Dunia Kerja, milenial

Ketahuilah, Leadership Adalah Fondasi Penting Berbisnis

Berbisnis memang bukan perkara mudah. Tidak saja harus mampu mengembangkan produk, mengenal peluang, mengantisipasi risiko, dan juga faktor keberuntungan. Dalam berbisnis, visi, misi, cara pandang dan cara bersikap seorang pebisnis juga sama pentingnya. Seorang pebisnis handal harus memiliki jiwa pantang menyerah dan juga jiwa leadership (kepemimpinan) dalam dirinya.

Pengertian Leadership

Istilah leadership atau kemampuan peran kepemimpinan, dapat didefinisikan sebagai berikut:

“Kemampuan seseorang dalam mempengaruhi, mengarahkan seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan untuk mencapai tujuan tertentu.”

Dwight D. Eisenhower menyebutkan bahwa leadership adalah:

“Seni membuat seseorang melakukan apa yang kamu inginkan untuk dia lakukan, karena dia ingin melakukannya juga.”

Sementara John C. Maxwell dengan singkat mengungkapkan bahwa leadership adalah:

“Pengaruh. Tidak lebih. Tidak kurang.”

Maka dari itu, kemampuan seorang pemimpin yang paling penting, adalah mampu untuk mempengaruhi orang atau pengikutnya. Sehingga kelompok dapat melakukan apa yang dia harapkan demi tercapainya tujuan kelompok atau bersama. Tentunya kualitas ini sangat penting dimiliki oleh seorang pebisnis.

Kenapa Leadership Penting dalam Menjalankan Bisnis

Bisnis yang sukses tentu saja merupakan bisnis yang terus berkembang semakin besar. Logikanya, bisnis yang besar tidak akan bisa dijalankan seorang diri. Akan semakin banyak mitra, klien serta pekerja yang dilibatkan untuk membuat sebuah bisnis semakin besar.

Oleh karena itulah, kemampuan kepemimpinan seseorang bisa berpengaruh pada seberapa besar ekspansi dan seberapa cepat akselerasi sebuah bisnis berkembang. Pemilik bisnis dengan kemampuan kepemimpinan berkualitas tinggi atau bertipe pemimpin yang efektif, akan bisa memanfaatkan potensi maksimal berbagai komponen dalam bisnisnya untuk bergerak sesuai arahannya menuju kesuksesan.

Mengimplementasikan Leadership dalam Bisnis

Pada saat membangun pondasi sebuah bisnis, maka seorang pemimpin harus memiliki kualitas-kualitas untuk diimplementasikan dalam menjalankan bisnisnya.

Kemampuan Membuat Strategi

Salah satu tugas utama pemimpin adalah membuat strategi-strategi yang diperlukan dalam mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan salah satu bentuk leadership adalah kemampuan membuat strategi dalam mengembangkan bisnis.

Strategi perlu dibuat untuk mencapai target dan tujuan, mengatasi kelemahan dan persoalan, mengalahkan persaingan serta membangun kekompakan di dalam organisasi. Oleh karena itu, seorang pebisnis dengan kemampuan kepemimpinan yang baik, akan mampu membuat strategi untuk mencapai tujuan organisasi dan bagaimana agar strategi tersebut terlaksana sesuai harapan.

Kemampuan Mengoordinasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya diperlukan sinergi dari berbagai pihak. Leadership seorang pemimpin ditandai dengan kemampuannya mengoordinasikan semua aspek yang berada dalam lingkup bisnisnya.

Kemampuan kepemimpinan seorang pebisnis akan terlihat pada saat memberikan arahan yang tepat pada anak buahnya. Juga dengan mengoordinasikan anak buahnya baik yang memiliki tugas dan fungsi manajemen yang sama atau berbeda. Sehingga semua orang akan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan.

Kemampuan Memecahkan Masalah

Salah satu bentuk leadership adalah kemampuan memecahkan masalah. Baik bertanggung jawab dengan masalah yang berkaitan dengan operasional bisnis, atau berkaitan dengan hal-hal personal di antara anak buahnya.

Seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan tinggi akan selalu membangun komunikasi yang berorientasi pada pemecahan masalah. Dengan terjaganya keharmonisan dalam organisasi, maka kelompok akan semakin kompak sehingga target lebih mudah tercapai.

Bacaan menarik lainnya:

Schein, E.H. (2010). Organizational Culture and Leadership. 4th Edition, San Francisco: John Wiley & Sons.

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait