Macam-Macam Produk Bank yang Paling Umum

produk bank
produk bank

Macam-macam produk bank yang saat ini kita gunakan karena bank sendiri sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Keberadaan bank sekarang tidak hanya untuk menyimpan uang, tapi juga menjadi tempat untuk transaksi uang cepat, kredit, dan kegiatan lainnya yang menunjang kehidupan kita sehari-hari.

Bank juga tidak hanya digunakan jasanya oleh individu, tapi juga perusahaan-perusahaan besar menyimpan uangnya di bank. Menyimpan uang di bank terbilang lebih aman karena ada jaminan yang diberikan kepada nasabah.

Selain itu ada manfaat lain yang bisa didapatkan nasabah ketika menyimpang uangnya di bank, misalnya saja mendapatkan bunga yang bisa dibilang sebagai bonus tambahan bagi nasabah.

Macam-macam produk bank ini sering digunakan dan kamu pun sebaiknya perlu mengetahui manfaat dari produk-produk bank ini secara mendalam.

Tabungan

Macam-macam produk bank yang pertama dan yang paling umum digunakan oleh banyak orang adalah tabungan. Tabungan memiliki banyak manfaat sesuai dengan tujuannya. Dilihat dari tujuan orang menabung, maka produk tabungan sendiri ada bermacam-macam. Di bawah ini adalah produk tabungan yang bisa kamu manfaatkan.

Tabungan Pendidikan

Untuk perencanaan pendidikan yang lebih pasti untuk kamu yang sudah memiliki anak. Tabungan ini akan membantumu mewujudkan impian anak untuk bersekolah setinggi-tingginya. Dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tabungan ini bisa menjadi penyelamat pendidikan anak yang sebaiknya tetap dijalankan karena pendidikan untuk anak itu sangat penting. Pendidikan adalah masa depan bagi anak-anak.

Tabungan Impian

Tabungan impian ini bisa diperuntukkan apa saja, misalnya ketika kamu punya keinginan untuk jalan-jalan ke luar negeri, maka tidak ada salahnya memanfaatkan produk tabungan yang cukup spesifik ini. Selain itu, tabungan ini juga memiliki jangka waktu sehingga kamu bisa menabung dengan ulet dan terarah.

Tabungan Umum

Jenis tabungan ini adalah macam-macam produk bank yang paling banyak digunakan. Tabungan umum bisa untuk menyimpan uang dengan jumlah tidak terhingga dan cocok digunakan untuk individu. Tabungan umum pun memiliki produk lain yang bisa dimanfaatkan, misalnya adalah kartu ATM yang saat ini sudah diandalkan oleh banyak orang. Dengan ATM, tanpa harus ke bank dulu, kamu sudah bisa mengambil uang dan mentransfer uang di mesin ATM terdekat.

Masih cukup banyak produk tabungan lainnya. Dan tentu manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menabung di bank selain rasa aman, nyaman, dan keuangan pun bisa bertambah karena adanya bunga adalah kepraktisannya. Tabungan saat ini memiliki banyak fungsi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Kredit

Macam-macam produk bank berikutnya adalah kredit. Kredit juga banyak dimanfaatkan oleh individu atau sebuah perusahaan. Berbagai macam produk kredit yang ditawarkan, sesuai dengan fungsinya adalah sebagai berikut.

Kredit Rumah

Rumah saat ini harganya cukup mahal-mahal dan pastinya tidak semua orang mampu membeli rumah dengan membayarnya lunas saat itu juga. Justru orang-orang memanfaatkan kredit dari bank agar bisa memiliki rumah dalam waktu yang cepat dan membayar cicilan sesuai dengan kemampuan.

Cicilan yang bisa dilakukan ada selama 10 tahun hingga 20 tahun, kamu bisa memilih sesuai dengan kemampuan. Di sini kamu harus pintar-pintar memilih produk kredit bank, jangan sampai membuatmu terbebani.

Kredit Usaha

Kredit usaha ini merupakan salah satu produk bank yang sering dimanfaatkan oleh pengusaha untuk melakukan perubahan besar di usahanya. Syarat utamanya adalah kamu harus sudah memiliki usaha yang berjalan selama minimal setahun, dan usaha itu kalau bisa berjalan dengan sehat, meskipun keuntungannya belum terlalu besar. Selain itu masih ada syarat-syarat lain yang harus diperhatikan, yang jelas harus memperhitungkan kemampuanmu juga.

Untuk mengeluarkan izin kredit, pihak bank tidak main-main dalam memilih orang. Mereka benar-benar menyeleksi siapa saja yang bisa memanfaatkan kredit ini karena itu berbeda dengan tabungan yang syaratnya lebih mudah.

Giro

Macam-macam produk bank selanjutnya adalah giro. Giro sistemnya sekilas mirip dengan tabungan, tapi tentu saja ada perbedaan mendasar antara giro dan tabungan. Yang paling mudah dibedakan adalah jika tabungan umum kamu bisa memanfaatkan kartu ATM untuk berbagai keperluan, di produk giro sama sekali tidak berlaku hal seperti ini.

Untuk melakukan penarikan dan transfer uang di produk giro ada bilyet giro yang harus diisi, dan ini pun harus dilakukan oleh orang yang memiliki wewenang. Giro bisa dimanfaatkan oleh individu juga mereka yang memiliki usaha karena jumlah uang yang bisa disimpan adalah tidak terbatas dan bisa melakukan transfer uang dalam jumlah yang cukup besar juga.

Yang membedakan giro dan tabungan pada umumnya adalah kamu diharuskan memiliki NPWP ketika membuka tabungan giro.

Deposito

Produk ini juga merupakan salah satu macam-macam produk bank yang dimanfaatkan oleh banyak orang. Deposito sama seperti tabungan dan giro, tapi yang membedakan adalah uang yang ada di deposito tidak bisa diambil dengan seenaknya karena ada masa tempo penyimpanan.

Masa tempo penyimpanan ini berbeda-beda bisa dipilih olehmu. Karena ada masa penyimpanan yang cukup panjang, bunga yang akan kamu dapatkan juga cukup besar dibandingkan tabungan biasa.

Transaksi

Macam-macam produk bank yang sangat bermanfaat bagi banyak orang adalah transaksi. Saat ini kamu bisa melakukan transaksi belanja online, transaksi membayar asuransi, transaksi membayar PAM dan listrik, dan berbagai macam transaksi lain yang bisa dilakukan dengan kartu ATM atau juga dengan internet banking serta mobile banking. Dengan begitu transaksi bisa dilakukan secara cepat, dan tidak merepotkan.

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait