Mengenali Debt Snowball Cara Efektif untuk Lepas dari Utang

debt snowball
debt snowball

Bagi sebagian orang, sepertinya tidak terlalu familiar dengan debt snowball. Debt snowball sebenarnya cara yang sudah umum digunakan untuk melunasi utang secara efektif. Metode debt snowball awalnya tampak sulit, tapi sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan.

Memiliki utang adalah hal yang merepotkan, tapi terkadang kamu tidak bisa menghindarinya karena harus memenuhi kebutuhan dengan berutang. Alasan orang untuk berutang juga biasanya bermacam-macam. Ada yang berutang karena tidak mampu membayar rumah yang dibelinya dengan cara cash. Ada yang berutang karena tidak mampu membayar motor yang dibelinya dengan cara cash. Ada yang berutang agar bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Dan berbagai macam alasan lainnya yang membuat seseorang terpaksa berutang.

Berutang memang seringnya tidak mengenakkan karena kamu pun akan punya tanggungan yang harus dibayarkan. Namun terkadang berutang adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Jika tidak ada cara lain, maka berutang yang akan menjadi pilihannya.

Namun, apa jadinya jika kamu memiliki utang di beberapa tempat sekaligus? Apa yang harus kamu lakukan agar bisa melunasi utang-utang yang menjeratmu itu? Jika kamu mau berusaha lebih, utangmu pastinya akan lunas. Semuanya ini tergantung padamu dan teknik membayar utang yang kamu gunakan. Jangan pernah membayar utang dengan cara berutang lagi di tempat lain karena itu sama saja akan membuat bebanmu bertambah.

Dan debt snowball adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk melunasi utang yang kamu miliki di beberapa tempat. Cara ini dinilai cukup efektif dan berhasil untuk melunasi utang-utang yang dimiliki oleh siapa saja.  

Debt snowball ini mudah dipahami karena kamu tinggal mencoba melunasi utang dari yang jumlahnya kecil dulu, barulah setelah itu melunasi utang yang jumlahnya cukup besar. Ini adalah faktor yang membuat metode debt snowball cukup berhasil bagi mereka yang menerapkannya.

Berkaitan dengan Kondisi Psikologis Seseorang

Ada beberapa alasan yang membuat debt snowball ini menjadi cara yang sebenarnya sangat bisa diandalkan dalam membayar utang. Di bawah ini adalah keutamaan dari membayar utang dengan metode debt snowball.

Memungkinkan Pelunasan Utang dengan Cepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa debt snowball bisa dimulai dengan cara mengurutkan utang dari yang paling kecil jumlahnya ke paling besar jumlahnya. Biasanya orang-orang akan lebih memilih membayar utang yang paling besar karena utang paling besar itu yang paling menakutkan dan paling bikin pusing. Padahal tidak seperti itu cara bermainnya karena kemungkinan besar kamu akan lebih lama melunasinya karena jumlahnya yang besar. Akibatnya utang-utang yang lebih kecil terlupakan dan kamu merasa kelelahan duluan.

Dengan lebih dulu melunasi utang-utang yang jumlahnya lebih kecil, kamu akan lebih cepat melunasi utangmu satu per satu.

Utang yang Selesai Dibayar Itu Akan Lebih Banyak

Debt snowball juga memungkinkan kamu untuk bisa lebih banyak melunasi berbagai macam utang. Karena kamu memulainya dari utang yang lebih kecil, yang lebih mudah untuk dilunasi karena jumlahnya mencapai kantongmu yang sekarang. Dengan begitu utang yang selesai dibayar itu akan lebih banyak, dan kamu pun jadi lebih terpacu untuk melunasi utang yang jumlahnya lebih besar.

Kamu Dapat Mengatur Pembayaran Utang dengan Baik

Dengan menerapkan debt snowball itu memungkinkan kamu untuk bisa mengatur pembayaran utang tanpa kamu harus bingung melunasi utang yang mana dulu. Jika kamu bisa melakukannya dengan konsisten, maka kamu bisa melunasinya juga. Meskipun perlahan, tapi suatu saat akan bisa kamu lunasi. Jadi, tetaplah berjuang sampai utangmu terlunaskan.

Debt snowball ini merupakan sebuah perumpaan bola salju yang ketika digelindingkan pertama kali mungkin bentuknya masih kecil, tapi lama-kelamaan akan menjadi besar. Metode pelunasan utang yang cukup cerdas ini pertama kali diperkenalkan oleh Dave Ramsey. Ia menciptakan metode pembayaran utang ini dengan praktek secara langsung.

Dave sendiri pernah berusaha melunasi utangnya selama setahun, padahal dulu dia pernah juga terlilit utang dengan jumlah yang sama, tapi karena tekniknya berbeda, ia baru bisa melunasi utang itu selama 7 tahun.

Jadi, jika dipraktekkan secara langkah lengkapnya, ini adalah tahapan dari pembayaran utang versi debt snowball:

Step Pertama: Buat Daftar yang Berisi Utang-utang Kamu

Daftar utang-utang ini diurutkan jumlahnya dari yang utang paling kecil, dan paling besar. Jangan memikirkan bunganya terlebih dahulu. Pokoknya kamu urutkan sesuai dengan jumlah utang secara keseluruhan.

Step Kedua: Lakukan Pembayaran Minimum Seluruh Utang

Ketika kamu memiliki utang yang biasanya diwajibkan untuk dicicil. Pastikan kamu tetap membayar cicilan kamu itu. Namun, kamu tetap memprioritaskan cicilan yang jumlahnya lebih sedikit. Utang yang cicilannya cukup besar, dibayarkan sesuai dengan jadwal, tapi kamu harus memperhatikan utang yang kecil terlebih dahulu. Inti dari metode snowball adalah seperti itu.

Step Ketiga: Lakukan Pelunasan Secepatnya pada Utang Terkecil

Sekarang kamu fokus pada utang paling kecil. Utang paling kecil ini pastinya yang lebih mudah untuk dibayarkan. Kamu sebaiknya segera melunasi utang paling kecil ini. Ketika utang paling kecil berhasil dilunasi, kamu tinggal melihat utang berikutnya. Dan hal itu kamu lakukan secara berurutan dengan memprioritaskan utangnya yang menurutmu mudah untuk dilunasi terlebih dahulu.

Kamu sudah mengetahui teori dan ulasan dari metode pelunasan utang debt snowball dalam ulasan redaksi Ajaib ini. Sekarang kamu bisa mencoba untuk mempraktikannya sendiri. Selamat berjuang untuk membayar utang-utangmu ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait