Kode Bank Mandiri yang Patut Diketahui oleh Nasabah Bank

kode bank mandiri
kode bank mandiri

Kode Bank Mandiri ini patut kamu ketahui, terutama jika kamu adalah nasabah bank lain yang sering melakukan transfer ke Bank Mandiri. Peraturan penggunaan kode ini berlaku ke semua bank yang ada di Indonesia. Nomor berupa kode Bank sendiri fungsinya seperti alamat rumah, jadi ketika kamu mengetik nomornya dengan benar, kamu tidak akan kesasar.

Kode Bank Mandiri adalah 008. Kode ini berlaku untuk seterusnya sampai adanya perubahan yang mungkin saja nanti dilakukan oleh Bank Mandiri. Namun perubahannya kemungkinan tidak akan terjadi mengingat Bank Mandiri sudah menggunakan kode itu sejak lama.

Lalu akan lebih mudah lagi jika kamu menggunakan mobile banking. Biasanya ketika akan melakukan transfer ke bank lain, kamu hanya perlu memilih nama banknya. Di nama bank tersebut sudah tertera kode bank masing-masing. Jadi, ketika kamu akan melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri, kamu tinggal memilih nama Bank Mandiri, maka kodenya otomatis akan terinput.

Cara Penggunaan Kode Bank Mandiri

Pertama-tama, masukkan kartu ATM ke mesin ATM. Lalu pilih transfer bank. Kemudian pilih transfer ke bank lain. Setelah itu akan muncul pilihan daftar kode bank seluruh Indonesia. Ketika kamu menemukan kode Bank Mandiri, jangan lupa ingat baik-baik.

Setelah itu kamu akan dibawa kembali menuju ke tampilan nomor rekening tujuan transfer. Tambahkan kodenya, yaitu 008 sebelum mengetikkan nomor rekening tujuan transfer. Jangan lupa pastikan nama pemilik nomor rekening tujuan sesuai dengan yang kamu tuju.

Jadi, jika kamu kesulitan menghafal kode ini, tenang saja karena di setiap ATM yang kamu kunjungi, kamu pasti akan diberi tahu daftar kode bank seluruh Indonesia. Daftar kode ini akan muncul ketika kamu melakukan transfer. Cukup mudah ditemukan karena daftarnya sudah jelas.

Salah Satu Bank Terbesar Indonesia

Menilik ke masa lalu, Bank Mandiri berdiri ketika krisis moneter melanda Indonesia. Merupakan merger dari 4 bank Indonesia, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor Indonesia, Bank Pembangunan Indonesia, dan Bank Dagang Negara. Masing-masing dari bank tersebut dikatakan memiliki peran penting bagi pembangunan Indonesia.

Bank Dagang Negara sudah berdiri sejak tahun 1857 dan merupakan miliki Hindia Belanda, hingga akhirnya dinasionalisasi pada tahun 1960. Kemudian Bank Bumi Daya sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1959, bank ini juga asalnya dari bank milik Hindia Belanda.

Lalu Bank Ekspor Impor Indonesia didirikan pada tahun 1824, dan merupakan bank milik Hindia Belanda. Serta Bank Pembangunan Indonesia berdiri pada tahun 1951.

Demi menyelamatkan keempat bank tersebut, akhirnya Pemerintah melakukan merger sehingga penyatuan keempatnya pun menghasilkan Bank Mandiri. Penyatuan itu dikatakan tepat karena sekarang Bank Mandiri menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait