari-hari PSBB di rumah Aja! Bahkan mungkin juga jari tangan dan kaki semua anggota keluargamu di rumah? Rasanya bagaikan sudah 1 abad mager di rumah, tapi kok belum ada kabar juga sampai kapan situasi ini terus berlangsung. Kerja, makan, main di rumah berhari-hari, pasti jenuh.

Tiap siang pantau terus update konfirmasi jumlah penularan, penyintas dan korban, berharap tren jumlah menurun dan segera berujung pencabutan PSBB. Apakah itu sudah cukup jadi obat stres kamu?

Obat Stres Akibat Bencana Baru, Harus Baru Juga!

Saat kamu menerapkan solusi yang sama bagi masalah lama, hasilnya ya pasti sama saja. Olahraga, bermain dengan hewan peliharaan, meditasi, asupan anti stres, semua sudah sering dibahas, selain tentunya beribadah dengan khusuk.

Jika kamu ingin mengembangkan kekuatan mentalmu, kamu harus berperilaku seperti ilmuwan. Bereksperimen dengan banyak solusi yang berbeda, lalu kenali mana yang berhasil, mana yang tidak. Jika suatu solusi tak berhasil, jangan ngotot, segera cari alternatif solusi baru.

Dalam tulisan kontribusi bagi Zen Habits, artikel berjudul 6 Teknik Mengagumkan Untuk Tetap Bahagia Selama Project Penuh Stres telah mendapat feedback luar biasa, salah satunya adalah “Take a Weird Break”. Isinya adalah berikut ini:

Lakukan Istirahat yang Aneh

Saya sering merasa suntuk karena tak mampu berfokus pada apa yang harus saya kerjakan. Terdapat terlalu banyak pilihan. Saya harus menulis sebuah email, menyusun laporan, membuat marketing plan, lalu saya tiba-tiba merasa kepanasan dan berkabut!

Pikiran saya yang overloaded serasa ingin shutdown seketika! Biasanya saya lalu melakukan istirahat yang aneh demi menjernihkan kepala seperti: berjalan-jalan santai dan bergelantungan pada cabang pohon yang ada di dekat saya, hingga tiba momennya kreatifitas saya terasa mulai mengalir lagi.

Ada begitu banyak cara bagi kita semua untuk membebaskan diri dari kondisi stres, jika kita mau meluangkan waktu untuk menjadi kreatif. Kamu harus menemukan solusi kreatif bagi stres yang terus merongrong. Berikut ini ada deretan cara istirahat aneh yang bisa meningkatkan kebahagiaan:

23 Ide Istirahat Aneh untuk Obat Stres Akibat PSBB

1. Berdiri dengan 1 Kaki di Lokasi yang Dapat Dilihat Orang Banyak, Lalu Bernafaslah dengan Santai

Ini adalah juga latihan bagi diri sendiri untuk tidak memusingkan pendapat orang lain. Aktivitas ini akan membantu kamu fokus pada saat sekarang realitas.

2. Telepon Seorang Teman yang Lebih dari 1 tahun Tidak Berhubungan

Kadang kamu butuh untuk terhubung kembali dengan teman lama untuk membantu diri memandang kehidupan dari perspektif yang lebih lengkap.

3. Tertawa Terbahak-bahak pada Lelucon yang Tak Terlalu Lucu

Tujuannya adalah mengalokasikan usaha lebih pada tertawa. Hal ini akan memicu keluarnya hormon-hormon pelepas stres seperti endorphin, oksitosin, serotonin.

 4. Minum Sambil Terbalik

Minum seteguk air dalam posisi terbalik dengan sedotan (awas tersedak), yang mampu mengurangi cegukan dan stres.

5. Pergi ke Luar dan Rasakan Rumput di Telapak Kaki Selama 60 Detik

Biarkan diri kamu untuk merasa bagaikan anak kecil lagi yang tak punya waktu untuk stres. Saat kamu keluar rumah dan menikmati keindahan alami rerumputan, yang ada hanya dirimu dan bumi.

6. Pukul Bola Golf dari Arah yang Berlawanan dari Biasanya

Lakukanlah apapun dari arah sebaliknya. Kamu harus memusatkan fokus. Bahkan mencoba menuliskan namamu dengan tangan satunya yang tak biasa dipakai, akan melepaskanmu dari stres.

7. Panjat Pohon Tanpa Beralas Kaki

Aktivitas ini bisa menyakitkan bila kamu salah memilih pohon. Jadi cari yang batangnya halus ya.

8. Ciptakan Sebanyak Mungkin Suara Aneh dari Selembar Kertas

Ini ide yang tiada habisnya. Contohnya: pegang selembar kertas di sisi atasnya, lalu getarkan dari ujung ke ujung.

9. Memeluk Pohon

Kita semua wajib menjadi pemeluk pohon pada suatu saat dalam hidup ini. Tanpa kamu sadari, kekokohan batang pohon yang kamu peluk akan menularkan gelombang kekuatan positif kepadamu.

10. Pesan dan Beli Minuman Teraneh/Terkreatif Via Online

Pilih yang higienis, nikmati bersama dengan keluarga di rumah, atau rekan kerja pada jeda istirahat pertama working from home via online, sambil menertawakan keanehan dan membahas kelezatannya.

11. Meditasi di Dalam Mobil, atau Di Halaman Rumput, Lalu Bayangkan Rasanya Jadi Burung

Menggunakan imajinasimu adalah cara beristirahat aneh termudah yang bisa kamu lakukan. Bisa terbang bagaikan burung, menjadi Hollowman, bahkan menciptakan planet baru! Semuanya akan menurunkan stres.

12. Ceritakan pada Rekan Kerja Tentang Hal Teraneh yang Pernah Kamu Lakukan Saat Kecil

Banyak hal aneh yang dilakukan setiap orang saat kecil. Mengingat dan menceritakannya akan menyegarkan bagian pikiran yang lama terpendam. Pastikan itu bukan hal yang berbahaya bagi keselamatan.

13. Buatlah Patung Lucu-lucuan dari Kertas Tisu dan Selotip

Sebuah karya seni aneh akan mampu melepaskan kamu dari cara pikir normal dan membantumu beristirahat.

14. Berjalan Mundur di Sekitar Halaman Rumah

Aktivitas aneh yang sederhana ini akan melatih fokus, sensitivitas dan kadar cuek kamu!

15. Tempelkan selembar Daun pada Tiap Anggota Keluargamu di Rumah

Aktivitas yang satu ini memang super aneh dan berisiko mengesalkan orang lain, tapi, ada kemungkinan besar mereka pun akan menikmatinya lho setelah terkurung berhari-hari Di Rumah Aja!

16. Cari Tokoh Populer Penyintas Stres Pujaanmu, Lalu Bayangkan Curhat Kepadanya

Nelson Mandela? Abraham Lincoln? Snow White? Siapapun yang pernah mengalami stres parah namun berhasil mengatasinya dan menjadi pribadi yang kuat.

17. Ubah Letak Semua Benda di Mejamu ke Arah Berlawanan Hanya Untuk 1 Hari

Hidup adalah tentang persepsi. Akan selalu baik manfaatnya untuk mengubah perspektif saat kamu sedang stres.

18. Pungut Benda Aneh yang Ditemukan Saat Berjalan-jalan di Waktu Istirahat, Lalu Kumpulkan di Mejamu

Bisa kulit kerang, batu aneh, kancing unik, atau apapun. Kamu akan merasa tenang tiap kali melihatnya karena teringat jalan-jalan santai saat menemukannya.

19. Kirimi Rekan Kerjamu Link Sebuah Kisah Teraneh di Internet

Ada banyak orang super aneh di luar sana. Manfaatkan keanehan mereka untuk melepas stres kamu, rekan serta keluarga di rumah.

20. Kalau Punya Mesin Fotokopi, Fotokopilah Wajahmu!

Pejamkan mata agar aman dari sinar. Tertawakanlah keanehan ekspresi wajahmu!

21. Putar Kursi yang Kamu Duduki, Tunggu Momennya Hingga Berhenti dengan Sendirinya

Pusing, tapi asik!

22. Kunyahlah Permen Karet

Riset sudah membuktikan bahwa orang yang mengunyah permen karet punya tingkat stres lebih rendah, dan tingkat kebahagiaan lebih tinggi.

23. Berpelukan!

Pelukan, ciuman, berangkulan dan sex terbukti secara ilmiah membantu melepaskan oksitosin sekaligus menekan produksi oksitosin sang pemicu stres.

Ceriakan hari-hari PSBB-mu dengan obat stres berupa 23 istirahat aneh yang bisa membantumu keluar dari rutinitas Di Rumah Aja! dan mendapatkan perspektif yang lebih sehat dan bahagia.

Kalau keanehannya terasa terlalu gila, pilih yang kamu nyaman saja ya. Sebenarnya kita semua pasti punya sisi aneh, mari tampilkan, rayakan dan nikmati momen-momen jadi diri sendiri!

Jika stresmu sudah teratasi, jangan lupa untuk pantau kembali portfolio investasimu demi tercapainya kebebasan finansial di masa depan. Lengkapi dan kembangkan performanya dengan investasi yang berintegritas, fleksibel dan menguntungkan seperti reksa dana di Ajaib.

Aplikasi Ajaib ini mudah, menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000, menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta diawasi penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, Ajaib tetap jadi pilihan cerdas untuk kaum milenial.

Artikel Terkait