Patut Dicoba! Ini 5 Tips Berguna Saat Membangun Startup

membangun startup
membangun startup

Ingin membangun startup? Bisa mudah, bisa juga susah. Oleh karena itu, redaksi Ajaib memiliki lima tips berguna untuk membangun startup. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Membangun startup kamu sendiri dapat memicu pusaran emosi yang memabukkan. Antisipasi, gugup, harapan, mimpi, dan ketakutan yang melumpuhkan semuanya bersaing untuk dapat dikontrol dengan baik.

Itu semua adalah bagian dari pasang surut kehidupan startup, seperti naik sebuah roller coaster yang dengan susah payah naik turun dan harus cermat memberikan yang terbaik sejak awal hingga perusahaan tersebut diluncurkan.

Untuk calon wirausahawan yang berencana untuk membangun startup, saran akan mengalir dari segala arah. Sebagian besar akan menjadi tip umum dan akrab, tetapi pengusaha berpengalaman akan merekomendasikan kamu mengawasi dasar-dasar dan peluang inovatif.

Berikut tips berguna saat membangun sebuah startup impianmu:

Bersiaplah untuk Berkomitmen Jangka Panjang

Banyak orang bermimpi besar tetapi tidak berhasil. Sebuah bisnis bisa jadi lebih banyak atau bahkan jauh lebih banyak menuntut perhatian daripada merawat bayi yang baru lahir.

Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu bersedia untuk melakukan hal tersebut dan memberikan segalanya – hati dan jiwa. Memulai bisnis akan membutuhkan berjam-jam kerja keras, berminggu-minggu dan berbulan-bulan tanpa liburan, sangat sedikit waktu untuk keluarga dan teman-teman (pada awalnya), dan kemungkinan rencana kamu akan meningkat seiring waktu.

Tidak ada ruang untuk penundaan dan alasan. Sebelum kamu menginvestasikan waktu dan uang ke dalam sebuah startup, jujurlah ​​dengan diri kamu sendiri, dan pertimbangkan apakah kamu siap untuk melakukannya dalam jangka panjang. Jika kamu sudah merasa yakin dan siap, maka lakukanlah!

Memahami Lanskap Investasi

Bagaimana kamu akan mendanai bisnis kamu? Apakah kamu akan mulai secara acak? Apakah kamu punya teman dan keluarga yang bisa berinvestasi? Sudahkah kamu mempertimbangkan kampanye crowdfunding? Mungkin, biaya awal kamu memerlukan investasi malaikat atau usaha, dan kamu sudah menunjukkan daya tarik dari awal.

Jika model bisnis kamu menarik dan menghasilkan sedikit keuntungan, kamu mungkin dapat mengesankan para pemodal ventura. Tetapi menarik investor hanyalah langkah pertama.

Pertimbangkan nilai keseluruhan yang dibawa investor ke meja. Mitra investasi yang kuat akan memberikan keahlian, koneksi, pengembangan keterampilan yang tak ternilai, dan lebih banyak lagi – sebuah penawaran dalam pertukaran untuk ekuitas yang sepadan dengan kontribusi mereka.

Pertimbangkan Pembayaran Alternatif, Termasuk Cryptocurrency

Cryptocurrency dapat menjadi keuntungan bagi startup. Dunia tidak diragukan lagi bergerak menuju ekosistem digital, dan pembayaran digital adalah bagian besar dari transisi itu.

Menerima pembayaran crypto dapat membantu bisnis kamu tumbuh dan sukses. Sebagai permulaan, bisnis dapat mengambil manfaat dari biaya transaksi yang rendah bila dibandingkan dengan sistem pembayaran tradisional seperti Visa dan biaya gesekan kartu kredit Mastercard. Pembayaran langsung dan tidak bergantung pada perantara. Ini menghilangkan biaya yang dibebankan bank atau prosesor lainnya.

Sementara itu, pembayaran crypto lebih aman daripada lembaga perbankan tradisional. Bank mendapatkan terlalu banyak data dan menyimpannya, sementara ada lebih banyak privasi dengan mata uang virtual.

Saat transaksi terjadi, hal yang paling kamu ketahui adalah identitas transaksi, sementara pemroses pembayaran cryptocurrency memerlukan nama dan alamat pengiriman kamu. Tidak ada informasi tambahan yang dibagikan kepada siapa pun.

Startup tidak diragukan lagi bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi moneter yang aman dan terjamin. Jika kamu tidak terbiasa dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, Ether, dan definisi Ripple, teliti bagaimana mata uang digital ini dapat mengubah bisnis kamu. Belajarlah hal ini karena akan sangat menguntungkan bagi jalannya bisnis kamu.

Jangan Mengabaikan Kompetisi

Kamu mungkin berpikir kamu telah datang dengan ide inovatif, tetapi dalam semua kemungkinan, sudah ada bisnis mapan yang bekerja di sepanjang garis itu. Bahkan jika kamu beroperasi di industri niche, kamu harus menyadari pesaing kamu.

Teliti kinerja kompetitif, rantai pasokan, pemasaran, dan segala sesuatu yang dapat membantu kamu mengidentifikasi keunggulan kompetitif. Kamu juga akan belajar satu atau dua hal tentang menjalankan bisnis kamu.

Terulah berinovasi dengan produkmu saat ini, karena kamu harus percaya jika banyak perusahaan akan meniru produk atau caramu bekerja dalam waktu yang singkat. Jangan biarkan startupmu mandek dalam satu jalan dan tidak berkembang mengikuti zaman. Terulah berinovasi!

Menjadi Kesuksesan Operasional

Seberapa berhasil kamu menangani kebutuhan operasional bisnis kamu akan membuat atau menghancurkan startup kamu. Buat rencana yang hati-hati mengenai rantai pasokan kamu, di mana kamu akan mencari sumber materi kamu, bagaimana kamu akan pergi ke pasar, cara terbaik untuk menjangkau pelanggan potensial, aspek teknis pemasaran termasuk pengembangan situs web dan media sosial, pembayaran, menyimpan catatan dan banyak lainnya aspek operasi sehari-hari.

Berundinglah dengan tim awalmu bagaiamana startupmu akan bekerja dan buatlah visi misi yang dapat diraih dalam jangka waktu 3 tahun. Apa tujuanmu dan bagaimana kamu akan meraih tujuanmu itu.

Kesuksesan operasional startup akan membawa kesuksesan juga pada perusahaan dan akan menjadi keuntungan yang menjanjikan bagi keberlangsungan startupmu sendiri. Jadi, rencanakan sematang mungkin dan se-efktif mungkin. Jangan buang-buang waktu lagi!

Nah itu dia tips-tips yang bisa kami berikan unutk membangun startup kecilmu. Dimulai dari keyakinan diri sendiri untuk bisa memberikan segala-galanya termasuk waktu dan tenagamu untuk dapat menjalankannya. Hingga bagaimana kamu dapat meriah kesuksesan secara finansial maupun internal.

Sekarang mulailah membuat rencana, dan siapa saja yang akan menemanimu dalam perjalanan menuju ke sana. Apakah itu temanmu atau keluargamu, ingatlah, kamu tidak sendiri! Dan semoga startupmu bisa sukses! Semangat!

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait