Reksa Dana

Memilih Reksa Dana Yang Tepat dan Bagaimana Melakukannya

Ajaib: Memilih Reksa Dana Yang Tepat
Ajaib: Memilih Reksa Dana Yang Tepat

Investasi reksa dana banyak digaungkan sebagai pilihan terbaik bagi orang awam untuk berinvestasi pertama kali. Hal ini karena rekam jejaknya beberapa tahun belakangan yang terbukti sebagai salah satu produk investasi yang unggul. Namun tentu saja ini tak akan terjadi kalau kamu tidak cermat memilih reksa dana yang tepat untuk investasi.

Reksa dana menjadi unggulan karena kemudahannya yang didapat dari kinerja manajer investasi. Manajer inilah yang akan mengelola uangmu ke dalam instrumen keuangan yang menjanjikan sehingga hasilnya bisa dirasakan pada waktunya nanti. Unit penyertaannya kemudian disimpan di bank kustodian terpercaya dalam pelaksanaannya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia periode kuartal III/2019 berada di angka 5,02%. Angka ini menunjukkan penurunan laju ekonomi year-on-year (yoy) dari 5,17% pada kuartal III/2018. Meski begitu, penurunan tidak sedalam negara maju dan negara berkembang lain di tengah ketidakstabilan ekonomi global 

Sementara itu, total dana kelolaan atau asset under management  (AUM) industri reksa dana menembus rekor baru yang mencapai Rp550 triliun per Oktober 2019 Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kenaikan AUM tersebut diikuti pembelian reksa dana senilai Rp8,26 triliun, meningkat 53,53% dari bulan sebelumnya.

Bagaimana memilih reksa dana yang tepat?

Inilah kebenarannya: Perbedaan dalam kinerja 5 tahun reksa dana saham terbaik dan reksa dana saham terburuk bisa lebih dari 50%! Ini berarti, investasi Rp 100 juta pada 5 tahun yang lalu akan menjadi Rp 165 juta jika kamu berinvestasi dalam reksa dana saham terbaik. Sementara itu, jumlahnya bisa menjadi hanya Rp 115 juta jika kamu berinvestasi dalam reksa dana saham terburuk.

Ada perbedaan sebesar Rp 50 juta! Sungguh suatu jumlah yang besar dengan hanya membuat pilihan untuk membeli investasi reksadana yang berbeda.

Bisakah kamu memilih reksa dana berkinerja terbaik ini 5 yang lalu? Mungkin tidak. Bisakah kamu memilih reksa dana dengan kinerja terburuk? Mungkin saja!

Ini menyoroti pentingnya memilih produk investasi dengan kriteria yang ketat, kemudian selalu memantau investasi tersebut secara konsisten. Sulitnya, ini membutuhkan tingkat pengertian keuangan dan disiplin yang tinggi.

Memang kita tidak dapat memprediksi 100 persen sebelumnya reksa dana mana yang akan berkinerja terbaik nomor satu. Tetapi kita dapat mengambil strategi investasi yang terbukti memberikan return yang mendekati kinerja terbaik. Hal ini mungkin sulit dilakukan oleh investor pemula yang tentunya masih asing dengan berbagai trik dunia keuangan.

Namun ini tak akan terjadi jika kamu memilih jenis reksa dana lewat Ajaib. Kamu bisa membangun portofolio investasimu bersama kami sesuai dengan perencanan keuangan dan jangka waktu yang diinginkan. Portofolio investasi Ajaib menggabungkan reksa dana terbaik yang telah dipilih melalui kriteria yang ketat berdasarkan pengetahuan ahli tim lulusan PhD dan MBA kami dari ITB dan Stanford University.

Pilihan Reksa Dana di Ajaib

Platform online marketplace investasi reksa dana Ajaib tidak menyediakan pilihan yang terlalu banyak sehingga kamu akan kebingungan. Kamu akan diberikan pilihan yang mudah dan penjelasan yang gampang dipahami. Namun bukan berarti kami tidak menyediakan pilihan yang menguntungkan bagi portofoliomu.

Kami menyediakan produk reksa dana untuk tujuang jangka panjang maupun jangka pendek. Mulai dari reksa dana pendapatan tetap alias obligasi untuk yang lebih suka sesuatu yang aman hingga 10 pilihan. Kemudian adapula 18 reksa dana saham jika kamu ingin turut serta dalam pergolakan pasar modal di Indonesia.

Adapula reksa dana pasar uang jika fluktuasi harga mata uang adalah yang menarik bagimu. Instrumen investasi reksa dana lainnya juga reksa dana campuran jika kamu ingin melakukan diversifikasi investasi agar risikonya lebih rendah.

Jenis investasi ini juga terbagia dalam bentuk syariah maupun konvensional. Reksa dana syariah menjadi pilihan bagi kamu yang ingin uangmu tetap halal namun mengalami kenaikan nilai lewat investasi. Keunggulan lainnya dari pilihan investasi reksa dana dari Ajaib adalah sifatnya yang tematik.

Ada sejumlah tema yang menjadi unggulan seperti Investasi Peduli Sosial dan Dana Amal, Saham-saham Undevalue, dan 45 Saham Pemimpin Pasar Indonesia serta masih banyak lainnya. Semuanya dimaksudkan untuk membantumu memudahkan pilihan akan jenis reksa dana yang akan dibeli.

Memilih Reksa Dana Berdasarkan Jenisnya

Reksa dana itu punya jenis yang berbeda-beda. Sebelum kamu investasi di sini, kamu harus memahami dulu jenisnya.

1. Reksa dana pasar uang, di mana seluruh uang ditempatkan di deposito, di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan juga di obligasi. Jatuh tempo reksa dana ini kurang dari satu tahun. Jenis reksa dana ini juga cenderung lebih aman. Berbanding lurus dengan risikonya yang kecil, keuntungannya pun relatif lebih kecil.

2. Reksa dana pendapatan tetap, di mana dana dialokasikan ke obligasi minimal 80 persen. Keuntungan yang diperoleh pun lebih tinggi dan bisa mencapai lebih dari 10 persen per tahunnya.

3. Reksa dana campuran, sesuai namanya maka reksa dana ini menggunakan berbagai peraturan dari jenis-jenis sebelumnya. Sangat berisiko namun jika berhasil maka reksa dana akan menghasilkan keuntungan yang tinggi dan juga mengaggumkan. Tentunya meskipun menghasilkan dalam jumlah sedikit atau banyak, Anda sebagai pemula haruslah berhati-hati dalam mengambil keputusan dan melakukan reksa dana agar tidak merugi.

4. Reksa dana proteksi atau biasa disebut reksa dana pendapatan tetap. Di mana reksa dana ini menempatkan sebagian dana dalam instrumen obligasi yang bisa memberikan perlindungan sesuai namanya. Artinya reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibanding reksa dana saham dan campuran.

5. Reksa dana index, di mana jenis ini mirip dengan saham karena instrumen ini bisa diperjual-belikan di bursa yang disebut ITF (Exchange Traded Fund) dan harganya bisa berfluktuatif seperti saham. Namun reksa dana ini biasanya berisi index tertentu yang dikelol secara pasif, artinya tidak melakukan jual beli di bursa kecuali ada yang berlanggaran baru atau penebusan.

Cara Kerja Reksa Dana

Reksa dana itu adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul selanjutnya akan diinvestasikan oleh manajer investasi. Instrumen investasi reksa dana yakni, saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta manajer investasi yang mengelolanya juga terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dana atau kamu akan hilang.

Beberapa kelebihan dari reksa dana adalah adanya verifikasi investasi, di mana investasi akan dipecah ke beberapa instrumen. Sehingga investasi ini bukan hanya ditanamkan pada satu perusahaan saja, namun di beberapa perusahaan.

Dengan cara kerja reksa dana tersebut, maka ketika nilai suatu saham di perusahaan A turun, maka tidak serta merta dana yang diinvestasikan di instrumen ini juga turun. Melainkan investasi Anda akan tetap aman karena masih memiliki investasi yang di tempatkan di instrumen atau perusahaan lainnya oleh manajer investasi.

Reksa dana merupakan jenis investasi yang memberikan return yang cukup besar, dan instrumen investasinya mudah diakses.

Karena investasi ini memiliki wilayah yang sangat luas, maka kamu juga harus bisa menggali informasi dengan baik. Mulai dari apa saja yang dibutuhkan, bagaimana alur atau perjalanannya sehingga bisa bagus dan berkembang, dan bagaimana kemungkinan atau bagaimana kelebihan dan keuntungannya.

Memilih Reksa Dana yang Menguntungkan

Untuk mempermudah, ada sejumlah indikator reksa dana yang bisa diaplikasikan. Pengertian indikator reksa dana ini telah Ajaib uraikan dengan mudah agar gampang dipahami pemula sepertimu.

1. Return yang Konsisten

Tingkat keuntungan yang bisa dihasilkan produk reksa dana adalah indikator utama. Pelajari kinerja produk selama ini dan bandingkan dengan yang sejenis. Angka capaian bukanlah patokan utama melainkan konsistensi. Pilihlah reksa dana yang berhasil mencetak return secara konsisten dalam jangka panjang agar investasimu menguntungkan.

2. Tingkat Risiko yang Wajar Dibandingkan Return

Tingkat risiko menjadi indikator lain memilih produk reksa dana. Ada berbagai metode yang bisa digunakan namun pada dasarnya semakin tinggi resiko maka semakin tinggi keuntungannya. Pilihlah reksa dana yang beresiko tinggi namun juga memiliki return tinggi. Serupa, bandingkan produknya sejenis sampai mendapatkan pilihan yang tepat.

3. Jumlah Dana Kelola dan Unit Penyertaan yang Terus Naik

Dana Kelola sering disebut Asset Under Management (AUM) atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) untuk jumlah dana seluruh investor ditambah hasil pengembangannya. Sedangkan Unit Penyertaan (UP) adalah jumlah unit yang perkembangannya sesuai dengan transaksi investor. Besar dan kecilnya kedua hal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sebagai investor pemula kamu bisa dengan indikator perkembangannya. Semakin tinggi perkembangannya maka akan semakin baik dan menguntungkan dalam jangka panjang.

4. Biaya Investasi Reksa Dana yang Sesuai dengan Layanan yang Diberikan

Kita tentunya menginginkan biaya serendah mungkin namun tidak demikian dengan manajer investasi. Pengelola investasi ini butuh dana lebih untuk memaksimalkan kinerjanya. Sebagai solusi, cari review dan rekomendasi soal reksa dana tersebut. Carilah yang perbandingan biaya dan returnya sebanding dan menguntungkan bagi investasimu.

Empat poin di atas bisa menjadi indikator dalam memilih produk reksa dana yang diinginkan. Kalau masih kurang jelas, kamu bisa berkonsultasi dan mendapatkan pengetahuan keuangan lewat aplikasi Ajaib. Jangan batalkan niat investasimu hanya karena minim informasi dan merasa ragu ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait