Mengenal Saham UNTR, Ini yang Perlu Kamu Tau!

Mengenal Saham UNTR, Ini yang Perlu Kamu Tau!
Mengenal Saham UNTR, Ini yang Perlu Kamu Tau!

Sebelum memulai berinvestasi atau bermain saham, wajib hukumnya mengetahui jenis-jenis indeks saham dan simbolnya yang ada di Indonesia.  Setiap emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki simbol sahamnya masing-masing, termasuk juga PT United Tractors Tbk dengan kode saham, UNTR.

Mengenal PT United Tractors

Sebelum membahas mengenai sahamnya, kamu harus mengetahui terlebih dulu perusahaan yang menaunginya. PT United Tractors Tbk merupakan nama besar dari distributor peralatan berat yang menyediakan produk-produk dari merek ternama dunia seperti penjualan alat berat Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, dan Komatsu Forest.

Perusahaan ini berdiri sejak 13 Oktober 1972 dan mulai menawarkan saham perdananya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada 19 September 1989 menggunakan nama PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Astra International Tbk sebagai pemegang saham mayoritasnya.

Penawaran Saham UNTR Menjadikannya Perusahaan Kelas Dunia

Penawaran umum saham perdana ini menandai komitmen United Tractors untuk menjadi perusahaan kelas dunia berbasis solusi di bidang alat berat, pertambangan, dan energi guna memberi manfaat bagi para pemangku kepentingan.

Kegiatan utama Perusahaan dan anak perusahaan dikategorikan menjadi empat segmen yaitu mesin konstruksi, kontraktor penambangan, pertambangan batubara, dan industri konstruksi. Segmen mesin konstruksi meliputi penjualan dan penyewaan alat berat, serta layanan purna jual. Segmen kontraktor penambangan menyediakan bagi pemegang konsesi pertambangan dengan berbagai layanan pertambangan, termasuk desain tambang, eksplorasi, ekstraksi, pengangkatan, pengangkutan, dan pangiriman komoditas. 

Anak perusahaannya meliputi PT Pamapersada Nusantara, PT Karya Supra Perkasa, PT United Tractors Pandu Engineering, PT Bina Pertiw ,dan UT Heavy Industry (S) Pte Ltd.

Tercatat bergerak di sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi dengan  Sub-Sektor, Perdagangan Besar Barang Produksi. Jumlah saham yang beredar sebanyak 3,730,135,136 lembar atau 3.73 M lembar. Kapitalisasinya sebesar Rp86.07 T. Dan pemegang saham di atas 5% adalah PT Astra International Tbk, yaitu sebanyak 59.5%. Sementara Masyarakat atau umum sebanyak 40.5%.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait