Mengenal Jenis Kartu Debit ATM Mandiri dan Perbedaannya

kartu debit atm mandiri
kartu debit atm mandiri

Masih bingung membedakan jenis kartu debit ATM Mandiri? Melalui ulasan berikut ini, redaksi Ajaib akan memaparkan jenis-jenis beserta perbedaannya. Disimak ya!

Di era digital ini, layanan perbankan sudah semakin lengkap. Sangat jarang ada layanan perbankan yang belum menggunakan internet sebagai basisnya dalam berkegiatan, termasuk dalam menyediakan fasilitas Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

ATM menjadi senjata ampuh layanan perbankan untuk melayani nasabahnya. Nasabah menjadi lebih praktis ketika ingin melakukan transaksi perbankan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, layanan mesin ATM ini sudah dipakai oleh hampir seluruh layanan perbankan, tidak terkecuali Bank Mandiri. Hingga sekarang, bank berplat merah hasil merger empat bank pemerintah ini telah memiliki ATM hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Nasabah Bank Mandiri pun merasa sangat terfasilitasi dengan hadirnya layanan ini bahkan hingga ke pelosok daerah.

Jenis Kartu Debit ATM Mandiri

Sama seperti penggunaan mesin ATM oleh bank lainnya, Bank Mandiri pun mewajibkan nasabahnya untuk memiliki kartu elektronik atau kartu ATM sebagai akses menikmati layanan ini. Kartu ini bisa diperoleh apabila kamu menjadi nasabah bank tersebut.

Jadi, cukup dengan membuka rekening maka kamu akan bisa memperoleh kartu ATM. Namun tidak seperti bank pada umumnya, Bank Mandiri memiliki sistem sendiri di mana adanya jenis-jenis kartu ATM sesuai dengan tujuan dan fasilitasnya. Berikut empat jenis kartu ATM Mandiri:

Silver

Kartu ATM Mandiri yang satu ini merupakan jenis kartu ATM dengan batasan transaksi yang paling rendah atau limitnya terbatas. Untuk transaksi tarik tunai hanya dibatasi maksimal 10 juta per hari. Kemudian untuk transfer antar rekening Bank Mandiri maksimal 25 juta per hari sedangkan transfer antar bank lain hanya sebesar 5 juta per hari.

Penggunaan kartu ATM Mandiri jenis Silver ini pun hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2,000,- per bulan dengan mekanisme auto debit atau dipotong langsung dari saldo rekening yang ada.

Gold

Kartu ATM Mandiri jenis ini merupakan jenis kartu ATM Mandiri yang berada satu tingkat lebih atas daripada kartu ATM Mandiri jenis Silver. Untuk batas transaksi tunai pada kartu ATM Mandiri jenis Gold ini memiliki nominal yang sama dengan kartu ATM Mandiri jenis Silver.

Namun untuk transaksi transfer, kartu ini memiliki batas maksimal 25 juta per hari jika untuk transfer ke antar rekening Bank Mandiri dan batas maksimal 5 juta per hari untuk transfer ke rekening bank lain. Adapun biaya administrasi untuk kartu ATM Mandiri jenis Gold ini adalah sebesar Rp4,500,-.

Mekanisme pemotongannya sama dengan kartu ATM Mandiri jenis lainnya yaitu auto debit atau dipotong langsung dari saldo rekening yang tersedia.

Platinum

Kartu ATM Mandiri jenis ini setingkat lebih atas lagi dibandingkan dengan kartu ATM Mandiri jenis Gold. Kartu ATM Mandiri jenis ini memiliki biaya administrasi bulanan yang lebih besar lagi yaitu sejumlah Rp7,500,-.

Dengan level kartu dan biaya administrasi yang lebih tinggi, kamu juga bisa menikmati keuntungan yang lebih dari dua jenis kartu ATM Mandiri sebelumnya. Dengan kartu ATM Mandiri jenis Platinum, kamu bisa melakukan transaksi tunai dengan batas maksimal 10 juta per hari.

Kemudian, batas maksimal untuk transfer antar rekening Bank Mandiri sebesar 100 juta dan batas maksimal untuk transfer antar bank lain sebesar 25 juta.

Platinum Plus

Kartu ATM Mandiri jenis ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka dibatasi. Tidak jauh berbeda dengan kartu ATM Mandiri jenis Platinum, kartu ATM Mandiri jenis Platinum Plus juga memiliki batas transaksi tunai dengan maksimal 10 juta per hari, biaya administrasi bulanan sebesar Rp7,500,-, dan batas maksimal transfer antar bank lain sebesar 25 juta.

Perbedaannya hanya terletak pada tidak adanya batas maksimal untuk transfer antar rekening Bank Mandiri. Jadi jika kamu menggunakan kartu ATM Mandiri jenis ini, maka kamu bisa melakukan transfer antar rekening Bank Mandiri sebanyak apapun yang kamu mau.

Meskipun begitu, jangan lupa bahwa biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak bank tidak hanya sebatas biaya administrasi per bulan. Namun juga ada biaya tambahan lainnya sesuai dengan transaksi perbankan yang kamu lakukan.

Inilah daftar biaya tambahan lainnya yang bisa saja memotong saldo rekening kamu apabila kamu melakukan transaksi perbankan berikut:

Daftar Biaya Tambahan

No. Jenis Transaksi Perbankan Biaya Administrasi
1 Penggantian PIN ATM Rp5,000,-
2 Penggantian kartu ATM karena hilang atau rusak Rp15,000,-
3 Pembayaran tagihan listrik Rp3,500,-
4 Cetak mutasi 5 transaksi terakhir Rp1,000,-
5 Biaya informasi saldo melalui ATM bank lain yang berlogo Link, ATM Bersama, dan ATM Prima Rp4,000,- per sekali pakai
6 Biaya informasi saldo melalui ATM yang berlogo Visa/Plus Rp3,000,- per transaksi
7 Biaya penarikan tunai melalui ATM bank lain yang berlogo Link, ATM Bersama, dan ATM Prima Rp7,500,- per transaksi
8 Biaya penarikan tunai melalui ATM yg berlogo Plus dalam negeri Rp15,000,- per transaksi
9 Biaya penarikan tunai melalui ATM yg berlogo Plus luar negeri Rp20,000,- per transaksi
10 Gagal transaksi karena saldo tidak cukup di ATM jaringan Visa /Plus Rp5,000,- per transaksi
11 Gagal transaksi karena saldo tidak cukup di ATM berlogo ATM Bersama Rp2,500,- per transaksi
12 Gagal transaksi karena saldo tidak cukup di ATM berlogo ATM Prima Rp3,000,- per transaksi
13 Gagal transaksi karena salah input PIN di EDC, ATM berlogo Visa/Plus Rp5,000,- per transaksi
14 Transfer melalui ATM Bersama & ATM Prima, LINK Rp6,500,- per transaksi
15 Transfer melalui Visa Money Transfer Rp7,000,- per transaksi

Tentukan Tujuan Memilih Kartu Debit

Apakah kamu sudah mampu untuk menentukan kartu debit ATM Mandiri yang sesuai dengan kebutuhanmu? Pastikan terlebih dahulu tujuan utama kamu dalam membuat rekening dan saat memilih jenis kartu ATM Mandiri. Hal ini tidak ada standar pastinya, setiap orang kebutuhannya pasti berbeda-beda.

Meskipun kamu kaum milenial bukan berarti kamu tidak membutuhkan kartu dengan fasilitas yang paling baik. Ingat, masing-masing kartu ATM Mandiri memiliki biaya administrasi yang berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang bisa kamu nikmati.

Jadi, apabila kamu belum benar-benar membutuhkan transaksi yang besar pada rekeningmu, kamu bisa mengambil jenis kartu debit ATM Mandiri dengan fasilitas yang paling dasar.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait