Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Mudah & Simpel

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Mudah & Simpel
Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Mudah & Simpel

Bayar pajak kendaraan bermotor adalah kewajiban yang harus dipenuhi setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kendaraan, baik itu roda dua hingga roda empat. Besaran tarif pajak kendaraan bermotor itu berbeda-beda, tergantung jenis dan tahun pembuatan.

Kendaraan bermotor adalah seluruh jenis kendaraan beroda dan gandengannya yang digunakan di darat, digerakkan mesin berupa motor, atau peralatan lain yang berfungsi mengubah sumber daya energi tertentu menjadi tenaga bergerak kendaraan bermotor yang bersangkutan, termasuk alat berat dan besar yang operasinya menggunakan roda dan motor yang tidak melekat secara permanen serta kendaran bermotor yang dioperasikan di air.

Kendati demikian, tempat pembayarannya sama, yakni di Sistem Administrasi Manunggal Satu atau Samsat. Nah, seiring perkembangan teknologi, kini pemilik kendaraan tak harus repot mendatangi kantor Samsat untuk mengetahui besaran pajak kendaraannya. Bahkan, beberapa transaksi bisa dilakukan dari jarak jauh atau secara online. Begini cara pengecekan serta pembayaran pajak tanpa harus datang ke kantor Samsat:

1. Website

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek pajak motor atau mobil melalui website https:/// samsat-pkb2.jakarta.go.id. Caranya cukup cantumkan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada laman pertama situs tersebut. Setelah diisi maka nanti akan muncul besaran jumlah pajak yang harus dibayarkan. Segala bentuk transaksi tidak bisa dilakukan dengan cara ini. 

2. Melalui SMS 

Jika membuka website dirasa kurang efektif, kamu bisa mengecek pajak kendaraan dengan mengirim SMS ke layanan USSD *368*1# (DKI Jakarta). Setelah itu, akan muncul pilihan 1. Info Tanmor, 2. Info Pajak Ranmor (kendaraan Bermotor), 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling.

Pilih nomor 2. Pajak Ranmor. Kemudian masukan nomor kendaraan Anda tanpa ada spasi, misalnya B 1111 SNX, nanti akan ada jawaban dari Polda Metro Jaya yang memberikan informasi besarnya pajak yang harus dibayarkan.

3. Melalui Aplikasi 

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah melalui aplikasi Cek Ranmor dan Pajak DKI Jakarta. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui google play store khusus pengguna Android. Setelah diunduh, lakukan register terlebih dengan memasukan nomor NIK dan nomor Polisi kendaraan. Kemudian akan muncul data kendaraan serta jumlah pajak yang harus dibayarkan. 

Selain aplikasi tersebut, pemilik kendaraan bisa juga menggunakan Samsat Online Nasional atau e-Samsat. Menariknya, di aplikasi ini Anda bisa juga melakukan pembayaran tunggakan pajak kendaraan.

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Motor (STNK)

Seperti diketahui, satu tahun sekali pemilik motor di Indonesia wajib membayar pajak untuk mengesahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan alias STNK. Tidak bisa dipungkiri, terkadang kita sering lupa dan terlewat dari waktu pembayaran pajak yang telah ditentukan. Konsekuensinya harus membayar denda keterlambatan bayarpajak kendaraan (STNK). Masalahnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana menghitung denda telat bayar pajak motor.

Denda telat bayar pajak motor ini tentu mengharuskan kamu sebagai pengguna sepeda motor menambah biaya lagi. Untuk besarannya sendiri tergantung dari motor yang dimiliki. Karena beda motor, beda juga pajak dan denda yang harus dibayarkan. Membayar pajak motor sebaiknya kamu lakukan tepat waktu, karena biaya denda telat bayar pajak motor terbilang cukup besar dan merugikan khususnya bagi pemilik sepeda motor.

Bagi kamu yang belum mengetahui ketentuan bagi orang yang telat bayar pajak alias dendanya itu sendiri ialah jika 1 atau 2 hari terlambat denda yang dibayarkan sama saja dengan 1 bulan. Telat 1 minggu juga akan dihitung 1 bulan. Dan jika telat 1 bulan lewat 1 hari akan dihitung telat 2 bulan. Bagaimana, malah terasa rugikan bukan? Jadi, ada baiknya jika kamu berusaha untuk membayarnya tepat pada waktu yang sudah ditentukan.

Berikut informasi denda telat bayar pajak motor:

Jika kamu membayar pajak tepat waktu, maka perhitungannya adalah PKB (pajak kendaraan bermotor) + SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan).

Contohnya jika motor kamu adalah Honda Vario 110 tahun 2011. Di STNK tertera PKB sebesar Rp.190.000 dan SWDKLLJ sebesar Rp. 35.000. Maka pajak motor yang harus dibayar adalah Rp. 225.000.

Karena melakukan pembayaran tepat waktu, kamu tidak akan denda. Namun jika telat, kamu harus membayar pajak ditambah dendanya yang didapat dari Denda PKB + Denda SWDKLLJ.

Rumus Denda PKB :

  • Terlambat membayar 1 bulan : PKB x 25% x 1/12
  • 2 bulan : PKB x 25% x 2/12
  • 3 bulan : PKB x 25% x 3/12
  • 6 bulan : PKB x 25% x 6/12
  • 1 tahun : PKB x 25% x 12/12  

Contoh Denda PKB 1 tahun = 190.000 x 25% x 12/12 = 47.500

Denda SWDKLLJ = Rp32.000 ( roda dua )

Denda Keseluruhan = Denda PKB + Denda SWDKLLJ = 47.500 + 32.000 = 79.500

Sehingga pajak beserta denda yang harus dibayarkan sebesar Rp79.500

Biaya Bayar Pajak Motor Keseluruhan Jadinya:

= Biaya PKB + SWDKLLJ + Denda Keseluruhan

= 190.000 + 32.000 + 79.500

= 301.500

Sehingga, biaya yang harus kamu keluarkan setelah telat membayar pajak 1 tahun adalah Rp301.500.

Itulah contoh menghitung denda pajak motor tahunan yakni selama 1 tahun. Jadi, misalnya kamu mau menghitung denda 2 bulan kelipatannya, atau mungkin 2 tahun & kelipatannya, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan rumus Denda PKB nya saja.

Bacaan menarik lainnya:

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.03/2012 tentang Tata Cara Penetapan dan Pencabutan Penetapan Wajib Pajak dengan Kriteria Tertentu dalam rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait