Memahami Pengertian Audit, Jenis, dan Tahapannya

Memahami Pengertian Audit, Jenis, dan Tahapannya
Memahami Pengertian Audit, Jenis, dan Tahapannya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, audit adalah pemeriksaan. Sementara dalam arti luas, audit merupakan laporan keuangan yang diperiksa untuk memberikan pendapat atas kebenaran dalam mengambil sebuah keputusan.

Definisi Audit Menurut Ahlinya

Sedangkan definisi seorang ahli, Arens and Loebbecke (Auditing: An Integrated Approach, Edisi 8, 2000:9), audit adalah sebuah proses kegiatan untuk mengumpulkan bukti mengenai informasi yang menentukan dan melaporkan tingkat kesamaan antara informasi dan kriteria yang sudah ditetapkan. Prosesnya harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan independen.

Ahli lainnya, William F. Meisser, Jr, memaparkan pengertian audit sebagai sebuah proses sistematik yang bertujuan mengevaluasi tindakan atau kejadian ekonomi untuk memastikan tingkat kesamaan antara kriteria dan penugasan yang sudah diatur. Hasil penugasan itu disesuaikan pihak yang berkepentingan.

Lain halnya dengan A Statement of Basic Auditing Concepts. Dia mendefinisikan audit sebagai proses sistematik untuk mengevaluasi bukti secara fakta tentang tindakan ekonomi dalam menentukan tingkat kesesuaian antara asersi tersebut.

Jenis-Jenis Audit

Secara umum, audit dapat dibagi menjadi dua kelompok, yakni berdasarkan pemeriksaan dan luasnya.

1. Jenis Audit Menurut Pemeriksaan

  • Audit Laporan Keuangan, yaitu pemeriksaan yang berisikan mengenai pengumpulan dan hasil evaluasi bukti laporan.  Kegiatan audit ini dilakukan oleh pihak eksternal.
  • Audit Operasional memiliki definisi sebagai berikut: Pemeriksaan semua bagian operasional, mulai dari metode kerja sebuah organisasi hingga prosedur kerjanya. Targetnya adalah meninjau kelanjutan efisiensi dan egektivitas kinerja sebuah perusahaan.
  • Audit Ketaatan memiliki arti sebagai berikut: Klien diperiksa secara ketat dalam melakukan pekerjaan sesuai prosedur atau belum. Prosedurnya ditetapkan oleh pihak yang punya otoritas lebih tinggi.
  • Audit Kinerja didefinisikan sebagai proses pemeriksaan kepada instansi pemerintah dalam menenukan nilai ekonomis, efisiensi dan efektivitas. Audit ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

2. Jenis Audit Berdasarkan Luas Pemeriksaan

  • Audit Umum adalah proses pemeriksaan berdasarkan standar profesional akuntan dengan memperhatikan kode etik yang berlaku.
  • Audit Khusus adalah perusahaan meminta pemeriksaan untuk ruang lingkup tertentu saja. Sebagai contoh, perusahaan ingin mengaudit keuangan untuk memeriksa kas perusahaan.

Tahapan Audit

Sebelum auditor, orang yang melakukan audit, memberikan pendapat (opininya), mereka harus melaksanakan tahap-tahap audit. Adapun tahap-tahap audit menurut Arens dkk (2008) yaitu sebagai berikut:

  1. Perencanaan dan pencanangan pendekatan audit.
  2. Pengujian pengendalian dan transaksi.
  3. Pelaksanaan dan mengikuti prosedur analitis dan pengujian terinci atas saldo.
  4. Penyelesaian dan penerbitan laporan audit.

Dari beberapa penjelasan di atas kamu bisa mengambil kesimpulan, bahwa sebuah perusahaan sangat dekat dengan sebuah proses audit. Nah, untuk mendapatkan sebuah hasil audit yang memuaskan dan layak, sebuah perusahaan harus mempertimbangkan proses pencatatan dan penyajian laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan penggunaan akuntansi yang di terima secara umum.

Bacaan menarik lainnya:

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate Accounting.Yogyakarta: BPFE
Sirri, E. R., & Tufano, P. (1998). Costly search and mutual fund flows. Journal of finance, 1589-1622.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait