Swift Kode Bank Mandiri, Sebuah Kode Unik dan Fungsinya

Swift Kode Bank Mandiri

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau swift code bank merupakan suatu deret kode unik yang terdiri dari beberapa campuran huruf kapital untuk melakukan verifikasi dalam transaksi keuangan baik dalam negeri maupun luar negeri. Berbeda dengan kode bank yang hanya memiliki tiga deret angka tanpa huruf untuk melakukan transfer uang dengan bank yang berbeda.

Beberapa bank yang ada di Indonesia umumnya memiliki swift code-nya masing-masing dan berbeda-beda. Misalkan saja Swift Kode Bank Mandiri yang pastilah berbeda dengan Swift Kode Bank BCA. Meskipun satu atap, nyatanya Swift Kode Bank Mandiri dan Swift Kode Bank Mandiri Syariah juga berbeda. Swift Kode Bank Mandiri adalah BMRIIDJA dengan kode bank 008 sedangkan Kode Swift Bank Mandiri Syariah adalah BSMDIDJA dengan kode bank 451.

Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun yang berdampak pada perkembangan sistem teknologi perbankan. Bahkan ragam produk perbankan terus berkembang secara signifikan saat ini. Hampir seluruh bank yang ada di segala penjuru dunia terhubungkan dan saling bekerja sama dalam menciptakan berbagai kemudahan pelayanan bagi nasabahnya.

Banyak bank yang menawarkan beragam kemudahan, keamanan, dan kecepatan proses transaksi dari berbagai tempat di seluruh dunia secara realtime dan kian menarik di mata nasabah.

Kode Swift tercipta guna menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di seluruh dunia. Swift adalah sebuah asosiasi yang menjadi penghubung lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan juga nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara.

Swift selanjutnya akan menghubungkan serta menyediakan informasi terkait keuangan yang dibutuhkan dalam berbagai transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Seluruh pertukaran informasi yang vital terjadi berada dalam lingkungan yang aman dan terjamin dari ragam tindak penyalahgunaan atau kejahatan keuangan.

Swift akan menjadi sebuah penghubungan antara dua atau lebih bank yang memiliki kepentingan transaksi keuangan, seperti kegiatan transfer bank antar negara, sending or receiving. Terkait hal ini Swift akan bertindak sebagai messenger atau pembawa pesan dari berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan dalam bentuk transaksi keuangan. Berbagai informasi dan data tersebut kemudian dijamin keamanan dan kerahasiaannya oleh Swift.

Kode Swift juga memiliki istilah Bank Identifier Code (BIC). Kode Swift ini terdiri dari 8 atau 11 karakter yang sesuai dengan standar internasional. Kode ini selanjutnya berperan dalam mengidentifikasi institusi keuangan yang terlibat dalam transaksi. Sehingga setiap bank memiliki kode Swift yang berbeda-beda.

Kode Swift akan sangat membantu dalam melakukan transaksi keuangan dimana transaksi akan berjalan dengan aman dan efisien. Bahkan seluruh transaksi perbankan yang dilakukan antar lintas negara menggunakan kode Swift.

Bacaan menarik lainnya:

Bank Sumsel Babel Syariah. (2014). Buku Pedoman Bank Sumsel Babel Cabang syariah. Bank Sumsel Babel Syariah: Palembang.

Arifin, Zainul. (2002). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Alvabet


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait