Kisah Perjalanan Orang Sukses dalam Menghadapi Kegagalan

kisah perjalanan orang sukses
kisah perjalanan orang sukses

Kisah perjalanan orang sukses di bawah ini akan membuatmu menyadari bahwa yang namanya sukses itu diraih dari titik nol. Dan mereka juga bisa sukses karena mampu mewujudkan mimpi yang selama ini mereka punya.

Mereka adalah sosok yang gigih dan pantang menyerah. Jika dilihat dari ceritanya yang terus-menerus mengalami kegagalan, itu adalah hal yang wajar. Kegagalan pasti dirasakan oleh semua orang. Tapi orang-orang di bawah ini berusaha untuk bangkit kembali dari keterpurukan.

Kegigihan mereka patut kamu contoh karena dengan kegigihan itu mereka pun berhasil meraih kesuksesan.

Inilah kisah perjalanan orang sukses tersebut.

B.J. Habibie

Presiden Indonesia ketiga ini punya sumbangsih besar dalam memajukan teknologi kedirgantaraan yang ada di Indonesia. Beliau berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Sulawesi. Ketika masih kecil, ayah beliau meninggal mendadak saat sedang melaksanakan ibadah salat.

Semenjak ayah beliau tiada, ibu beliau yang menafkahi seluruh kebutuhan keluarga hingga bisa menyekolahkan Habibie sampai ke Jerman. Ibu beliau memiliki usaha catering yang dibangun dari nol. Melihat Habibie yang pintar dan tertarik di dunia penerbangan, ibu Habibie pun berusaha keras agar anaknya bisa hidup layak di Jerman sembari menuntut ilmu.

B.J. Habibie sempat bersekolah di ITB, tapi keinginannya begitu kuat untuk kuliah di luar negeri. Di Jermanlah karir B.J. Habibie meningkat dari tahun ke tahun, dari hanya seorang mahasiswa sampai bisa menjadi seorang manajer di perusahaan penerbangan ternama di Jerman.

Hingga akhirnya beliau diminta Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia, beliau pun bersedia kembali untuk memajukan negaranya. Dengan kembalinya B.J. Habibie, ia berhasil membuat sebuah pesawat terbang yang menjadi kebanggaan Indonesia, dan mengemban tugas sebagai Presiden Indonesia yang ketiga.

Kolonel Sanders

Kisah perjalanan orang sukses lainnya adalah cerita yang mengharukan dari Kolonel Sanders. Beliau adalah pendiri KFC, restoran cepat saji yang saat ini sudah memiliki cabang di seluruh dunia. Beliau membuat resep ayamnya sendiri ketika berumur 60 tahun dan menawarkannya dari pintu ke pintu.

Awalnya tidak ada yang laku, tapi seiring berjalannya waktu ayam yang ia jual itu laku juga dan mengundang banyak orang yang ingin memakannya hingga mampu mendirikan restoran sendiri. Usaha restorannya meningkat ketika ia mendapatkan investor yang membantunya melebarkan sayap restoran ke luar Amerika.

Kesuksesan yang ia raih itu ia gapai di usia yang terbilang tua. Sebelum itu ia bahkan hidup dalam kemiskinan. Mulai dari ditinggal oleh istri tercinta, hingga mencoba berbagai macam pekerjaan. Bahkan ia sempat berpikir untuk bunuh diri karena merasa putus asa. Namun sekarang ia bersyukur tidak jadi bunuh diri.

Jack Ma

Jack Ma merupakan orang terkaya nomor satu di Tiongkok di tahun ini. Ia lahir dari keluarga sederhana dan ia dulunya adalah seorang guru. Sebelum menjadi seorang guru ia beberapa kali melamar pekerjaan di perusahaan yang berbeda, dan hasilnya adalah tidak ada satu pun perusahaan yang menerimanya.

Jack Ma punya kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, dengan itu ia memiliki banyak teman dari luar Tiongkok. Di sini pula ia berkenalan dengan internet. Ia sangat tertarik dengan internet, apalagi ketika menemukan bahwa internet tidak ada yang berisi informasi dalam bahasa Mandarin.

Maka ia dan temannya pun membuat website dalam huruf Mandarin. Jack Ma berkata bahwa website tersebut cukup jelek, tapi berhasil membuat investor tertarik untuk mengembangkannya dan memberikan modal yang banyak kepada Jack Ma. Dari sana karir Jack Ma mulai berkembang pesat hingga akhirnya mampu menjadi orang kaya nomor 1 di Tiongkok.

Sudono Salim

Pendiri Indofood Group yang salah satu produk terkenalnya adalah mi instan kesukaan Indonesia ini, mengawali bisnisnya dari bawah sekali. Ia adalah seorang imigran asal Tiongkok yang datang ke Indonesia demi menghindari konflik yang terjadi di tanah kelahirannya. Sudono tiba di Indonesia tanpa memiliki apa-apa.

Ia bahkan sempat menjadi gelandangan dan juga bekerja sebagai buruh di pabrik tahu. Namun ia adalah sosok yang mampu melihat peluang bisnis. Ia saat itu tinggal di Kudus dan menyadari bahwa Kudus sangat berpotensi sebagai kota yang memproduksi rokok, tapi ia melihat pasokan tembakau dan cengkehnya sangat kurang karena itu ia pun membuka bisnis pemasok cengkeh dan tembakau.

Bisnisnya ini berkembang dengan pesat, tapi sayangnya ketika zaman pendudukan Jepang, bisnisnya ini mengalami kebrangkutan. Namun, ia tidak menyerah, ia pun mulai berbisnis kembali hingga mendirikan bank, dan juga masuk ke bisnis pangan Indofood yang sampai sekarang masih eksis.

Chairul Tanjung

Kisah perjalanan orang sukses berikutnya adalah bisa kita ambil pelajaran dari pebisnis sukses, Chairul Tanjung. Ia adalah anak seorang wartawan yang ayahnya memiliki usaha. Namun, usaha tersebut mengalami kebangkrutan sehingga membuat keluarganya harus menjual rumah dan tinggal di losmen yang sempit. Chairul lalu mendapatkan kesempatan untuk kuliah di jurusan kedokteran Universitas Indonesia.

Di sini ia harus berjuang menafkahi dirinya sendiri untuk membantu beban keluarganya. Bisa dikatakan, Chairul Tanjung adalah sosok yang mandiri sedari muda. Ia berjualan buku, kaos, dan foto. Atas kegigihannya ini ia mampu lulus dari Universitas Indonesia dengan mendapatkan predikat murid teladan. Jiwa berbisnis ayahnya sepertinya menurun pada beliau. Ia kemudian mendirikan usaha media berupa stasiun televisi yang sampai sekarang masih mengudara di Indonesia. Ia juga memiliki saham dari Bank Mega.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait