Banking

Kode Bank BCA & Daftar Kode Bank Lainnya

Kode Transfer BCA & Daftar Kode Bank Lainnya

Ajaib.co.id – Setiap harinya, ada jutaan transaksi di perbankan Indonesia, baik melalui teller atau galeri ATM. Dengan banyaknya transaksi atau transfer antar bank, tentunya membutuhkan kemudahan agar proses transfer tidak mengalami kesalahan. Salah satu kemudahan dalam proses transfer antar bank adalah menggunakan kode unik yang dimiliki oleh seluruh bank di Indonesia. Misalnya, jika kamu memiliki tabungan Bank Mandiri dan ingin mengirim sejumlah uang ke rekening Bank BCA, maka kamu harus memasukkan tiga digit kode bank BCA, yakni 014. Kode transfer tersebut harus diketik sebelum memasukkan nomor rekening tujuannya.

Dengan adanya kode transfer bank tersebut, kebijakan nomor rekening bisa diatur sepenuhnya oleh pihak bank tanpa bertentangan dengan bank lainnya. Maka dari itu, tidak akan ada kejadian salah transfer karena ada kode yang sama di bank lain. Kalau kamu memiliki tabungan Mandiri, ketentuan minimal transfer adalah Rp50.000. Selain di ATM, kamu juga bisa melakukan transfer dengan menggunakan M-Banking dan Internet Banking. Namun, yang paling sering digunakan adalah ATM.

Cara Menggunakan Kode Transfer BCA

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa mentransfer uang ke bank lain dengan cara yang mudah, yaitu menambahkan kode transfer bank tujuan. Untuk transfer ke Bank BCA, bisa menambahkan kode transfer BCA, yaitu 014. Kamu hanya perlu mengetik kode transfer BCA yang dilanjutkan dengan nomor rekening tujuan (tanpa spasi).

Contohnya, nomor rekening BCA temanmu adalah 1567390195. Kamu bisa mengetik angkanya menjadi 0141567390195. Selain itu, kamu juga harus memastikan jika kode transfer BCA dan nomor rekeningnya sudah ditulis dengan benar. Hal itu bertujuan untuk menghindari gangguan yang mungkin akan terjadi.

Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia

Kode transfer BCA, Mandiri, BNI, dan Mandiri merupakan kode transfer bank swasta yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui kode transfer bank lain. Siapa tahu, teman atau keluargamu menggunakan rekening bank lain. Berikut ini adalah daftar kode bank lengkap di Indonesia per Juni 2020:

#1. Kode Bank Negara, Swasta, dan Syariah

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAHKODE BANK
BANK BRI002
BANK BCA014
BANK MANDIRI008
KODE BANK BNI009
BANK BNI SYARIAH427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)451
BANK CIMB NIAGA022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH022
BANK MUAMALAT147
BANK BTPN213
BANK BTPN SYARIAH547
JENIUS213
BANK BRI SYARIAH422
BANK BTN200
BANK PERMATA013
BANK DANAMON011
BANK BII MAYBANK016
BANK MEGA426
BANK SINARMAS153
BANK COMMONWEALTH950
BANK OCBC NISP028
BANK BUKOPIN441
BANK BUKOPIN SYARIAH521
BANK BCA SYARIAH536
BANK LIPPO026
CITIBANK031
INDOSAT DOMPETKU789
TELKOMSEL TCASH911
LINKAJA911

#2. Kode Transfer Bank Daerah

KODE BANK DAERAHKODE BANK
BANK JABAR110
BANK DKI JAKARTA111
BPD DIY (YOGYAKARTA)112
BANK JATENG (JAWA TENGAH)113
BANK JATIM (JAWA BARAT)114
BPD JAMBI115
BPD ACEH116
BPD ACEH SYARIAH116
BANK SUMUT117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR)118
BANK RIAU KEPRI119
BANK SUMSEL BABEL120
BANK LAMPUNG121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN)122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT)123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA)124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH)125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT)126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO)127
BANK NTB128
BANK NTB SYARIAH128
BANK BPD BALI129
BANK NTT130
BANK MALUKU MALUT131
BANK PAPUA132
BANK BENGKULU133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH)134
BANK SULTRA135
BANK BPD BANTEN137

Cara Aman Bertransaksi Lewat Mesin ATM

Setelah kamu mengetahui kode transfer bank-bank di atas, ada baiknya kamu menghapalnya, sehingga kamu tidak perlu mencari kode bank ketika ingin menggunakan kode bank tersebut ketika ingin transfer uang, terutama ketika kamu ingin melakukan transfer melalui ATM. Selain itu, pastikan kamu melakukan transfer secara lebih aman. Karena ATM bisa jadi salah satu tempat kejahatan terjadi. Agar itu semua tidak terjadi pada kamu, di bawah ini adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan saat bertransaksi melalui mesin ATM.

1. Masukkan kartu ATM dengan hati-hati

Ketika kamu ingin memasukkan kartu ATM ke mesin, pastikan kamu mengecek tidak ada ganjalan maupun tambahan alat, demi menghindari risiko adanya skimming.

2. Jaga kerahasiaan kode PIN 

Ketika melakukan transaksi, jangan lupa untuk menutupi area keypad saat mau memasukkan PIN, ini bisa membantu kamu mencegah pelaku tindak kejahatan yang memantau kamu saat bertransaksi. Pastikan juga tidak ada benda kecil yang mungkin saja adalah kamera tersembunyi.

3. Waspadai kondisi sekitar

Pastikan lokasi ATM dijaga petugas keamanan dan tidak terlalu sepi. Kamu bisa memilih mesin ATM yang tersedia di dalam gedung, di bank, atau supermarket. Hindari untuk memilih ATM yang ada di tempat sepi dan jarang orang berlalu lalang. Hal ini bisa mencegah tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.

4. Simpan kartu setiap selesai digunakan

Jangan lupa untuk tidak pernah meninggalkan kartu ATM di mesin sebab ini bisa disalahgunakan oleh orang lain. Tidak ingin bukan saldo di ATM mu raib begitu saja?

5. Ganti PIN secara berkala 

Mengganti PIN secara berkala bisa membantu kamu menjaga keamanan dan menghindari risiko pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kamu bisa mengganti PIN setiap satu atau dua bulan sekali dan buat kombinasi yang sulit ditebak.

Itulah penjelasan mengenai kode transfer BCA dari mesin ATM bank lain, baik dari BCA ke BRI, BRI ke BCA, BRI ke BNI, serta daftar kode transfer bank di Indonesia lainnya. Supaya tidak terjadi kesalahan ketika proses transfer, kamu harus mengetahui kode transfer bank di atas.

Artikel Terkait