Pengertian Sosial dan Etika Bisnis Perusahaan

Pengertian Sosial

Pengertian sosial atau bentuk tanggung jawab perusahaan yang mewujudkan etika dalam berbisnis sangat diperlukan untuk memajukan perusahaan sekaligus mengedepankan aspek masyarakat luas. Pengertian sosial yang dimaksud adalah kepedulian perusahaan akan kepentingan masyarat sebagai pengguna produk dan jasa ataupun yang tidak menggunakannya.

Misalkan saja sebuah perusahaan makanan cepat saji yang terus berkembang pesat memiliki pabrik yang berlokasi dekat dengan pemukiman penduduk. Otomatis perusahaan tersebut memiliki limbah hasil industri yang cukup berbahaya jika terkontaminasi oleh penduduk setempat. Maka dari itu pengolahan limbah juga dikatakan sebagai salah satu kepedulian perusahaan dalam pengertian sosial dan etika bisnis.

Perusahaan yang tidak mempunyai standar dan etika berbisnis akan sangat mengganggu ekosistem perjalanan perusahaan tersebut ke depannya. Maka dari itu perusahaan besar memiliki tanggung jawab dan pengertian sosial etika berbisnis untuk tidak hanya mencari keuntungan semata, namun juga memiliki kemampuan untuk berkontribusi dalam membangun lingkungan yang baik bagi penduduk yang bermukim di sekitarnya atau secara luas dan global.

Dalam pengertian sosial dan unsur etika bisnis, tanggung jawab sosial secara umum meliputi konsumen, supplier, karyawan, kreditor, lingkungan, komunitas, masyarakat dan sebagainya. Sehingga tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bagian dari etika bisnis.

Pengertian sosial dan etika bisnis juga tidak jarang menjadi bentuk kampanye perusahaan, di mana perusahan juga akan mendapatkan feedback atau timbal balik dari kegiatan sosialnya, antara lain :

a.   Perusahaan semakin dikenal

b.   Meningkatkan penjualan

c.   Meningkatkan keyakinan konsumen

d.   Daya saing semakin terbuka lebar

Seorang ahli, Von der Embse dan R.A. Wagley (1988) menyebutkan bahwa ada tiga pendekatan dasar yang dilakukan untuk merumuskan ragam tingkah laku atau interaksi sosial dalam etika bisnis, antara lain :

1.   Utilitarian Approach

Utilitarian approach adalah tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Seseorang perlu mengikuti cara yang dapat memberikan manfaat besar pada masyarakat dengan hal yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.

2.   Individual Rights Approach

Pendekatan individu ini menunjukkan bahwa setiap orang yang berada dalam tindakan dan kelakuannya memiliki dasar yang harus dihormati. Meski demikian, ada beberapa tindakan dan perilaku yang harus dihindari untuk mengurangi benturan dengan hak orang lain.

3.   Justice Approach

Pendekatan secara hukum akan membuat semuanya menjadi adil dimana terdapat kedudukan yang sama antara pemberi layanan, pelanggan dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya, pengertian sosial tanggung jawab perusahan harus memperhatikan etika, bentuk tanggung jawab sosial antara lain :

1.   Tanggung jawab sosial kepada konsumen

Tanggung jawab sosial perusahaan kepada konsumen tidak hanya memulu soal masalah penyediaan produk dan jasa saja, namun tetap harus memperlihatkan aspek-aspek lain, seperti manfaat kepada masyarakat.

2.   Tanggung jawab sosial kepada karyawan

Perusahaan wajib memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh karyawannya dengan memberikan perlakuan yang adil. Selain itu,  perusahaan juga harus memberikan kesempatan dan fasilitas untuk pengembangan diri karyawan.

3.   Tanggung jawab sosial kepada kreditor

Penyelesaian kewajiban seperti utang perusahaan yang harus diselesaikan, namun perusahaan sedang mengalami masalah finansial, sehingga perusahaan wajib memberitahukan kepada kreditor untuk mencari jalan tengahnya.

4.   Tanggung jawab kepada pemegang saham

Perusahaan memiliki tanggung jawab kepada pemegang saham, yang mana kegiatan operasional perusahaan juga harus memastikan keputusan yang diambil melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) untuk kepentingan pemegang saham.

5.   Tanggung jawab sosial kepada lingkungan

Tanggung jawab ini berkaitan dengan lingkungan atau tempat di mana perusahaan berada. Misalkan pengelolaan limbah dan zat berbahaya yang bisa terkontaminasi dalam sebuah wilayah.

6.   Tanggung jawab sosial kepada komunitas

Tanggung jawab sosial ini dilakukan dengan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), di mana jenis bantuan seperti sarana prasarana untuk pendidikan, kesehatan, infrastuktur dan hal lain perlu untuk diberikan oleh perusahaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait