3 Cara Untuk Memanfaatkan Kekuatan Pemasaran Direct Mail

pemasaran direct mail
pemasaran direct mail

Sebenarnya apa itu pemasaran direct mail? Bagi yang masih belum mengetahuinya, redaksi Ajaib akan menjelaskan manfaat menggunakan pemasaran direct mail sebagai berikut ini.

Pemasaran penyuratan secara langsung adalah cara pemasaran yang dinilai sudah ketinggalan zaman, tetapi bisa mendapatkan hasil baru untuk bisnis kamu. Karena itu tidak terduga, itu bisa memberikan keunggulan kompetitif daripada pesaing-pesaing yang sudah meninggalkan cara pemasaran jenis ini.

Sebagai pemilik bisnis kecil atau pendiri pemula, kamu perlu secara konsisten menerapkan kampanye pemasaran melalui semua saluran yang tersedia yang menjangkau pelanggan ideal kamu (yaitu, audiens target).

Lamu mungkin berpikir bahwa pemasaran direct mail sudah mati, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya. Misalnya, Inkit melaporkan bahwa tingkat respons surat langsung telah meningkat sejak 2017, dan tingkat respons tersebut secara signifikan lebih tinggi daripada bentuk pemasaran lainnya seperti pemasaran jarak jauh dan pemasaran email.

Jika kamu tidak memanfaatkan pemasaran direct mail, kamu harus mulai secepatnya! Berikut adalah tiga cara cerdas untuk memulai.

Dapatkan Daftar yang Tepat

Langkah pertama kamu untuk memulai dengan pemasaran s direct mail adalah mendapatkan daftar yang tepat. Jika kamu mengirim email ke kontak yang pada akhirnya tidak akan menguntungkan bisnis kamu, kamu membuang-buang waktu dan sumber daya.

Kamu punya beberapa pilihan. Kamu dapat membuat daftar direct mail kamu sendiri dari data internal. Daftar ini akan mencakup orang-orang yang sudah berinteraksi positif dengan kamu, termasuk pelanggan dulu dan sekarang, pelanggan panas dan dingin, dan mitra afiliasi apa pun. Kamu akan menghemat uang dengan menggunakan daftar yang sudah kamu miliki, tetapi kamu perlu memastikan data kamu terkini dan akurat.

Jika kamu ingin bercabang, kamu juga dapat membeli atau menyewa daftar. Ini adalah pilihan yang bagus jika kamu masih membangun audiensmu. Kamu bisa mendapatkan spesifik dengan daftar yang dibeli; kamu dapat menargetkan data yang kamu beli berdasarkan minat, asosiasi, dan riwayat pembelian. Opsi ini jelas lebih mahal, tetapi mungkin layak untuk bisnis kamu.

Tambahkan Nilai dengan Konten Kamu

Sekarang setelah kamu memiliki daftar, sekarang saatnya membuat konten. Kunci keberhasilan direct mail adalah memastikan kamu membagikan penawaran langsung. Jika kamu tidak menambahkan nilai langsung, prospek kamu akan membuang penawaran surat kamu di tempat sampah. Bisakah kamu menyalahkan mereka?

Sertakan penawaran yang menarik perhatian segera. Coba dengan diskon signifikan, undangan untuk bergabung dengan program afiliasi kamu, atau undangan ke acara industri inklusif.

Pendekatan lain adalah kampanye “kaget dan kagum”. Idenya di sini adalah mengirimkan materi fisik, barang dagangan, dan produk lain untuk membuat pelanggan kamu membuka paket. Contoh klasik adalah menjalankan “kampanye obat sakit kepala”, kirim paket obat, dengan pesan seperti, “Layanan saat ini membuat kamu sakit kepala?”

Apakah itu murahan? Tentu.

Apakah itu bekerja? Pastinya!

Orang dapat merasakan isinya melalui kemasan surat, yang membuat mereka penasaran. Dan kemudian pesan kamu ada di depan mereka! Ini bekerja karena itu tidak terduga. Efek inilah yang harusnya kamu cari dan pikirkan lagi dengan tim pemasaranmu secara kreatif dan efektif.

Cara lain untuk menjalankan kampanye ‘kaget dan kagum’ adalah mengirim mereka sesuatu yang bermanfaat. Mungkin itu buku yang baru saja kamu tulis atau panduan nilai tambah cetak. Apa pun yang kamu putuskan, pastikan itu sesuatu yang bisa mereka gunakan. Jangan hanya memberikan selembar kertas yang berisi penawaran atau selebaran, prospekmu tidak akan tertarik dengan selembar kertas.

Tunjukkan Penghargaan

Kiat terakhir ini bukan tentang menarik klien baru dan lebih banyak tentang menjaga agar klien saat ini bahagia. Direct mail adalah cara terbaik untuk membuat koneksi pribadi dan menunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu peduli terhadap mereka.

Kamu harus sudah melacak klien kamu di media sosial (pertimbangkan untuk menggunakan platform CRM dengan integrasi sosial); manfaatkan ini dalam direct mail kamu. Catat peristiwa penting dalam kehidupan mereka sehari-hari. Apakah mereka memenangkan hadiah industri? Sudahkah mereka menerbitkan konten baru yang signifikan? Keberhasilan apa pun patut dirayakan dan dimanfaatkan dengan segera.

Kesempatan baik lainnya untuk dijangkau adalah ulang tahun bersama perusahaan kamu. Sebagai contoh, jika perusahaanmu sudah memiliki pelanggan setia selama bertahun-tahun, dan hingga saat ini mereka tidak pernah mendapatkan imbal balik, maka tuu layak dirayakan! Mengirim kartu sebagai cara perusahaan kamu berterima kasih atas kemitraan mereka hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan menunjukkan bahwa kami peduli. Itu sepadan. (Dan ini adalah peluang bagus untuk konten yang bagus untuk media sosial jika kamu memulai situasi seperti seorang sahabat pena!)

Pastikan kamu berinvestasi dalam jenis daftar yang tepat, segera tambahkan nilai, coba kampanye non-tradisional, dan tunjukkan penghargaan kepada pelanggan kamu. Mereka akan menghargainya. Ingat, mereka adalah orang-orang yang mendukung perusahaanmu dengan tulus karena bertahan selama bertahun-tahun. Sedikit penghargaan untuk mereka tidak akan membuat perusahaanmu merugi dalam semalam.

Jangan malu untuk memberikan penghargaan dan menggunakan pemasaran yang sudah jarang dipakai, justru pemasaran jenis ini saat ini sudah menjadi langka. Manfaatkan kelangkaan itu menjadi kekuatan dan strategi baru bagi perusahaanmu.

Dapatkan tips-tips pemasaran lainnya di situs Ajaib di bagian ‘Belajar’, terdapat banyak sekali tips pemasaran yang bisa kamu gunakan dan terapkan dalam perusahaan kamu. Kamu juga bisa menggunakan layanan reksa dana Ajaib yang sudah terjamin keamanannya karena telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan melipat gandakan keuntunganmu dengan berinvestasi. Tidak ada salahnya mencoba, kan? Yuk!

Bacaan menarik lainnya:

Lupiyodadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait