Kata-kata Singkat Tentang Manajemen Keuangan yang Bermanfaat

Kata-kata Singkat Tentang Manajemen Keuangan yang Bermanfaat
Kata-kata Singkat Tentang Manajemen Keuangan yang Bermanfaat

Mengelola keuangan bukanlah hal atau pekerjaan yang mudah dilakukan. Nyatanya, masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengelola keuangannya. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Tentunya, kamu membutuhkan kata-kata singkatmengenai manajemen keuangan. Dengan begitu, kamu bisa memahami cara mengelola keuangan dengan benar. Berikut ini adalah kata-kata bijak singkatdari ahli keuangan yang bisa jadi acuanmu.

Mengelola Utang

Jika kamu belum memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan, gunakan kartu debit terlebih dahulu, agar kamu tidak boros dan menumpuk utang di kartu kredit.”

T. Harv Eker

Selain bisa digunakan untuk mempermudah pembayaran dan menikmati promo, kartu kredit juga bisa membuat kamu harus berutang kepada bank.

Tidak ada jalan pintas, kalau kamu ingin keluar dari utang.”

Dave Ramsey

Seseorang tentunya memerlukan proses, waktu, dan kesabaran untuk keluar dari masalah utang. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan utang itu untuk kebutuhan-kebutuhan produktif. Utang yang konsumtif dapat menimbulkan masalah keuangan. Sebelum berutang, pastikan kamu telah mengetahui cara membayar utang tersebut.

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan yang benar, seperti membuat anggaran, menabung, berinvestasi, dan menyiapkan sumber dana untuk masa pensiun bisa membantu kamu hidup lebih sejahtera, meskipun ada badai keuangan.”

Ben Bernanke

Perencanaan keuangan bertujuan sebagai panduan untuk mempersiapkan penggunaan dana dan mengalokasikan dana demi mencapai tujuannya di masa mendatang. Tanpa adanya perencanaan keuangan, kamu akan kesulitan dalam mengelola keuangan dan bisa membuat hidupmu lebih baik

Mengelola Kas

Orang yang bisa mengendalikan arus kas adalah orang yang memiliki kekuatan.”

Mark W Boyer

Kita harus memiliki kendali atas keuangan kita sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyusun anggaran keuangan dan catatan keuangan harian.

Berhati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil bisa menenggelamkan kapal yang besar.”

Benjamin Franklin

Kita juga harus memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil. Misalnya, pengeluaran untuk nongkrong, parkir, belanja online, dan lainnya. Jangan sampai kamu menyepelekan pengeluaran kecil.

Menabung dan Investasi

Sebelum kamu membayar orang lain (belanja, cicilan, sewa rumah), pastikan juga kamu telah membayar diri kamu terlebih dahulu.”

Green Stickman

Kamu harus bersikap egois. Sebelum membayar orang lain, kamu harus membayar dirimu sendiri terlebih dahulu. Biasakanlah untuk menabung atau berinvestasi setelah menerima pendapatan.

Sebelum gajimu dipakai, gunakan dulu untuk menabung dan mengambil keputusan investasi.

Semakin banyak uang yang bekerja untuk kamu, semakin sedikit waktu yang kamu keluarkan untuk bekerja dalam mendapatkan uang.”

Idowu Koyenikan

Investasi telah membuat uang bekerja untuk kamu. Setelah investasi berjalan, kamu tidak perlu bekerja untuk mendapatkan pemasukan.

Literasi Keuangan

Jangan menyia-nyiakan kesalahan. Dapatkan pelajaran dan pengalaman dari sebuah kesalahan.”

Roberti Kiyosaki

Dalam mengelola keuangan, kita tentunya sering melakukan kesalahan, seperti menentukan strategi investasi, membeli produk asuransi, dan lainnya.

Kamu bisa mengambil pelajaran dari beberapa kesalahan tersebut. Sebab, kamu akan menjadi orang yang lebih berpengalaman.

Ketika bicara soal uang, acuh bukanlah sikap yang baik. Apa yang tidak kamu ketahui bisa menyakitkan dirimu.”

Sandra S. Simmons

Banyak sekali hal yang bisa dipelajari mengenai keuangan. Salah satunya adalah kasus orang kaya yang bangkrut, sakit, dan tidak memiliki asuransi.

Banyak kasus orang yang masih bekerja saat pensiun, karena mereka tidak memiliki uang untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait