Pensiun

Mengenali Lebih Dalam Sistem Dana Pensiun Karyawan Swasta

dana pensiun karyawan swasta

Ajaib.co.id – Dana pensiun karyawan swasta harus tetap ada walau peraturannya mungkin sedikit berbeda dengan mereka yang menjadi PNS. Dana pensiun merupakan dana yang berhak didapatkan para karyawan yang sudah memasuki usia pensiun. Jadi, perusahaan diwajibkan untuk menyediakan dana ini sebagai apresiasi untuk karyawannya.

Setelah bekerja selama bertahun-tahun, seorang karyawan berhak mendapatkan dana pensiun tersebut dan besarnya dana pensiun tergantung dengan perjanjian yang ditetapkan ketika pertama kali menjadi karyawan perusahaan itu. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan oleh pensiunan dari dana pensiun yang dimilikinya:

Memberikan Rasa Aman Ketika Memasuki Usia Lanjut

Ketika sudah memasuki usia lanjut, biasanya karyawan tidak akan lagi bekerja. Ia bisa mengundurkan diri ketika mencapai usia lanjutnya. Masalahnya adalah ketika tidak lagi bekerja, mereka tidak akan mendapatkan gaji. Namun, dengan adannya dana pensiun, karyawan yang sudah pensiun itu tetap memiliki pemasukan yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-harinya.

Sebagai Bentuk Hadiah dari Perusahaan

Karena karyawan sudah mendedikasikan dirinya selama bertahun-tahun untuk memajukan perusahaan, maka perusahaan wajib menjamin kehidupan masa tua yang baik untuk karyawaannya tersebut. Memberikan dana pensiun yang cukup adalah salah satu hal yang bisa perusahaan lakukan untuk mengapresiasi karyawannya.

Dana Pensiun Bisa Digunakan untuk Berbagai Keperluan

Jumlah dana pensiun yang cukup banyak biasanya bisa digunakan oleh karyawan yang sudah pensiun untuk mendirikan usaha yang mereka inginkan. Usaha ini diharapkan bisa menjadi pemasukan lain ketika masa tua sudah datang. Sehingga mereka tidak akan khawatir kekurangan uang ketika menjalankan hari-harinya yang berbeda ketika masih di masa muda dulu.

Biasanya dana pensiun karyawan swasta ini berasal dari BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga yang menyediakan dana pensiun untuk berbagai macam perusahaan dan biasanya yang paling umum digunakan.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program Pemerintah untuk mengsejahterakan masyarakatnya. Sekarang BPJS Ketenagakerjaan punya aturan yang lebih ringan, yaitu kamu bisa mengambil dana pensiunmu sebelum masa pensiunmu datang.

Apa Saja Jenis-jenis Dana Pensiun yang Bisa Dipilih oleh Para Karyawan Swasta?

Produk dana pensiun karyawan swasta ini cukup banyak. Mereka bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Dan perusahaan di mana karyawan swasta itu bekerja patut untuk memenuhi kebutuhan karyawannya tersebut.

Disarankan untukmu sebelum menentukan produk dana pensiun karyawan, kamu harus tahu jenis-jenis dana yang ditawarkan agar kamu tidak kebingungan ketika hendak menggunakannya.

Inilah jenis-jenis dana pensiun yang bisa dipilih oleh karyawan swasta:

Pensiun Umum/Normal

Jenis pensiun ini yang biasanya umum dipilih oleh para karyawan. Mereka yang sudah mencapai usia pensiun akan diberikan dana pensiun sesuai dengan yang telah dibayarkan. Untuk swasta sendiri biasanya orang sudah mencapai usia pensiun ketika mencapai umurr 55 tahun. Sedangkan untuk PNS usia pensiun berada di umur 60 tahun.

Pensiun Dipercepat

Jenis pensiun biasanya diberikan oleh perusahaan ketika mereka mengalami kondisi keuangan yang tidak stabil. Untuk mengstabilkan perusahaan, maka perusahaan terpaksa memberhentikan beberapa karyawannya.

Namun, para karyawan ini tetap diapresiasi dengan diberikan uang pensiun yang dikeluarkan sebelum mereka mencapai usia pensiun. Karena itu jenis dana pensiun ini disebut sebagai pensiun yang dipercepat.

Pensiun Ditunda

Pensiun ditunda di sini maksudnya adalah diajukan oleh karyawan yang belum memasuki usia pensiun, tapi karena ia belum mencapai usia pensiun, uang pensiun itu baru bisa keluar ketika ia masuk ke umur pensiun.

Ada beberapa lembaga pensiun yang masih memberlakukan peraturan ini. Agar kamu tidak bingung, kamu bisa menanyakannya lebih lanjut ketika akan mendaftarkan diri di lembaga penyedia dana pensiun itu.

Pensiun Cacat

Jenis pensiun ini diberikan kepada karyawan yang mengalami kecelakaan dan terjadi sebelum ketika karyawan itu belum memasuki usia pensiun. Dan karena keadaannya itu mereka tidak bisa kembali bekerja seperti semula. Maka dari itu untuk meringankan bebannya, perusahaan diwajibkan memberikan uang pensiun kepada mereka.

Setelah mengikuti jenis-jenis pensiun, berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah program-program pensiun yang disediakan oleh berbagai lembaga dana pensiun. Program ini diadakan khusus untuk menyediakan uang pensiun bagi para pekerja, maupun pekerja tetap atau pekerja lepas yang tidak terikat oleh perusahaan mana pun.

Program-program ini juga dijalankan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Program-programnya adalah sebagai berikut:

Program Pensiun Manfaat Pasti

Program pensiun ini memiliki rumus yang berkaitan dengan masa kerja seorang karyawan dan besar penghasilannya. Dengan peogram ini, pekerja jadi lebih bisa menentukan banyaknya uang yang akan diterima ketika mereka pensiun nanti. Dan perusahaan yang menanggung apabila terjadi kekurangan dana.

Program Pensiun Iuran Pasti

Iuran program ini dijalankan dengan bayaran yang dilakukan oleh pekerja dan juga perusahaan pekerja. Itu artinya perusahaan turut andil membayarkan dana pensiun untuk karyawannya. Pekerja tetap dapat memperhitungkan besarnya iuran yang dilakukan dan juga lebih mudah untuk diadministrasi.

Namun, yang perlu kamu ketahui penghasilan ketika mencapai usia pensiun sulit diperkirakan oleh pekerja jadi pekerja perlu memantaunya langsung ke penyedia dana pensiun.

Bacaan menarik lainnya:

Iskandar, Kasir. (2009). Kiat Sejahtera Pada Masa Pensiun. Jakarta: Java MediaNetwork


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait