Bisnis & Kerja Sampingan

Mau Berbisnis? Ketahui tentang Modal Ventura

Ajaib.co.id – Modal ventura adalah salah satu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal pada suatu perusahaan. Orang yang menanamkan modalnya pada perusahaan pasangan usaha (investee company) disebut sebagai kapitalis ventura atau venture capitalist.

Modal sangat berkaitan dengan bisnis. Sebelum memulai bisnis, hal pertama yang dipikirkan salah satunya mengenai modal. Tak hanya kamu yang baru memulai, orang-orang yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis pun akan memikirkan hal yang sama.

Mereka tak akan lepas dari namanya modal. Namanya juga bisnis, harus berjalan terus. Agar bisnis jalan, ya harus memiliki modal yang kuat.

Salah satu modal yang ada dalam dunia bisnis yakni modal ventura. Modal ventura menjadi salah satu modal yang sangat penting dalam perusahaan. Banyak pengusaha yang kurang memahami mengenai modal jenis ini, padahal modal ini bisa mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat bagi perusahaan.

Sebuah perusahaan sulit untuk berjalan lancar, apabila tidak memiliki modal. Modal harus terus ada selama perusahaan tersebut ada. Bisa jadi, kamu harus mencari modal asing dengan cara berutang ke bank ataupun dengan cara lainnya.

Nah, apa sih modal ventura ini? Serta apa manfaatnya bagi sebuah perusahaan. Simak uraian berikut ini.

Apa Itu Modal Ventura

Seperti dijelaskan di awal, modal ventura adalah salah satu jenis investasi dalam bentuk pembiayaan modal ke perusahaan swasta, lalu menjadi rekan kerja dengan jangka waktu yang telah disepakati bersama. Umumnya investasi tersebut diserahkan dalam bentuk tunai, kemudian bisa ditukarkan kepada perusahaan tersebut.

Investasi ini termasuk investasi dengan risiko yang cukup tinggi, tetapi sesuai dengan return yang akan dihasilkan nantinya. Umpan besar, untuk mendapatkan ikan yang besar pula. Sehingga, sebagai pengusaha tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan modal ini.

Investor yang menanamkan modal ke perusahaan dengan modal ventura disebut venture capitalist (VC). Kebanyakan investor modal ventura merupakan orang yang mapan dalam finansial, dana pensiun, atau institusi keuangan yang bertujuan untuk berinvestasi.

Bagi kamu yang ingin memulai memiliki perusahaan rintisan, mencari modal ventura adalah pilihan tepat. Sebab, bagi perusahaan rintisan atau startupakan sulit mendapatkan pinjaman untuk modal dari bank. Perusahaan rintisan termasuk perusahaan yang memiliki risiko tinggi.

Tujuan modal ventura adalah untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi, sehingga sulit mendapatkan pinjaman. Perusahaan rintisan adalah salah satunya.

Bagi investor ventura, perusahaan startup dinilai potensial dijadikan lahan bisnis untuk berinvestasi. Pada umumnya modal jenis ini disertai dengan perjanjian keterlibatan perusahaan untuk menjadi rekan usaha dalam persyaratannya.

Manfaat Modal Ventura

Setelah mengetahui pengertian dari modal ventura, saatnya kamu mengetahui manfaatnya.

1.     Meningkatkan potensi usaha

Modal jenis ini tak hanya mengenai investasi saja. Dalam perusahaan modal ventura pun menjadi rekan bisnis dalam mengembangkan perusahaan, menyumbang ide, mengembangkan produk dan hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan perusahaan.

Bagi kamu yang memiliki perusahaan rintisan, tentunya akan terbantu dengan modal dari investor ini. Tak sekadar investor, pun menjadi rekan bisnis yang baik untuk perusahaan rintisan yang kamu dirikan.

Dengan adanya modal jenis ini, tak hanya dana untuk perkembangan bisnis saja, pun keterlibatan investor bisa memberikan keuntungan.

2.     Pemasaran produk lebih efesien

Dalam sebuah bisnis adanya modal merupakan hal sangat penting. Berkembang dan tidaknya bisnis berpengaruh dari modal yang dimiliki.

Dengan adanya modal ini bisa memaksimalkan pemasaran produk, sebab dana memadai. Selain itu, kredibilitas perusahaan pun ikut naik dengan adanya modal yang kuat.

Adanya modal akan memberikan perkembangan perusahaan yang lebih baik, lebih cepat dan tentunya keuntungan yang lebih banyak.

3.     Kepercayaan dari bank

Manfaat lain dari modal ini adalah terkait sulitnya mendapatkan kepercayaan bank. Bank akan sulit memberikan kepercayaan atau pinjamannya untuk perusahaan rintisan. Tentunya, mereka tak ingin mengambil risiko yang ada, dengan pertimbangan perusahaan kamu tak akan bisa membayar cicilan.

Untuk itu, mengambil modal ventura bisa menjadi solusi. Dengan berkembangnya perusahaan, maka akan memberikan kepercayaan kepada bank untuk memberikan pinjaman.

Dilihat dari manfaat modal ini, kamu bisa mengetahui bahwa memiliki modal ventura memiliki banyak keuntungan. Bukan sekadar untuk mendapatkan investor saja, pun keuntungan di pihak lainnya.

4.     Rentabilitas membaik

Perusahaan pemberi modal tak hanya berinvestasi dalam bentuk dana saja, pun dalam manajemen perusahaan. Mereka akan memberikan banyak hal untuk perkembangan perusahaan yang kamu dirikan. Sehingga, akan ada biaya-biaya yang tak perlu kamu keluarkan.

Tujuan Pengadaan Modal Ventura

Tujuan pengadaan modal ventura dapat dicapai oleh perusahaan rintisan yang kamu bangun. Untuk itu, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1.     Kemitraan

Tak hanya dana dari investor saja, dengan modal ini kamu akan mendapatkan mitra bisnis sekaligus. Keterlibatan perusahan pemberi modal dalam perusahaanmu akan berdampak pada pengembangan perusahaan, serta ide-ide untuk kemajuan perusahaan kamu nantinya.

2.     Pengembangan produk

Mengembangkan produk membutuhkan modal lebih. Untuk itu, diperlukan modal dari luar dan tentunya yang bisa memberimu keuntungan juga.

Adanya modal jenis ini mampu membantu kamu dalam mengembangkan produk. Sebab, dilihat dari perusahaan kamu yang terbilang baru akan sulit mendapat pinjaman.

3.     Meningkatkan teknologi

Selain meningkatkan produk, adanya modal ini pun bisa memberikan perkembangan untuk teknologi kamu. Secara kamu memiliki mitra yang siap membantu dalam perkembangan perusahaan kamu. Sehingga, kamu akan mendapatkan bantuan dalam mengembangkan teknologi.

Itulah modal jenis ini yang bisa menjadi solusi dari perusahaan rintisan yang kamu dirikan. Selain pengertian modal ventura, kini kamu tahu manfaat serta tujuan adanya modal ini di perusahan.

Artikel Terkait