Mengenal Saham KPAS Buat yang Tertarik dengan Olahan Kapas

Mengenal Saham KPAS Buat Kamu yang Tertarik dengan Produksi Olahan Kapas
Mengenal Saham KPAS Buat Kamu yang Tertarik dengan Produksi Olahan Kapas

Saat ini, dunia menggunakan lebih banyak kapas daripada serat lainnya. Tanaman kapas ini merupakan budidaya dari genus Gossypium yang telah dibudidayakan sejak zaman kuno dan seratnya telah digunakan sebagai bahan tekstil.

Selain itu, kapas juga sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sejak kita mengeringkan wajah di atas handuk katun lembut di pagi hari sampai tidur di atas nyamannya sprei katun di malam hari. Kapas memiliki ratusan kegunaan, dari celana jeans biru hingga tali sepatu. Pakaian dan barang-barang rumah tangga adalah yang paling banyak menggunakan kapas.

Kapas juga menjadi salah satu komoditas yang banyak diperdagangkan oleh pelaku pasar komoditi, saham KPAS dapat menjadi referensimu untuk melihat perkembangan bisnis kapas. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang produk kapas, dan juga saham KPAS, berikut kami paparkan penjelasan yang dapat menjadi referensi kamu mengenal kapas dan berinvestasi pada komoditas kapas. 

Sejarah Tentang Kapas

Serat kapas tertua berasal dari sekitar 5000 SM ditemukan di Meksiko. Kapas telah dipakai di Mesir dan India selama lebih dari 5.000 tahun. Penduduk asli Amerika menanam kapas sejak tahun 1500. Pada akhir tahun 1700-an, Samuel Slater, pengusaha yang berasal dari Inggris, membangun pabrik kapas Amerika pertama. Pabrik-pabrik ini mengolah serat kapas menjadi benang dan kain. Pada 1793, Eli Whitney mengembangkan Cotton Gin, alat yang memisahkan biji kapas secara mekanis dari serat serat. Whitney menyebut mesinnya “Gin,” kependekan dari kata “engine” yang bisa melakukan pekerjaan 10 kali lebih cepat daripada dengan tangan. Teknologi telah meningkat selama berabad-abad terakhir membuat pertumbuhan dan produksi kapas jauh lebih efisien.

Di Mana Kapas Tumbuh di Dunia?

Kapas ditanam di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Cina, India, Pakistan, Brasil, Uzbekistan, Turki, Yunani, Australia, dan banyak negara lainnya, juga termasuk di Indonesia.

Untuk Apa Kapas igunakan?

Seperti kayu, kapas hadir dalam banyak varietas dan kualitas, masing-masing cocok untuk tujuan yang berbeda. Serat serat panjang digunakan untuk banyak hal yang sebagian besar dimulai dengan benang, kemudian kain katun, hingga item pakaian dan tempat tidur yang merupakan produk umum dari kapas. Serat kapas yang lebih kecil dan dikenal sebagai linter dikeluarkan dari biji dan digunakan sebagai isian untuk furniture dan komponen linoleum, plastik, dan isolasi. Minyak biji kapas digunakan dalam makanan dan kosmetik. Kulit biji kapas dimakan oleh ternak. Banyak lagi yang lainnya yang bisa didapatkan dari olahan kapas.

Perusahaan Penghasil Kapas yang Terdaftar di BEI

Jika kamu berminat untuk investasi pada komoditas kapas, salah satu perusahaan yang bergerak di sektor produksi kapas yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia atau IDX adalah PT Cottonindo Ariesta Tbk (KPAS). Perusahaan yang berlokasi di Bandung ini menjual saham perdananya (kode saham KPAS) pada hari Jumat, 5 Oktober 2018 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Total penerbitan saham baru yang ditawarkan kepada publik sebanyak 268.000.000 lembar saham dan harga penawaran perdana saham KPAS adalah Rp168 per lembar saham.

Didirikan pada tahun 1994 dan dikenal kemudian sebagai Perusahaan yang bergerak di Industri Kapas Wajah modern pertama dengan teknologi maju di Indonesia. PT Cottonindo Ariesta memproduksi produk kapas dari bahan mentah hingga barang jadi. Memproduksi kapas wajah untuk penggunaan pribadi, kapas medis untuk rumah sakit, produk “cotton bud” dan bahan setengah jadi untuk keperluan industri, seperti bahan kapas katun yang telah diputihkan dan serat kapas. saham KPAS dapat kamu pantau di Bursa Efek Indonesia.

Cukup menarik sejarah dari produk komoditas yang sangat halus ini. Dari cerita ini kamu bisa lihat bahwa penggunaan kapas telah berlangsung dari ribuan tahun yang lalu. Maka tak heran tanaman ini banyak ditanam di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Selain itu, kamu tidak dapat dipungkiri banyak produk olahan kapas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dari mulai pakaian hingga untuk menunjang kebersihan wajah. Jika tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan yang bergerak dalam industri kapas, mungkin kamu bisa memilih saham PT Cottonindo Ariesta Tbk (KPAS), di mana harga saham KPAS dapat kamu pantau di Bursa Efek Indonesia (BEI), atau Indonesian Stock Exchange (IDX) setiap harinya di jam kerja.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait