Jenis Kartu ATM Mandiri Serta Berbagai Pertimbangannya

jenis kartu atm mandiri
jenis kartu atm mandiri

Berdasarkan jenis jaringannya, ada dua jenis kartu ATM Mandiri, yakni jaringan Visa dan Jaringan GPN. Jenis jaringan yang digunakan ini bisa terlihat pada logo dan jenis tulisan yang tertera pada kartu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dari redaksi Ajaib berikut ini.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, tentunya ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan dengan menjadi nasabah Bank Mandiri. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya :

Banyaknya cabang Bank Mandiri untuk pembukaan rekening dan urusan perbankan lainnya.

Jaringan ATM Mandiri yang luas, mempermudah berbagai transaksi keuangan dengan menggunakan mesin ATM, khususnya setor dan tarik tunai.

Banyak Fitur dan Fasilitas

Banyaknya vendor yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. Sehingga banyak sekali tawaran layanan dan juga fasilitas serta kemudahan yang bisa dinikmati oleh nasabah Bank Mandiri.

Tentunya dengan banyaknya nasabah, memungkinkan Bank Mandiri untuk selalu menjadi yang terdepan dalam hal teknologi serta menyediakan beragam layanan untuk memudahkan nasabahnya. Saat ini, hampir semua merchant menerima pembayaran melalui jaringan Bank Mandiri. Baik untuk berbelanja online, pembayaran macam-macam iuran, belanja di supermarket dan minimarket, transaksi restoran, hotel dan lain sebagainya.

Kartu Debit Mandiri merupakan salah satu fasilitas Bank Mandiri yang memiliki banyak sekali manfaat. Setidaknya ada empat jenis kartu ATM Mandiri, yaitu Silver, Gold dan Platinum.

Jika kamu baru mau membuka rekening Bank Mandiri, ada baiknya kamu mengenali dulu jenis-jenis kartu debit Mandiri yang ditawarkan.

Dua Jenis Kartu ATM Mandiri Berdasarkan jaringan

Berdasarkan jenis jaringannya, ada dua jenis kartu debit Mandiri, yakni jaringan Visa dan Jaringan GPN. Jenis jaringan yang digunakan ini bisa terlihat pada logo dan jenis tulisan yang tertera pada kartu.

Kartu Debit Mandiri Jaringan VISA

VISA merupakan salah satu jaringan perbankan terbesar yang sudah dikenal sangat lama.          Kelebihan dari VISA adalah jaringannya yang sudah mendunia. Sehingga pemegang kartu ATM Bank Mandiri Visa, bisa menggunakan seluruh jaringan ATM dan EDC VISA di seluruh      dunia.

Kelebihan lainnya, banyak juga promosi-promosi yang diberikan pada pemegang kartu debit       jaringan VISA. Pemegang kartu ATM Mandiri Visa juga bisa menggunakan kartu untuk berbelanja online atau topup dompet digital seperti OVO, Dana atau LinkAja.

Kartu Debit Mandiri Jaringan GPN

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional, merupakan sistem jaringan yang mengintergariksn            transaksi antar bank nasional. GPN resmiu diluncurkan oleh Bank Indonesia pada Mei 2018.

Karena GPN memproses semua proses transaksi di dalam negeri, maka tidak mengherankan   jika biaya yang dikenakan menjadi lebih murah. Beberapa fasilitas dari kartu ATM jaringan GPN adalah sebagai berikut:

  • Semua bank sudah diwajibkan mengeluarkan kartu ATM jaringan GPN, sehingga lebih mudah digunakan dalam berbagai transaksi antar bank.
  • Kartu ATM jaringan GPN sudah menggunakan teknologi chip yang fitur keamanannya sudah terstandarisasi.
  • Tidak ada extra charge saat menggunakan kartu ATM Mandiri Debit GPN di merchant untuk pembayaran debit.
  • Berbagai tarif biaya yang lebih murah dalam transaksi perbankan, seperti misalnya biaya admin bulanan serta transaksi antar bank.

Jenis-Jenis Kartu Debit Mandiri Berdasarkan Fiturnya

Selain berdasarkan jenis jaringan, kartu debit Mandiri juga dibedakan berdasarkan level fasilitas layanan perbankan yang diberikan. Ada tiga jenis kartu debit Mandiri berdasarkan level fasilitas perbankan, yaitu :

Kartu Debit Mandiri Silver : jenis kartu debit yang memiliki biaya administrasi paling rendah. Tentu saja, hal ini juga disesuaikan dengan jenis fasilitas yang bisa dinikmati oleh pemegang kartu debit Mandiri Silver. Dimana besaran transfer maksimal juga tidak sebesar kartu debit Mandiri Gold atau Mandiri Paltinum.

Kartu Debit Mandiri Gold : Jenis kartu debit Mandiri yang memiliki biaya bulanan lebih tinggi dari kartu debit Mandiri Silver. Hal ini dibarengi dengan batas tarik tunai dan transfer yang lebih tinggi dari kartu debit mandiri Silver.

Kartu Debit Mandiri Platinum : Jenis kartu ATM Mandiri yang memiliki biaya bulanan paling tinggi. Tentu saja hal ini berbanding lurus dengan batas tarik tunai dan transfer yang juga lebih tinggi dari kedua kartu debit Mandiri lainnya.

Biaya dan Limit Kartu Debit Mandiri

Berikut ini adalah perbedaan biaya dan limit penggunaan kartu ATM Mandiri VISA dan GPN berdasarkan masing-masing jenis kartu debit.

Jenis Biaya atau Limit Silver Gold Platinum
Biaya administrasi bulanan (VISA) Rp. 4.500 Rp. 4.500 Rp.7.500
Biaya administrasi bulanan (GPN) Rp. 2.000 Rp. 4.500 Rp. 7.500
Biaya ganti kartu  downgrade Rp15 ribu Rp15 ribu
Biaya ganti kartu sejenis atau upgrade Gratis Gratis
Limit tarik tunai di ATM Rp10 juta Rp10 juta Rp10 juta
Limit transfer antar rekening Mandiri di ATM Rp25 juta Rp50 juta Rp100 juta
Limit transfer ke rekening bank lain di ATM Rp5 juta Rp10 juta Rp25 juta
Limit pembayaran tagihan/pembelian di ATM Rp5 juta Rp50 juta Rp100 juta
Limit belanja di merchant (EDC) Rp25 juta Rp50 juta Rp100 juta
Limit pembayaran tagihan/pembelian topup di EDC Rp1 juta Rp2 juta Rp3 juta
Limit pembelian isi ulang (telko) Rp1 juta Rp5 juta Rp50 juta
Limit tarik tunai di merchant/ EDC Rp1 juta Rp1 juta Rp1 juta
Limit setoran di mesin CDM (setor tunai) Rp5 juta Rp10 juta Rp20 juta
Limit top up Mandiri Prepaid Rp1 juta Rp1 juta Rp1 juta

Seluruh biaya dan limit tersebut tentunya bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan Bank Mandiri.

Saat ini, baik kartu Mandiri debit VISA atau GPN memiliki masa kadaluarsa (expired dat) dalam dalam jangka 5 tahun. Seluruh kartu debit Mandiri lama yang menggunakan sistem magnetic stripe masih bisa digunakan hingga masa kadaluarsa. Selanjutnya seluruh kartu ATM Mandiri akan diganti dengan jensi Kartu Mandiri Debit Chip VISA atau GPN. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait