Milenial

Prospektif & Kekinian, Alasan Kuliah Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Digital Bisnis

Ajaib.co.id – Perkembangan bisnis digital di Indonesia sangat potensial jika ditilik dari beberapa tahun terakhir terakhir. Jaringan internet yang semakin berkembang membuat orang semakin mudah untuk melakukan semuanya secara online. Para pengguna internet ini adalah target market yang sangat menjanjikan untuk ide bisnis digital yang menjanjikan.

Dikutip dari Katadata.co.id, jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai lebih dari 250 juta dan 50,4% diantaranya terkoneksi jaringan internet. Artinya, berkisar 125 juta penduduk Indonesia adalah calon konsumen untuk membeli semua layanan, produk dan jasa yang bisa ditawarkan lewat digital media.

Bisnis digital tidak melulu berkutat dengan membuat konten untuk media sosial. Menjadi seorang Youtuber mungkin adalah salah satu cara paling familiar dalam mendapatkan uang banyak. Namun sebenarnya ada pilihan lain misalnya berkecimpung dalam digital agency atau mengembangkan toko online.

Contoh bisnis di dunia digital yang dianggap paling memiliki kesempatan besar untuk laku keras antara lain transportasi online, financial technology, logistik dan e-commerce. Sejumlah sektor ini bisa jadi permulaan untuk membangun bisnis yang unik dan menarik apalagi dengan sentuhan inovasi dari generasi milenial.

Hanya saja, talenta untuk jenis bisnis ini di Indonesia masih sangat terbatas. Maksudnya sangat jarang anak muda dengan latar belakang pendidikan yang sesuai untuk industri ini. Startup sebagai salah satu pioneer dalam pengembangan bisnis digital di Indonesia saja masih didominasi oleh lulusan luar negeri. Hal ini sungguh sangat disayangkan.

Kuliah Jurusan Bisnis Digital untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Sekian puluh tahun yang lalu, kuliah pendidikan dokter mungkin adalah idaman banyak orang karena bisa menjadi ladang uang. Kemudian tren sempat berubah menjadi jurusan pertambangan dan kemudian ilmu komputer. Perubahan tren ini sangat wajar karena peluang bisnisnya setiap dekade juga berbeda-beda.

Semua orang ingin bisa melihat peluang pendidikan yang tepat agar bisa terjun ke industri yang bisa menghasilkan cuan semaksimal mungkin. Tujuannya tentu agar tak perlu repot mencari kerja setelah lulus nanti. Di era 4.0 ini, kuliah jurusan bisnis digital adalah jawabannya agar kamu siap menghadapi bursa tenaga kerja nantinya.

Bahkan dengan ilmu yang tepat, kamu bukan hanya siap untuk direkrut namun juga bisa merintis bisnis milikmu sendiri. Pendidikan bisnis berbasis digital tentu saja bukan sekedar belajar memasarkan produk secara online atau menjual produknya dengan memanfaatkan internet. Lebih jauh dari itu, talenta baru ini yang kemudian akan menjadi wajah dari industri digital di Indonesia.

Karena itu, kenapa tidak mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan ini saja? Di masa depan ketika internet menjadi suatu penguasa baru, kamu bisa mengambil peran yang cukup signifikan di dalamnya. Tentu saja, kamu juga akan selangkah lebih maju dari orang-orang di sekitarmu.

Jurusan bisnis digital terbilang masih sangat baru di Indonesia. Saat ini program studi ini baru tersedia di Univesitas Padjajaran Bandung, menjadi yang pertama di Indonesia dan pernah menjadi satu-satunya. Meski demikian, sejumlah kampus juga berencana mendirikan jurusan serupa dalam waktu dekat. Tentunya kamu yang berencana mengenyam pendidikan tinggi dalam waktu dekat bisa memilih mana kampus yang terbaik.

Pada intinya, mahasiswa jurusan bisnis digital akan mempelajari seluk-beluk bisnis yang dijalankan dengan teknologi digital. Lulusannya ditujukan menguasai keterampilan di bidang startup, marketplace, hingga big data. Sesuatu yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Karena memang pengetahuan mengenai teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan big data sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan masyarakat di negara ini.

Mengapa Harus Coba Jurusan ini?

Pada 2020, diperkirakan bisnis e-commerce di Indonesia akan terus berkembang hingga mencapai transaksi sebesar ratusan triliun rupiah. Hal ini ditopang dengan tren entrepreneurship yang berkembang pesat pula di Indonesia. Inovasi digital marketing menjadi nilai tambah akan peluang bisnis e-commerce ini. Selain itu, ada sedikitnya 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga potensial untuk bisnis e-commerce

Untuk menghadapi tantangan sekaligus peluang tersebut, tentunya sumber daya manusia yang mumpuni sangat diperlukan. Hal inilah yang coba dijawab dengan adanya jurusan bisnis digital. Program studi ini akan memaksamu untuk selalu update perkembangan dan pengetahuan terbaru. Kamu tak lagi gagap menghadapi gempita revolusi industri 4.0 yang ditandai oleh pesatnya bisnis digital.

Apa saja yang dipelajari?

Di jurusan bisnis digital, kamu akan belajar pemasaran internet, ecommerce business, analisis dan strategi bisnis digital, hingga ekonomi digital baru. Selain itu, kamu akan mempelajari dasar-dasar teori yang terkait, seperti pengantar bisnis, perilaku konsumen, hukum bisnis, dan pengantar manajemen.

Tak ketinggalan pula materi-materi penunjang, seperti matematika bisnis, database, statistik, dan akuntansi. Kamu diajak untuk memahami perubahan cepat dalam industri digital khususnya dengan pendekatan bisnis. Dengan kata lain, kamu akan memiliki kunci melakukan pemasaran secara online baik lewat sosial media atau sistem digital lainnya.

Lulusan prospektif, banyak diburu

Lulusan jurusan ini terbilang masih langka. Kalau kamu punya pengetahuan mendalam soal bisnis digital dan memiliki keahlian di bidang IT ataupun digital, kamu akan jadi incaran perusahaan yang bergerak di bidang digital. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan pada level manajerial, baik perusahaan besar maupun startup.

Beberapa contoh profesi yang dapat kamu tekuni ketika memiliki kemampuan digital, yakni perencana bisnis, manajer pemasaran digital, konsultan bisnis, hingga manajer pengembangan bisnis. Kamu pun bisa jadi wirausaha bidang teknologi digital.

Kuliah di Mana?

Masih sedikit kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis digital. Program Studi S1 Bisnis Digital di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran adalah yang pertama di Indonesia. Langkah ini disusul oleh Universitas Diponegoro.

Untuk masuk ke dua universitas negeri tersebut, kamu harus menempuh jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Persaingannya sangat ketat lo, mengingat jurusan ini masih sangat langka. Daya tampungnya hanya 35-40 orang, tetapi diburu oleh ribuan calon mahasiswa.

Selain dua kampus di atas, jurusan yang punya materi soal bisnis digital bisa kamu temukan di sejumlah fakultas ekonomi. Beberapa di antaranya yakni Universitas Bunda Mulia, Universitas Parahyangan, Universitas Dhyana Pura, Institut Teknologi Harapan Bangsa, dan Universitas Prasetiya Mulya.

Di kampus-kampus luar negeri, jurusan semacam ini lebih banyak lagi. Mereka menawarkan materi-materi terbaru jauh sebelum Indonesia punya jurusan ini. Kalau ingin tantangan yang lebih, kamu bisa memilih untuk mengambil jurusan digital di kampus luar negeri. Kemudian kembali ke tanah air untuk meramaikan industri digital lokal termasuk pula dengan startup.

Berdasarkan hasil penelitian Google dan AT Kearney pada 2017, dalam lima tahun terakhir investasi pada startup Indonesia naik hingga 68 kali lipat. Sebagai gambaran, pada 2012 investasi pada startup tercatat sebesar US$ 44 juta. Lalu, nilainya naik menjadi US$ 3 miliar pada Agustus 2017. Tren positif ini jelas terus berjalan hingga masuk tahun 2020 ini sehingga peluangnya masih sangat besar bagi anak muda sepertimu.

Bagaimana, keren kan jurusan bisnis digital ini? Manfatkan statusmu sebagai generasi internet savy dengan antusias dengan teknologi digital dengan mengambil pendidikan ini. Ada banyak cara yang lebih baik mencari uang di era internet selain menjadi konten kreator dan salah satu jawabannya adalah dengan menjadi pakar bisnis berbasis digital.

Nah, selain punya keahlian d bidang dgital, sebagai generasi millennial kamu juga harus mulai memikirkan investasi. Kini, kamu tidak perlu melakukan investasi dengan datang ke bank, karena semuanya juga bisa dilakukan secara online kapan dan di mana saja. Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang untuk membantu kamu memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja. Selain itu, dengan Ajaib kamu bisa mulai investasi hanya dengan modal Rp10 ribu sudah bisa untuk mencapai tujuan keuangan dan investasi kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait