Saham

Mengenal Opsi Saham serta Keuntungan dan Kerugiannya

Opsi Saham

Ajaib.co.id – Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang sudah dikenal di dunia. Untuk memiliki saham sebuah emiten, investor dapat memilikinya melalui perdagangan secara publik.

Namun, ada juga saham yang diperjualbelikan tetapi tidak disertai dengan hak kepemilikan, lho.  Biasanya disebut dengan opsi saham. Apa itu opsi saham? Yuk, simak artikel berikut ini:

Apa itu Opsi Saham?

Opsi adalah kontrak antara dua pihak yang berisikan hak si pembeli opsi untuk membeli atau menjual aset yang mendasari kontrak tersebut (underlying asset) pada waktu dan harga yang disepakati bersama pada awal perjanjian.  

Namun, karena opsi merupakan hak, maka bisa saja dieksekusi ataupun tidak. Oleh karena itu, opsi bukanlah sebuah keharusan untuk dieksekusi. Opsi tersebut dapat dilaksanakan jika pemegang opsi telah mendapatkan keuntungan.

Dalam sejarahnya, kontrak opsi telah diperdagangkan di bursa sejak abad ke-18 di Eropa dan Amerika. Kala itu, pasar kontrak opsi mendapatkan reputasi yang jelek karena aturan main yang tidak jelas dan menyebabkan terjadinya korupsi serta cedera janji. Pada tahun 1973, pasar opsi melakukan terobosan nyata dengan dibentuknya chicago board options exchange (CBOE) oleh Chicago Board of Trade

Opsi saham terbagi dalam 2 jenis yaitu:

  • Call option adalah kontrak antara dua pihak yang memberikan pemegangnya hak, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli saham pada harga tertentu (strike price) dan pada tanggal tertentu. Call Option biasanya mengharapkan harga naik.
  • Put option adalah kontrak antara dua pihak yang memberikan pemegangnya hak, tetapi bukan kewajiban, untuk menjual saham pada harga tertentu sebelum tanggal kadaluarsa. Put option berharap pada harga turun.

Ada beberapa macam opsi saham yang sering digunakan, yaitu:

  • Exchange Traded Option (ETO)

Opsi saham ini diperjualbelikan selayaknya saham, pemilik modal dapat membeli namun bila ingin menjual ETO harus kepada bursa misalnya di chicago board options exchange. ETO digaransi dengan clearing house seperti options clearing corporation yang berperan sebagai penghubung antara pembeli dengan penjual dan menjamin jika transaksi telah dituntaskan sesuai peraturan.

  • Over the Counter Option 

Opsi saham ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan pemilik modal yang mencari aturan kontrak non-standar. Opsi saham OTC tak dapat dilakukan secara kliring lewat clearing house oleh karena itu rentan diselimuti dengan kebangkrutan dan standar dari penerbit yang bisa menyebabkan kontrak menjadi batal.

  • Opsi saham karyawan

Opsi saham ini diterbitkan oleh perusahaan yang memberikan opsi saham sebagai bentuk insentif atau penghargaan kepada karyawan. Opsi saham ini tak bisa dijual atau dipindahkan, karyawan memiliki hak (tidak kewajiban) untuk memakainya dengan membeli saham perusahaan. 

Salah satu contoh yang pernah melakukan pemberian opsi saham karyawan adalah kumparan.com. Perusahaan media online ini menawarkan opsi saham karyawan. Pembagian saham dijalankan dengan dua metode, yaitu diberikan gratis dan dijual dengan harga di bawah harga pasar.

Saat ini terdapat beberapa tipe opsi yang berlaku, yaitu:

  • Opsi Tipe Amerika merupakan tipe kontrak opsi yang dilakukan kapan saja selama masa berlaku kontrak opsi tersebut masih ada.
  • Opsi Tipe Eropa dilakukan dengan melaksanakan kontrak opsi di hari terakhir atau pada saat tanggal jatuh tempo yang berlaku tiba.
  • Opsi Tipe Bermuda adalah gabungan dari tipe eropa dan tipe amerika.  Opsi ini dapat dilaksanakan baik pada hari terakhir saat tanggal jatuh tempo maupun sebelum waktu jatuh tempo datang.
  • Opsi Bersyarat (Barrier Option) adalah tipe yang hanya dapat dilakukan setelah syaratnya dipenuhi, yakni tercapainya suatu harga tertentu pada aset acuan.

Ada beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi harga opsi, yaitu:

  1. Jumlah permintaan dan penawaran, semakin banyak investor yang berminat untuk membeli, maka semakin mahal juga harganya.
  2. Underlying stock atau harga saham acuan mengalami kenaikan.
  3. Gejolak harga (volatility) yaitu bila suatu saham bergejolak, maka preminya akan semakin mahal. Begitu juga sebaliknya, jika saham stabil maka harga akan ikut stabil. 
  4. Jangka waktu, semakin lama masa berlaku opsi, maka makin tinggi harga opsinya.

Lalu, apa keuntungan dan kerugian memiliki opsi saham? Keuntungannya adalah:

  1. Opsi menjadi sarana untuk lindung nilai. Investor akan melindungi nilai dari risiko fluktuasi harga. Perusahaan besar juga biasanya memanfaatkan kontrak opsi saham, apalagi perusahaan yang memiliki  keinginan yang besar terhadap suku bunga, nilai tukar, dan komoditas, sebab ketika kondisi pasar keuangan memburuk, perusahaan akan mengimbanginya dengan mengambil opsi sebagai memitigasi risiko.
  2.  Opsi Saham memberikan potensi keuntungan yang tinggi Biasanya para spekulan bertaruh demi mendapatkan keuntungan yang besar lewat pembayaran awal yang terbatas. Bahkan bila harga turun maupun naik, pemegang opsi secara potensial bisa mendapatkan keuntungan. Mereka bisa membeli put option jika berekspektasi harga akan turun di masa mendatang atau membeli call option jika mengharapkan harga akan naik.
  3. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli opsi tergolong kecil.

Sedangkan kerugiannya adalah:

  1. Opsi saham memiliki struktur yang lebih sulit. Kompleksitas tinggi disebabkan adanya fitur opsi dan kebutuhan pembeli yang beragam. 
  2. Opsi saham juga memiliki potensi risiko kerugian tinggi juga. Durasi waktu opsi akan terus menurun seiring berjalannya waktu dan opsi memiliki jangka waktu yang terbatas. Apabila selama jangka waktu tersebut, harga tidak bergerak sesuai dengan ekspektasi, hal itu akan membuat opsi menjadi sia-sia.

Opsi saham memang terlihat menggiurkan, karena menawarkan keuntungan yang tidak sedikit apabila bisa menebaknya dengan benar. Namun, hal tersebut terkesan berjudi karena menebak arah pergerakan saham.

Kamu tentunya ingin menghindari instrumen yang berbau judi, bukan? Gampang saja, tinggal download aplikasi investasi Ajaib. Pengelolaan dana dalam Aplikasi Investasi Ajaib dilakukan tanpa berjudi, lho.

Dana kamu dikelola oleh Manajer Investasi terbaik dan memberikan keuntungan yang optimal. Nah, tunggu apalagi? Segera miliki akun Ajaib ya.

Artikel Terkait