Serba-Serbi Tabungan Mandiri Syariah yang Perlu Kamu Tau!

Serba-Serbi Tabungan Mandiri Syariah yang Perlu Kamu Tau!
Serba-Serbi Tabungan Mandiri Syariah yang Perlu Kamu Tau!

Bank syariah tumbuh berkembang di dunia perbankan Indonesia. Salah satu satu bank syariah yang dikenal masyarakat yang sudah terbukti kinerja profesionalitasnya adalah PT Bank Syariah Mandiri (BSM). Per Desember 2017 Bank Syariah Mandiri memiliki 737 kantor layanan di seluruh Indonesia, dengan akses lebih dari 196.000 jaringan ATM.

Sekilas mengenai Bank Mandiri Syariah

Bank ini mulai beroperasi di Indonesia sejak Senin tanggal 25 Rajab 1420 H atau tanggal 1 November 1999. Krisis ekonomi dan moneter sejak Juli 1997, yang disusul dengan krisis multi-dimensi termasuk di panggung politik nasional, menimbulkan  dampak bagi dunia perbankan. Karena masalah ini, akhirnya pemerintah Indonesia mengambil tindakan dengan merestrukturisasi dan merekapitalisasi sebagian bank-bank di Indonesia, salah satunya bank konvensional milik PT Bank Susila Bakti (BSB). 

Di saat bersamaan, pemerintah juga melakukan penggabungan (merger) empat bank yaitu Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Exim, dan Bapindo. Keempat bank ini menjadi satu bank baru bernama PT Bank Mandiri (Persero) pada tanggal 31 Juli tahun 1999. 

Kemudian, Bank Mandiri melakukan konsolidasi serta membentuk Tim Pengembangan Perbankan Syariah. Pembentukan tim ini bertujuan untuk mengembangkan layanan perbankan syariah di kelompok perusahaan Bank Mandiri, sebagai respon atas diberlakukannya UU No. 10 tahun 1998, yang memberikan peluang bagi bank umum untuk melayani transaksi syariah (dual banking system). Tim Pengembangan Perbankan Syariah ini memandang bahwa pemberlakuan UU tersebut merupakan momentum tepat untuk melakukan konversi PT Bank Susila Bakti dari bank konvensional menjadi bank syariah. 

Latar Belakang Berdirinya Mandiri Syariah

Bank Syariah Mandiri hadir dengan harmonisasi idealisme usaha dengan nilai-nilai spiritual. Bank Syariah Mandiri (banking bsm)tumbuh sebagai bank yang mampu memadukan keduanya, yang melandasi kegiatan operasionalnya.

Jadi, buat kamu yang ingin mencoba Tabungan Mandiri Syariah persyaratan cukup mudah dan ringan. Bank ini berdasarkan prinsip syariah dengan akad wadhi’ah yad dhamanah. Di bawah ini adalah beberapa persyaratan dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan ketika membuka rekening tabungan BSM.

a. Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp20.000 tanpa ATM dan Rp80.000 menggunakan ATM.

b. Setoran tunai selanjutnya minimal Rp10.000.

c. Saldo minimum rekening (setelah penarikan) adalah Rp20.000 (tanpa ATM) dan Rp50.000 (dengan ATM).

d. Jumlah minimum penarikan di counter sebesar Rp100.000 kecuali pada saat penutupan rekening.

e. Bebas biaya administrasi rekening.

f. Biaya pemeliharaan Kartu TabunganKu Rp2.000 (bila ada).

g.Biaya penutupan rekening atas permintaan nasabah Rp20.000.

h. Biaya ganti buku karena hilang/rusak atau sebab lainnya sebesar Rp0.

i. Rekening dormant (tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut).

j. Biaya penalti Rp2.000 per bulan.

Namun perlu diperhatikan, apabila saldo rekening kurang dari Rp20.000, maka rekening tabungan mandiri syariah kamu akan ditutup oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.

Nasabah pemilik rekening TabunganKu adalah nasabah perorangan. Nasabah adalah Warga Negara Indonesia. Nasabah TabunganKu hanya dibenarkan memiliki 1 rekening di 1 Bank. Tidak dibenarkan mendapatkan fasilitas joint account “AND” atau “OR”.  Apa saja persyaratannya? Kartu Identitas: KTP/Paspor dan NPWP. Cukup mudah kan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait