Bisnis & Kerja Sampingan

Mengenali Karakteristik Target Market Milenial Untuk Berbisnis

Ajaib.co.id – Target market milenial bisa dikatakan menjadi target utama bisnis di Indonesia saat ini. Hal itu karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah milenial. Milenial menjadi target utama karena dinilai mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Mereka masuk ke dalam usia produktif dengan berbagai macam profesi. Mereka juga memiliki karakter ambisius yang dinilai sangat rajin bekerja

Siapakah Generasi Milenial Itu?

Klasifikasi generasi ada karena karakter-karakter mereka yang berbeda-beda. Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang lahir di tahun 1981-1996. Mereka adalah generasi yang menyaksikan perubahan zaman yang sangat cepat. Di tahun 90-an, teknologi kala itu masih bersifat analog. Internet juga belum begitu digaungkan. Internet kala itu menjadi barang mahal, jadi tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Lalu, tahun 2000-an, penggunaan internet mulai dilakukan secara masif. Tidak hanya bisa diakses melalui komputer, internet pun bisa diakses melalui ponsel. Untuk itulah kini hadir teknologi terbaru ponsel pintar yang akhirnya menghasilkan penemuan-penemuan baru lainnya. Bisa dikatakan generasi milenial adalah sosok yang melek teknologi karena mereka cepat beradaptasi dari teknologi analog, hingga masa kini yang apa-apa serba online dan serba digital.

Selain bekerja dengan keras, mereka juga dikenal sebagai sosok yang konsumtif. Kamu harus tahu karakter-karakter milenial lainnya jika kamu memulai bisnis yang menargetkan pasaran berdasarkan gaya hidup para milenial.

Karakter-karakter Generasi Milenial

Generasi milenial punya karakter khusus yang perlu kamu kenali. Dengan begitu kamu bisa menciptakan produk dan strategi pemasaran yang tepat untuk mereka. Inilah karakter-karakter milenial pada umumnya.

Sangat Bergantung pada Teknologi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, generasi milenial adalah sosok yang melek teknologi. Mereka juga menggantungkan hidupnya pada teknologi. Hampir semua milenial memiliki ponsel pintar. Mereka juga senang berselancar di internet karena di sana mereka mudah mendapatkan apa yang diinginkan.

Coba saja kamu perhatikan perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil memiliki divisi e-commerce yang mengelola bisnis secara online. Hal itu karena generasi milenial lebih senang melakukan kegiatan secara online

Mulai dari belanja, membeli makan, transportasi, lalu membayar berbagai macam tagihan sekarang dilakukan secara online karena dinilai tidak membuang waktu-waktu. Kecepatan adalah hal yang sangat mereka senangi karena mereka adalah orang yang sibuk.

Konsumtif

Generasi milenial adalah sosok yang konsumtif. Bisa jadi hal itu disebabkan karena mereka yang pekerja keras, lalu akhirnya menyenangkan diri sendiri dengan memiliki berbagai macam hal yang mereka inginkan. Mereka hobi makan, minuman minuman manis yang lagi ngetren, lalu ada juga yang hobi mengoleksi produk-produk hypebeast untuk sekadar gaya.

Kamu bisa menyesuaikan produk dengan kesenangan calon konsumen. Membuka lahan untuk bisnis dengan target market generasi milenial bisa jadi hal yang tepat ketika berhasil menemukan sesuatu yang mereka sukai dan butuhkan.

Termasuk ke Dalam Cashless Society

Generasi milenial adalah sosok yang tidak suka ribet. Mungkin masih ada yang membawa uang tunai, tapi sebagian besar dari mereka lebih senang menggunakan uang non tunai di beberapa keperluan. Misalnya saja berbelanja kebutuhan seharian, mereka akan lebih senang menggunakan dompet digital atau kartu debit karena prosesnya cepat. Lalu, saat bepergian dengan transportasi juga lebih senang menggunakan kartu atau dompet digital karena tidak perlu lagi memikirkan uang kembalian yang terkadang menjadi masalah itu.

Jadi, kamu yang berbisnis perlu mempersiapkan pembayaran dalam bentuk non tunai. Prosesnya cepat, dan akan sangat menguntungkan untukmu karena semua transaksi bisa terekam dengan baik sehingga mempermudah pembukuan.

Menyukai Respon yang Cepat

Generasi milenial juga senang dengan respon yang cepat. Hal itu karena masa sekarang yang serba cepat. Misalnya saja ketika berbelanja online, mereka akan senang jika belanjaannya langsung diproses. Beberapa toko online juga mengedepankan kecepatan dalam proses jual-belinya, inilah yang harus kamu siapkan sebagai pebisnis.

Lalu, ketika melayangkan komplain, mereka akan senang ketika kamu merespon cepat. Cukup wajar banyak perusahaan yang menggunakan bot atau teknologi artificial intelligence untuk merespon cepat komplain konsumen.

Hobi Bermain Media Sosial

Berbagai perusahaan sekarang punya divisi sosial media untuk melakukan promosi. Hal itu dapat dikatakan sebagai strategi yang tepat karena sebenarnya tidak hanya milenial, tapi kebanyakan orang Indonesia hobi bermain media sosial. Mereka melakukan hal apa saja di media sosial, dari sekadar curhat, memposting karya, ingin eksis, mencari hal-hal yang disukai, update berita, dan masih banyak lagi.

Melakukan promosi di media sosial juga lebih murah dibandingkan jika kamu berpromosi di televisi. Jadi, manfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan bisnismu. Milenial akan mudah kamu temukan di sana.

Menerima Sesuatu yang Baru dengan Baik

Tidak perlu takut menciptakan produk baru karena target market generasi milenial itu bisa menerima sesuatu yang baru dengan baik. Kalau tidak, tidak mungkin mereka bisa menerima dengan cepat kehadiran internet dan berbagai macam inovasi yang tersedia saat ini. Hal ini pun bisa kamu manfaatkan dengan baik pula. 

Contohnya saja kehadiran Gojek. Teknologi memanggil ojek dengan cara online dulu adalah sesuatu yang tidak pernah terbayangkan. Namun, sekarang masyarakat sudah bergantung terhadapnya karena inovasi yang luar biasa. Inovasi anak bangsa Indonesia ini juga mendapatkan apresiasi yang baik di luar.

Itulah yang harus kamu persiapkan dalam berbisnis dengan target market milenial. Jangan ragu menciptakan sesuatu yang baru, yang sekiranya akan dibutuhkan para milenial. Mereka adalah sosok yang bisa beradaptasi dengan cepat. 

Artikel Terkait