Milenial

Beda Perspektif Pemasaran Antara Generasi Z dan Milenial

Generasi Z dan Milenial

Ajaib.co.id – Memahami setiap audiens dapat membantu pemasar dan pemilik bisnis menyusun pesan yang tepat di saluran yang tepat. Dan penyelaman demografis yang mendalam dari setiap penelitian sangat penting jika anak muda merupakan sebagian besar audiens yang kamu pasarkan. 

Namun ada perbedaan antara Generasi Z dan Milenial dalam menanggapi tawaran dan kampanye pemasaran. Jadi inilah saatnya untuk mempelajari perbedaan utama antara kedua kelompok ini.

Tetapi pertama-tama, mari kita bahas beberapa dasar-dasarnya dulu.

Berapa Kisaran Usia Milenial?

Kaum milenial didefinisikan sebagai mereka yang lahir antara 1980-1995. Ini berarti bahwa pada tahun 2020, jutaan orang akan berada dalam kisaran usia 25-40 tahun.

Berapa Kisaran Usia Generasi Z?

Anggota Gen Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1996 hingga 2015. Ini menempatkan kelompok usia untuk Gen Zers dalam kisaran 5 hingga 24 tahun pada tahun 2020.

Apa yang terjadi setelah generasi Z? Beberapa menyebut kedatangan terbaru ini sebagai Generation Alpha. Ini adalah generasi yang tidak akan pernah tahu dunia tanpa smartphone.

Generasi Z dan Milenial: Apa Perbedaan Dua Generasi Ini?

Mereka semua mungkin terlihat muda. Tetapi generasi Z dan milenial sangat berbeda dalam cara mereka berbelanja, berinteraksi dengan merek, dan melihat uang.

Berikut adalah perbedaan-perbedaan antara generasi z dan milenial didasari pada penelitian dari HubSpot.

1. Lebih banyak milenial daripada Gen Zers akan membayar ekstra untuk pengalaman pelanggan

Generasi Milenial memiliki harapan yang lebih tinggi untuk pengalaman pelanggan. Mereka bersedia untuk membayar lebih untuk pengalaman itu. 

Sebanyak 74% generasi milenial mengatakan standar mereka untuk pengalaman pelanggan lebih tinggi daripada sebelumnya dibandingkan dengan 62% dari Gen Z. Sebanyak 75% generasi milenial akan membayar lebih untuk pengalaman pelanggan yang hebat (vs 69% dari Gen Z). 

2. Gen Z menetapkan batas yang lebih tinggi untuk inovasi dari perusahaan

Sementara 80% milenial setuju perusahaan membawa produk dan layanan inovatif ke pasar berdasarkan kebutuhan dan nilai-nilai pelanggan, hanya 71% dari Gen Z setuju. 

Mungkin Gen Z mengharapkan lebih banyak inovasi karena mereka tumbuh dalam era inovasi yang cepat. Misalnya, milenial masih ingat rental film DVD, sementara Gen Z hidup di era Netflix dan layanan streaming film lainnya.

3. Gen Z kurang memercayai perusahaan dibandingkan generasi milenial – tetapi bisa terpengaruh

Menurut Salesforce Research, 71% generasi milenial mengatakan bahwa mereka memercayai perusahaan, sementara Gen Z hanya 63%. Lebih dari setengah milenial (55%) merasa nyaman dengan cara perusahaan menggunakan informasi pribadi mereka, tetapi hanya 44% dari Gen Z yang setuju.

Banyak yang dikatakan tentang menurunnya kepercayaan pada perusahaan secara keseluruhan, namun ada secercah harapan. Gen Z bahkan lebih cenderung mengatakan bahwa perusahaan yang menunjukkan tanggung jawab sosial memperkuat kepercayaan mereka (62% vs 56%).

4. Gen Z bersifat pragmatis, milenial idealis

Generasi Milenial adalah generasi yang optimis yang sering dipandang sebagai orang yang diampuni oleh orang tua dan orang dewasa dalam kehidupan mereka. 

Sementara itu, mereka yang berada di Gen Z lebih pragmatis. Sementara milenial dibesarkan selama boom ekonomi, Gen Z tumbuh selama resesi.

Generasi ini telah dibentuk oleh tekanan ekonomi yang terjadi selama masa kanak-kanak mereka, ketika orang tua dan komunitas mereka mungkin telah berjuang dengan pekerjaan dan keuangan. 

Dengan demikian, pemasaran yang paling sukses menuju Gen Z berfokus pada nilai jangka panjang dan investasi cerdas.

5. Gen Z berfokus pada penghematan uang, milenial lebih fokus pada pengalaman

Remaja masa kini cenderung lebih tertarik untuk menabung daripada generasi milenial pada usia itu. Gen Z tertarik pada pembelian yang memaksimalkan nilai setiap rupiah yang dikeluarkan, sedangkan generasi milennial lebih tertarik pada seluruh pengalaman membeli suatu produk.

Ketertarikan Gen Z dalam pembelanjaan yang konservatif adalah akibat langsung dari pertumbuhan di masa resesi ekonomi – dan konsumsi yang mencolok tidak menarik bagi mereka. Mereka waspada dan sadar akan kehabisan uang mereka. 

Ketika memasarkannya kepada mereka, menekankan investasi berkualitas tinggi dan menawarkan banyak tawaran dan bonus (seperti pengiriman gratis atau gratis) adalah strategi yang cerdas.

6. Generasi Milenial menyukai keaslian, tetapi Gen Z membawanya ke tingkat yang baru

Kamu mungkin sudah tahu bahwa milenial lebih memilih merek yang memperjuangkan transparansi dan berbagi nilai-nilai mereka. Tetapi Gen Z bahkan lebih terobsesi untuk menemukan merek yang terasa otentik. 

Misalnya, Dormify, sebuah toko yang menawarkan dekorasi untuk ruang-ruang kecil, mendapati bahwa citra yang lebih gelap dan berkualitas rendah paling baik untuk Gen Z. Menampilkan foto pelanggan sebelum dan sesudah foto daripada pemotretan telah membawa kesuksesan paling besar. 

Demikian pula, American Eagle membagikan bahwa kebijakan no-Photoshop-nya sangat selaras dengan remaja lebih muda yang tidak ingin melihat konten yang terasa terlalu palsu atau dipantaskan.

Gen Z ingin melihat konten yang sebenarnya dapat dicapai dan tidak terlalu dipoles. Pertimbangkan meningkatkan pemasaran influencer untuk memanfaatkan konten yang beresonansi dengan Gen Z dari trendsetter yang sudah mereka hormati.

7. Gen Z lebih suka berbelanja di dalam toko, milenial berbelanja online

Milenial adalah pembeli online profesional. Mereka mengeluarkan smartphone atau laptop kapan saja mereka menginginkan sesuatu yang baru. Mereka menyaksikan dunia beralih dari koneksi yang terbagi-bagi ke konektivitas yang selalu aktif, dan mereka memanfaatkan kenyamanan ini di setiap kesempatan. 

Namun, Gen Z sebenarnya lebih suka berbelanja di toko. Mereka suka merasakan dan melihat produk secara langsung untuk memastikan mereka membeli sesuatu yang berkualitas tinggi, dan mereka juga tertarik pada pengalaman unik yang terjadi di toko-toko (seperti kelas kecantikan di toko makeup atau kelas olahraga di toko pakaian olahraga). 

Pikirkan tentang bagaimana kamu dapat membawa lebih banyak remaja ke toko kamu (jika kamu memiliki lokasi fisik) dengan pengalaman pendidikan atau media sosial yang layak.

8. Milenial nyaman dengan merek, Gen Z ingin merasa mandiri dengan merek sendiri

Ketika milenial berada di sekolah menengah, nama-nama merek menjadi hal yang populer. Kaos oblong, jeans, dan sepatu dengan merek terpanas adalah cara mereka menunjukkan selera mode kamu. Sekarang mereka sudah dewasa, milenial mungkin bersedia membayar lebih untuk merek pilihan mereka.

Gen Z, di sisi lain, tidak ingin didefinisikan oleh merek apa pun selain merek mereka sendiri. Mereka ingin merayakan kemerdekaan mereka sendiri, dan mereka menggunakan media sosial untuk menemukan komunitas tempat mereka merasa diterima.

Jadi pendekatan pemasaran terbaik untuk Gen Z adalah merayakan individu, memberitahu pelanggan bahwa mereka dapat menjadi apa pun dan siapa pun yang mereka inginkan, tidak mencoba untuk meresepkan citra spesifik atau terlalu sempit.

Artikel Terkait